Macam Pukulan Dalam Pencak Silat

Jum’at, 04 Februari 2022, 21:30 WIB

PENCAK
Silat merupakan olahraga bela diri tradisional tulen Indonesia. Guna-guna bela diri silat silat terdiri dari beberapa keterampilan gerak, di antaranya adalah gerakan birama, tendangan, elakan, dan pemberontakan.

Pukulan dalam terlak silat menjadi salah suatu teknik alias metode bagi mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam keselamatan. Secara masyarakat, Teknik mana pun dalam silat silat dapat digunakan untuk menyerang bagian-bagian badan lawan.

Dilansir dari bermacam ragam sumber, Jumat (4/2/2022) barangkali ini Sportstars.id akan menggunjingkan macam-keberagaman ketukan intern silat silat. Berikut penjelasannya secara sumir

Pukulan Dalam Pencak Pencak

1. Pukulan Depan

Birama depan atau bisa juga disebut pukulan verbatim adalah birama yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Hendaknya badan tidak cidera, birama ini harus dilakukan dengan bersusila.

Pukulandapat dilakukan dengan dua sikap yang berlainan yaitu dengan posisi tangan yangdigunakan bakal mengaibkan sejajar dengan posisi kaki yang ada di depan danposisi tangan nan tidak setinggi dengan posisi tungkai di depan.

2. Mentrum Bandul

Pukulan anting menggunakan Teknik menggerakkan tangan secara membandul dari bawah ke atas. Dilakukan dengan posisi tangan ditekuk 90⁰. Ketukan ini boleh dilakukan dengan kaki yang bervariasi, bisa dengan posisi suku depan sejajar dengan tangan yang menyerang ataupun tidak.

Birama ini dapat dilaksanakan dengan posisi kaki yang bermacam-macam, baik saat posisi kaki depan sekufu dengan tangan yang digunakan untuk mengaibkan maupun lain.

3.  Pukulan Melingkar

Pukulan melingkar adalah ketukan nan dilakukan dengan lintasan mentrum dari jihat samping asing tubuh pesilat, memfokus ke sebelah intern awak pendekar.

Lakukan mendapat hasil yang optimal kerumahtanggaan melakukan birama ini, harus didukung dengan pergerakan bahu dan pinggang yang sepikiran dengan arah pukulan.

4. Ketukan Samping

Pukulan samping adalah pukulan nan arahnya ke samping tubuh pesilat, dengan memperalat bekas kaki tangan. Lintasan pukulan ini dimulai terbit samping bodi menghadap ke sebelah luar raga pesilat.

Jenis pukulan ini digunakan detik n antipoda kaya di samping badan, baik itu di sebelah kanan alias kidal.

Penyunting : Admiraldy Eka Saputra

Source: https://www.sportstars.id/read/macam-macam-pukulan-dalam-pencak-silat-541con

Posted by: gamadelic.com