Makanan Khas Bali Beserta Penjelasannya

Mana tahu tidak kenal dengan Bali, keseleo suatu pulau di negara Indonesia yang  berharta di sebelah Kepulauan Nusa Tenggara dan terkenal mempunyai banyak potensi wisata menganjur baik bersumber segi kebudayaan, alam hingga kuliner.

Bahkan kepopuleran kegagahan Bali sendiri mutakadim setakat mendunia, tak selit belit banyak turis asing lebih kenal dengan pulau tersebut daripada Indonesia.

Bukan heran banyak wisatawan pecah luar kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Malang, Lombok dan juga turis asing datang buat melihat panorama pantainya yang mempesona.

Namun, selain keindahan baharinya, Bali kembali menghidangkan banyak  aneka keberagaman makanan yang naik daun sangat mak-nyus. Penasaran kan, segala apa sahaja kuliner nan harus dicoba berusul pulau ini?

Berikut JejakPiknik sudah rangkum nama kandungan tersendiri Bali paling wajib buat dicicipi abstrak beserta dengan penjelasannya, pendirian pembuatannya, resepnya sampai  ciri khasnya.


1. Ayam jantan Betutu

Foto By Fimela.com

Untuk sekaan pertama yang minimum terkenal berasal Bali namanya adalah mandung betutu, yaitu salah satu masakan tradisional bercitarasa pedas karena kaya rempah.

Merujuk pada keterangannya Wikipedia, mandung betutu ialah makanan hewani yang terbuat dari ayam maupun bebek utuh dan berilmu racikan bumbu di bagian dalamnya kemudian terjamah dengan cara dipanggang.

Padalah, penasaran dimana arena makan nan menyajikan ayam jantan betutu terenak? Warung Bu oki di sasaran Jln.Celagi Basur No.3Y, Jimbaran, Kuta Selatan ataupun kedai Double Six, di Legian,  Provinsi Bali mungkin boleh menjawabnya.

Di restoran ini, selain ayam jago betutunya super gurih, harganya juga adv amat terjangkau hanya berkisar Rp.25.000/porsi.


2. Nangui Guling

Foto By resepkomplitmasakankampung.blogspot.com

Rezeki solo Bali yang kerap disajikan bersama sepiring nasi lawar ini termasuk kandungan haram bagi umat muslim, kejadian ini dikarenakan bahan utama menu tersebut terbuat berpunca daging nangui.

Menurut sejarah, asal usul kartu ceki guling ini hanyalah untuk sajian bervariasi upacara adat saja tetapi sekarang menu tersebut telah dijual di warung, rumah makan bahkan kantin tertentu.

Tidak hanya di Bali, menu non-lumrah ini juga menjadi salah suatu makanan tradisional bakal makan besar adat pernikahan bagi kaki Batak di kota Gelanggang, Sumatera Utara ataupun di Kaltim.

Selain mempunyai resep cukup sederhana, mandu membuatnya lagi sangat mudah dimana bumbu basa khusus Bali dan daun ubi dimasukkan ke dalam perut kartu ceki lalu dibakar sambil diguling-guling.

Penasaran begitu juga apa rasanya? Nah, suatu tempat paling cukup bikin dituju ialah warung Ibu Oka di Jln.Suweta, Ubud. Selain terkenal enak, disini seporsi menu tersebut dibanderol hanya 45 ribu semata-mata.


3. Sate Lilit

Foto By Liputan6.com

Lamun masih serumpun dengan sate makanan khas Indonesia, namun jika dilihat pecah foto atau gambarnya, cara penyampaian kuliner ini telah dimodifikasi dan tidak seperti sate pada umumnya.

Dimana daging ayam, sapi alias ikan tenggiri nan sudah lalu digiling halus dililitkan ke batang daun serai ataupun tangkai awi, terlampau diberi bakar diatas bara api.

Sate lilit tersebut sangat mudah ditemukan di berbagai flat makan, restoran, pasar tradisional atau pedagang kaki lima di Bali. Dan puas umumnya, harganya dijual Rp.1.000-Rp.5.000/tusuknya.


4. Rujak Kuah Pindang

Foto By wisatakuliner182.wordpress.com

Cak hendak merasakan rujak dengan citarasa berbeda? Ambillah, barangkali kuliner individual Bali berikutnya ini dapat menjadi pustaka paling tepat bakal dicoba.

Pasalnya, rujak suatu ini kuahnya dibuat menggunakan bumbu ikan tuna. Jadi saat kita menyantap irisan mempelam dengan campuran kuah pindang, impresi pedas nan cas akan langsung bergabung menyayangi lidah.

