Makanan Khas Dari Bali Adalah

Rahim khas Bali –

Bali, pulau eksotis di Indonesia satu ini memang jadi juara mahajana bagi semua kesenangan liburan impian banyak orang. Keindahan umbul-umbul dan budayanya yang dibalut fasilitas produktif, nggak akan pernah gagal bikin anda loncat kegirangan.

Tak terkecuali dengan ragam kulinernya. Otentik, dengan banyak pilihan rempah yang bertambah menggugah selera. Cukuplah, cak bagi kamu yang pula di Bali, jangan lewatkan untuk cicipi nafkah spesifik Bali yang diincar banyak wisatawan ini deh. Yuk, baca semua ulasannya di sini.


Baca juga:


  • Rekomendasi Hotel di Bali untuk Para Flashpacker, Nyaman tapi Tercapai!

  • Destinasi Instagramable di Bali Ini Kece Banget Deh!

  • Bali 101: Panduan Bekas Tamasya Populer di Bali, Siap Liburan Pun?

Carter MOBIL KECE DI BALI

16 Kas dapur Khas Bali yang Untuk Liburanmu Bertambah Kenyaaang!

Ini dia 16 pilihan rezeki khas Bali yang cak bagi bagi lidahmu menandak. Datangi cak satu demi satu, dan lengkapi camar duka liburan nan sempurna di Pulau Dewata kali ini. Udah nggak kepala dingin? Serta merta simak mulai dari kuliner permulaan ya.

1. Ayam Betutu

makanan khas Bali - Ayam Betutu

Perjalanan rasamu akan dimulai dengan mencicipi saji ayam jantan betutu.Yaps, meski dapat ditemui di beberapa daerah tingkat lainnya, rasanya tetap perlu dong bakal mencoba rincihan murni makanan unik Bali ayam jantan betutu di tanah kelahirannya.

 Ia dapat mampir ke Warung Liku di negeri Legian dan Kesiman bagi mencicipinya. Ayam ataupun bebek utuh ini dibaluri dengan rempah khas Bali secara rata, yang sebagian bumbu dimasukkan juga dalam perut ayam hendaknya lebih meresap.

Kamu bisa menikmatinya dengan nasi putih hangat, lengkap dengan urap, dan polong rendang yang membukit gurih setiap kunyahan. Hm, udah kebayang nikmatnya ya.

2. Sate Lilit

makanan khas Bali - Sate Lilit

Mau cicipi sate berbahan dasar lauk? Ya mampir aja ke Warung Be Pasih, salah satu warung di Bali yang menyenggangkan sate lilit dengan rasa membangunkan selera bersantap. Puas awalnya rahim khas Bali, sate lilit ini pecah berpokok area Klungkung.

Daging ikan yang sudah dilumatkan dan dicampur berbagai rempah akan ditempelkan lega pinang sebatang serai ibarat tusuknya. Pantas saja, setelah dibakar, wewangian kunyit dan serai terlihat dominan masuk ke hidungmu dengan sopan. Weh, siapa nan nggak terangsang sih?

Karena berbahan dasar iwak, makanan idiosinkratis Bali halal ini boleh dinikmati maka itu umat beragama. Tentunya buat yang sedang berada di Bali, pastikan kamu mencobanya ya, sobat tiket!

3. Nasi Oplos Bali

makanan khas Bali - Nasi Campur Bali

Takdirnya anda bingung cak hendak makan segala apa, rasanya nasi rancam Bali akan jadi solusi tepat buat sobat kartu semua. Gimana nggak seneng? Kalau dalam satu piring, beliau bisa mencoba beragam kandungan spesifik Bali.

Yuhuuu, nasi ramu Bali bisa dirasakan semua kalangan. Ingin wanti-wanti dengan lauk non halal alias absah, bisa banget kok! Selain itu, anda juga bisa merasakan sate lilit, telur, boreh Bali, sebatas sambal matahnya nan segar kerumahtanggaan sekali santap! Gokil nggak tuh.

4. Lawar

Berlantas ke saji lawar, sayuran yang dicampur dengan kelapa, mirip dengan urap ini biasanya memiliki campuran daging babi.Nah untuk dia nan bukan dapat mengkonsumsi kartu ceki, tak perlu khawatir. Kamu bisa menyantap lawar kuwir di rumah bersantap Pan Kilap. Lawar ini dicampur dengan daging bebek.

Sayur dan daging ini dimasak dengan


base genep


atau bumbu khas Bali. Seporsi lawar kuwir pasti berilmu menenangkan perut yang macet karena lapar. Soalnya, anda akan membujur nasi, lawar sayur, lawar daging, dan sayur kuah.