Padalah, bikin menikmatinya, warung Bo Hwa di Jln.Abimanyu No.02, Denpasar, Bali adalah tempatnya. Di lapak yang telah buka sejak periode 1981 ini, kita sahaja perlu merogoh saku sekitar Rp.5.000 saja kerjakan menyantap seporsi rujaknya, murah kan?


5. Serombotan

Foto By sajiansedap.grid.id

Kuliner selanjutnya ini seandainya dilihat dari rencana mirip sekali dengan urap singularis Jawa, dimana korban dasarnya terbuat dari warna-warni sayuran kemudian dikombinasikan dengan bumbu kalas khas pulau Bali.

Lamun pusat serombotan berada di Klungkung, tapi kuliner ini sangat mudah ditemui di berbagai pelosok Bali baik di Sanur, Jembrana, Tanah Lot, Seminyak, Nusa Dua atau Tabanan dan plong umumnya, seporsinya dibanderol semata-mata kisaran Rp.5.000 saja.


6. Tipat Blayag

Foto By Kintamani.id

Berikutnya ada tipat blayag, adalah salah suatu jenis kuliner khas Buleleng yang bahannya dibuat dari campuran bubuk beras dan bumbu istimewa silam dibentuk mundur kemudian dililit dengan daun kelapa mulai dewasa.

Bagi orang Bali, kuliner tipat blayag ini biasanya disajikan bersama sayur urab, ayam jago sisit, gorengan ceker ayam, kacang polong dan kerupuk kulit.

Kuliner ini sangat mudah ditemukan di daerah seputaran Singaraja, Denpasar serta Kuta. Keseleo satu teoretis yaitu Warung Bu Agus di Jln.Tukad Yeh Aya No.31, Renon, Bali. Disini, seporsi blayag tersebut kebanyakan dibanderol kisaran  Rp.10.000 saja.


7. Nasi Jinggo

Foto By makananoleholeh.com

Menurut filosofinya orang Indonesia, belum makan namanya jika tidak menyantap makanan berbau nasi. Benar?

Nah, jadi buat Sahabat JejakPiknik yang menerapkan filosofi tersebut mana tahu menyantap kuliner murah meriah bernama nasi jinggo ini boleh menjadi seleksian minimal tepat saat berkunjung ke Bali.

Nasi jinggo ialah sejenis penganan berbahan dasar beras nan dibungkus menggunakan patera pisang dan dilengkapi dengan sambal super pedas.

Istilah nasi jinggo diambil mulai sejak bahasa Hokkien yakni jeng go yang berguna seribu lima dupa. Memang sreg masa  1997, kuliner ini dibanderol hanya dengan harga Rp.1.500 namun kini rata-rata dijual Rp.3.000-Rp.5.000/bungkusnya.

Untuk mencari menu ini bukanlah hal rumpil, karena banyak usaha atau stand mungil di pinggir jalan yang mengkreditkan nasi jinggo tersebut.


8. Tum Ayam jantan

Foto By sajiansedap.grid.id

Nah, kas dapur berikutnya ini adalah kuliner favorit orang Bali. Bila dilihat sepemakan, penganan tersebut mirip sekali dengan pepes ayam baik berusul segi sasaran ataupun cara membuatnya.

Bakal menemukannya bukanlah hal sulit karena akrab setiap rumah bersantap di Bali menjual menu ini, bahkan tak pelik ada kembali nan menjualnya secara online. Mengenai harga, galibnya dipatok selingkung Rp.10.000-Rp.25.000/porsinya.


9. Jukut Ares

Foto By food.saat.com

Jukut ares ini adalah semacam penganan berkuah yang terbuat dari kaldu tulang fauna dan jenazah pohon pisang taruna. Enggak hanya enak, kuliner ini juga mempunyai banyak manfaat kerjakan kesehatan.

Bikin menikmatinya, Sahabat JejakPiknik bisa mampir ke Warung Sate Kakul di Jln.Raya Tebongkan, Gianyar, Bali. Disini jukut ares rata-rata disajikan bersama daging keong sawah dan cak bertanya harga semata-mata berkisar Rp.30.000/porsi cermin dengan satenya.


10. Pie Susu

Foto By liputan6.com

Camilan ringan berupa kue dengan rasa istimewa ini adalah maka itu-oleh nan paling sering dibawa pulang maka itu wisatawan saat berkunjung ke Bali.

Kuliner ini dahulu mudah ditemui di trik oleh-oleh, beberapa wadah paling naik daun diantaranya merupakan Pie Susu Bli Man di Jln.Kerta Dalam Bibit Gg.Cemara No.15, Sidakarya, Denpasar dan Toko Krisna di Tuban, Badung.

Nah, di toko oleh-makanya tersebut  pie-nya sangat mak-nyus karena diberi dengan aneka topping menggelandang dan pertanyaan harga, semata-mata berkisar Rp.2.750-Rp.3.000/pieces.


11. Nasi Sela

Foto By kooliner.com

Kuliner berikutnya ini merupakan riuk satu jenis peranakan tradisional orang Aga, suku tahir di Trunyan, Karangasem, wilayah timur pulau Bali.

Menurut asal-usulnya, kuliner yang pernah menjadi penganan pokok umum Karangasem plong tahun 1970 silam ini terbuat berasal campuran beras, cacahan ubi serta aneka lauk pauk.

Bagi menemukannya bukanlah hal sulit, karena setakat sekarang banyak warung kopi atau tempat makan di sekeliling Karangasem yang menjualnya dan harganya kembali cukup murah sekadar Rp.5.000 saja.


12. Pia Legong

Foto By Tandaseru.id

Selain pie susu, pia legong pula menjadi maka itu-oleh favorit dari Bali. Makanan ringan ini kendati dibuat tanpa objek pengawet namun tingkat ketahanannya cukup lama.

Nah, jika ingin berburu makanan ini, silahkan datang ke outlet Kitchen House Of Pia Legong di Jln.By Pass Ngurah Rai No.15. Bakal mendapatkan sekotaknya, kita namun mesti menceluk kocek sekitar Rp.100.000 belaka.


13. Pisang Rai

Foto By pontianak.tribunnews.com

Pisang rai adalah sejenis jajanan tradisional dari Bali yang selain cocok untuk dijadikan sebagai menu pembuka, lagi mantap seandainya  disajikan menjadi menu penutup pada malam musim sembari menikmati secangkir kopi.

Penganan ini terbuat dari mauz tanduk yang dipotong-potong kemudian dibalut dengan adonan tepung beras, tapioka juga santan dulu direbus kemudian disajikan dengan kinca gula enau.

Pisang rai ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Bali. Selain rasanya lemak, harga juga layak dikantong yaitu Cuma Rp.500 saja.


14. Tipat Cantok

Foto By wap.mi.baca.co.id

Tipat cantok adalah sejenis penganan nabati yang mirip dengan pecal dan terbuat dari aneka macam sayuran menggodok, ketupat serta bumbu kacang.

Penasaran ingin mencicipi pecel khas Bali? Nah,warung Tipat Cantok di Jln.Raya Samu Singapadu, Ubud, Gianyar adalah tempatnya. Disini, harga menu tersebut biasanya dibanderol seputar Rp.5.000-Rp.7.000/porsi.


15. Nasi Tepeng

Foto By ksmtour.com

Buncit ada nasi tepeng, salah suatu jenis penganan tradisional nan terdiri dari beragam lauk pauk, bumbu khas Bali serta parutan kelambir.

Untuk mendapatkan nasi tepeng sendiri sangatlah mudah, silahkan sahaja nomplok ke pasar Senggol di Gianyar. Mengenai harga biasanya dibanderol sekitar Rp.10.000/porsinya.

Nah, sederet peranakan yang disebutkan diatas kini lain sekadar bisa dinikmati di Bali saja tapi pula di sejumlah tempat makan populer di bermacam ragam kota seperti contoh warung Cik Ing atau Ibu Ayu Komang di Surabaya dan Kedai Putra di Jogja.

Atau Sahabat JejakPiknik juga bisa membuatnya seorang di rumah sendirisendiri. Untuk kancing atau video cara pembuatan dapat dilihat di bineka situs penyedia seperti Brainly ataupun Kaskus.



Punya rekomendasi enggak?? Komen dibawah ya gaes!



Gubahan: Semua data di atas adalah data terakhir pron bila artikel ini dibuat. Seandainya cak semau pergantian terbaru nan Beliau ketahui, yuk informasikan kepada kami cak bagi segera diperbaiki.



Bagi Anda pemilik Menggandar dan ingin timbrung privat artikel diatas, silahkan mengisi rubrik komentar. Lengkap dengan butir-butir: Korban, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi simpatisan lainnya.

Source: https://jejakpiknik.com/makanan-khas-bali/

Posted by: gamadelic.com