5. Nasi Jinggo

Kita bahas juga nasi jinggo, pilihan kuliner nan jadi salah satu kas dapur khusus Bali malam hari ketika kamu tahu-tahu kelaparan lho, sobat tiket. Sekilas, nasi jinggo ini mirip dengan nasi bantingan dan nasi kucing berusul Jawa.

Nasi yang dibungkus daun pisang dan berisi ayam suwir, telur dan sejumlah lauk lainnya ini hanya dibandrol dengan harga mulai terbit 5ribuan aja. Wih, murah besar-besaran, dan jadi pemadam kelaparan paling layak momen tengah malam.

Meski begitu, kamu masih bisa menemuinya di pagi sebatas sore hari lho. Singgah aja ke Warung Wikowi. Ada juga banyak pilihan menu pendamping yang bisa sobat tiket wanti-wanti lagi di sana.

6. Sate Plecing

Selain sate lilit, Bali kembali punya sate plecing lho, sobat kartu. Kamu bisa langsung datang ke kedai Arjuna. Pelecok suatu warung yang menyisihkan menu sate plecing lemak untuk dicoba.

Bumbu sate nan merupakan perpaduan lada, tomat, petis dan beberapa bumbu dapur lain inilah yang menciptakan menjadikan citarasa sate plecing berbeda mulai sejak sate kebanyakan. Sate nangui jadi menu primadona di kedai ini.

Tapi, jangan khawatir, ada seleksian sate ayam dan wedus juga cak kenapa di apartemen makan yang satu ini.

7. Laklak

makanan khas Bali - Laklak

Di nomor 7 terserah laklak, jajanan yang kelihatannya oleh makanya nafkah distingtif Bali untuk kamu bawa pulang lho. Laklak maupun kue serabi Bali ini biasanya disajikan dengan larutan sukrosa merah manis di atasnya. Rasa renik adonan, manis gula, dan gurihnya kelambir parut mencair jadi suatu di setiap gigitan.

Biasanya, kamu bisa menemukan kudapan ini di sejumlah pasar tradisional dan pasar sentuh yang suka-suka di Bali. Murah juga lho, hanya 5ribuan setiap porsinya!

8. Kartu ceki Guling

makanan khas Bali - Babi Guling

Hidangan nangui guling termasuk salah suatu kuliner terkenal di Bali. Jika dia kembali di Ubud, silakan melipir ke Warung Bu Oka. Banyak nan berucap rahim babi di sini punya citarasa nan jempolan.

Seporsi nasi guling terdiri bermula nasi, sosis, lawar, daging, dan kulit babi. Dia masih belum kenyang? Daging dan selerang babi super renyah bisa dipesan terpisah mengapa. Mari, konfirmasi kriuk~

HOTEL MURAH DI BALI

9. Rujak Bulung Boni

makanan khas Bali - Rujak Bulung Boni

Mari makan rujak di Bali! Eitsss, jangan berprasangka tinggal deh. Kenalin rujak unik bermula Bali, rujak bulung boni namanya. Sesuai dengan namanya, rujak ini bukanlah berbahan dasar biji zakar-buahan segar, atau pun sayuran dengan racikan cingur lho.

Rujak bulung boni ini berbahan sumber akar rumput laut segar yang disiram kuah pindang. Wow, gimana ya rasanya? Cegak, lemak, maupun masin ya? Daripada bingung, masukkan list dalam menu makanan wajib di liburanmu kali ini deh!

10. Bebek Timbungan

makanan khas Bali - Bebek Timbungan

Kalau ayam betutu bisa dengan mudah beliau temukan, berbeda dengan nafkah khas Bali satu ini, belibis timbungan. Hidangan ini sudah mulai berat dan bintang sartan incaran wisatawan ketika congah di Bali.

Penyebab langkanya makanan lezat satu ini kali karena proses memasaknya yang lama. Membutuhkan sampai 12 jam lho. Meski begitu, anda masih bisa menikmati bebek timbungan di Secret Garden Village yang ada di Bedugul mengapa.

11. Bubur Mengguh

ilustrasi

Bagi pecinta bubur, yuk merapat. Dia bisa mencoba menaik deretan citarasa bubur tersendiri Bali di Kedai Bubur Bali. Sesuai dengan namanya, bekas bersantap ini menghidangkan bubur Bali atau nan dempang disebut bubuh Bali.

Cak semau yang farik lho dibandingkan dengan bubur pada umumnya. Meski selaras-sama disiram dengan kuah ayam, bubur ini otentik karena disantap bersama urap dan telur pindang. Bentuknya juga cukup unik, bubur tampak seperti mengambang di atas kuah kaldu.

12. Tipat Cantok

makanan khas Bali - Tipat Cantok

Pulau Dewata sekali lagi punya lho makanan khasnya yang berbahan pangkal genggaman. Tipat cantok namanya. Sekilas, alat pencernaan ini mirip banget dengan ketoprak dan gado-memakan. Sayuran menggodok yang segar, racikan ketupat, dan siraman kuah bumbu kacang bisa langsung ia santap.

Kamu bisa menemukannya di banyak warung dekat di seluruh bagian Bali. Oiya, makanan tunggal ini, kebanyakan juga dihidangkan di momen tertentu sama dengan Lebaran lho, sobat tiket.

13. Tum Bali

ilustrasi

Ini dia, buat sobat tiket yang demen dengan makanan tradisional yang produktif rempah dan dibungkus daun pisang. Coba saja kelezatan tum Bali. Takdirnya di Jawa, makanan ini hampir mirip dengan pepes atau botok kukus.

Meski lazimnya menggunakan olahan daging babi yang dicampur bumbu rempah, kamu juga dapat menemukan sejumlah kedai yang menjualnya dengan incaran daging sapi atau ayam aduan kok, sobat tiket. Pastinya, citarasa semuanya nendang banget enaknya!

14. Rujak Buah Buleleng

ilustrasi

Bukan kalah unik dengan rujak bulung boni nan sudah dibahas tadi, suka-suka rujak buah Buleleng yang otentik lagi lho. Kamu bisa mengunjungi salah satu warung bakal mencicipinya, yaitu Warung Bu Putu.

Rujak biji pelir Buleleng ini terjadwal pelecok satu kuliner khas Bali yang patut dikenal. Rujak istimewa dengan kuah pindang ini berisi buah-buahan segak yang disiram dengan kuah segar dari ikan, terasi, cuka, dan cabai. Hm, partikular dan bikin penasaran sekali lagi, bukan?

15. Siobak Babi

makanan khas Bali - Siobak Babi

Di nomor 15 cak semau siobak babi, kas dapur non halal yang naik daun di Singaraja, Bali. Makanan ini merupakan akulturasi pecah budaya Tionghoa dengan Bali. Untuk mencicipinya, kamu boleh datang di Warung Siobak Khe Lok yang sudah berdiri sejak 1963.

Siobak ini bukan hanya berbahan dasar daging kartu ceki lho, hampir semua bagian raga babi dapat diselesaikan menjadi kuliner lezat satu ini. Lebih lagi jika sudah lalu disiram dengan kuah coklat yang memiliki banyak rempah dan kecap. Uhhh, mantap menggoyang indra perasa!

16. Nasi Tepeng

Terakhir, ada nasi tepeng. Hidangan yang cocok makara menu sarapanmu sebelum mulai mengeksplor keindahan Bali. Sira bisa menemukannya di daerah Gianyar.

Makanan ini seorang adalah nasi dengan sintesis rempah spesial Bali yang n kepunyaan tekstur lembek sebagai halnya bubur. Rasanya eco mirip nasi uduk yang kemudian ditaburi dengan sayuran yang disiram bumbu kacang dan parutan kelapa.

Untuk lauknya, cak semau sortiran suwiran mandung dan juga telur rebus. Hm, pastinya bisa mengisi kandungan zero di pagi hari, enggak? Sampai-sampai harganya juga lampau tercapai, hanya 10ribuan tetapi satu porsi.

Kulineran di Bali Emang Bikin Libur Jadi Bertambah Betah!

Paket Liburan SERU DI BALI

Gimana sobat tiket? Kamu tercabut nggak, buat mencobai menu perut khas Bali yang sudah disebutkan di atas? Saat cuti akan datang, jangan lupa yaaa kulineran lagi setelah puas menjauhi ke tempat-tempat wisata yang sani di Bali.

Simultan aja tentukan jadwal dan partner liburanmu berpangkal sekarang. Pertanyaan

tiket pesawat ke Bali
, pesan aja di tiket.com! Suka-suka banyak promo menarik yang menantimu lhooo~

Perlop ke Bali bertambah betah dengan semua kelezatan lambung khasnya, Jadi nggak pengin pulang!

cak hendak ke mana? semua ada tiketnya!


*keterangan harga momen kata sandang dibuat

Source: https://blog.tiket.com/makanan-khas-bali/

Posted by: gamadelic.com