Lumpia Adalah Makanan Khas Daerah

Makanan khas Semarang ini terkadang dieja “lun pia”. Kudap tradisional ini adalah perpaduan antara budaya Jawa dengan Tionghoa dan sudah suka-suka selama ratusan tahun. Namun, tidak banyak yang luang bahwa lumpia Semarang memiliki rekaman nan tinggi hingga akhirnya menjadi salah satu kuliner yang cukup populer di publik.

Hampir di setiap sudut Ii kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dihiasi dengan hidangan nan lezat ini. Lumpia terbuat dari bubuk terigu dengan isian rebung, ayam jago, urang. Jajanan ini sangat digemari karena banyak dijual di warung pinggir jalan dan rumah bersantap setakat menjadi buah tangan khas ii kabupaten Semarang.

Kata sandang terkait:
3 Trik Lumpia Basah ala Street Food bikin Dibuat di Rumah, Mudah!

Rekaman Lumpia

Inilah Sederet Fakta Menarik di Balik Lezatnya Lumpia Semarang, Cek di Sini!

Foto: Instagram/ghufronhalim

Dilansir mulai sejak halosemarang.id, nama lumpia berasal bermula dialek Hokkien, “lun” alias “lum” berarti lembut, dan “pia” berarti kue. Lumpia Semarang dulunya bukan digoreng, jadi sesuai dengan arti lumpia, yaitu biskuit ataupun kue yang lembut.

Modifikasi ini terjadi ketika masakan China dan masakan Jawa digabungkan. Manisnya lumpia juga menjadi bagian dari budaya penduduk setempat. Dirangkum berpangkal bervariasi sumber, masakan khas Semarang ini pertama kali muncul puas abad ke-19 dan merupakan sempurna perpaduan budaya tempatan Tionghoa dan cita rasa yang harmonis.

Selama ini, lumpia Semarang dikenal luas di Indonesia. Hidangan ini populer dengan rasanya yang manis, gurih, dan gurih, disajikan dengan saus yang kental dan daun dasun. Dalam perkembangannya,  saat ini ada dua pilihan penyajian lumpia yaitu lumpia rendang dan lumpia basah.

Artikel terkait:
5 Masakan Spesifik Jawa Tengah lakukan Inspirasi Menu Makan Siang

Fakta Menarik tentang Lumpia Semarang

Di miring lezatnya lumpia, ada beberapa fakta menarik berpunca jajanan satu ini.

1. Berawal berbunga Besar perut

Inilah Sederet Fakta Menarik di Balik Lezatnya Lumpia Semarang, Cek di Sini!

Foto: Instagram/hee_joo30

Berawal dari Tjoa Thay Joe yang lahir di Fujian, mengemudiankan cak bagi pindah ke Semarang dan menyingkapkan perusahaan makanan eksklusif China yang dilengkapi dengan daging babi dan rebung. Tjoa Thay Joe kemudian bertemu dengan Mbak Wasih, warga kalis Jawa, yang juga menjual kandungan yang hampir sama, tetapi dengan rasa yang bertambah manis dan berisi kentang dan udang.

Seiring waktu, Tjoa Thay Joe dan Mbak Wasih jatuh cinta kemudian mereka menikah. Bisnisnya kesannya digabung menjadi satu dengan kurang perubahan, yang semakin melengkapi cita rasa contoh berasal makanan lintas budaya ini. Isi lumpia dibuat menjadi ayam maupun udang yang dicampur dengan rebung, dibungkus dengan kulit lumpia distingtif China. Kelebihannya adalah telur udangnya tanpa ikan, rebungnya harum dan manis, dan indra peraba lumpianya garing dan renyah.

Makanan ini biasanya dijual di Olympia Park (Olympia Park), pasar malam di Belanda. Inilah alasan cak kenapa tembolok ini disebut lumpia. Usahanya terus berkembang, sehingga anak-anaknya Siem Gwan Sing, Siem Hwa Noi kuak cabang di Mataram dan Siem Swie Kiem melanjutkan bisnis warisan ayahnya di Gang Lombok No. 11. Tak disangka, lumpia mereka menjadi favorit orang Tionghoa dan Aborigin.

2. Perpaduan Budaya China dan Jawa

lumpia semarang

Foto: Instagram/javaloenpia

Sama dengan dijelaskan di atas, lumpia adalah hasil perpaduan budaya China dan Jawa yang berawal dari kisah cinta pemuda Tionghoa dan gadis Jawa. Koteng pengusaha Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe yang menjual lauk khas China yang diisi dengan rebung dan daging babi.

Tjoa Thay Joe bertemu dengan seorang pemanufaktur Jawa bernama Empok Wasih yang cak memindahtangankan ki gua garba sekaum tapi dengan isian yang berlainan yaitu ubi jalar dan udang. Mereka menikah dan menggabungkan dua masakan rumahan bagi membuat lumpia manis dan eco yang diisi dengan rebung dan udang.

3. Rebung nan Diproses secara Tradisional

lumpia semarang

Foto: Instagram/daine_valia14

Dilansir dari Gelendong.com, anak buluh nan digunakan bak isian lumpia diproses secara manual dengan menggunakan tangan. Pengolahan rebung rata-rata membutuhkan periode sekitar satu bulan lakukan memaksimalkan proses fermentasi. Tali peranti perebusan rebung secara manual terus mempertahankan keunikan cita rasa rebung.

Artikel terkait:
Bikin Lapar! 15 Makanan Khas Cina Ini Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

4. Terdiri semenjak Dua Jenis

Inilah Sederet Fakta Menarik di Balik Lezatnya Lumpia Semarang, Cek di Sini!

Foto: Instagram/njajan.tulungagung

Selain digoreng, lumpia Semarang pula sering disajikan intern bentuk lumpia basah. Menunggangi isian yang sama, yakni rebung dan udang rebon maupun ayam, lumpia basah bisa menjadi pengubah orang yang memencilkan gorengan.

5. Dikenal Luas

Inilah Sederet Fakta Menarik di Balik Lezatnya Lumpia Semarang, Cek di Sini!

Foto: Instagram/lindaagus

Festival olahraga Lumpia GANEFO nan diadakan di Jakarta puas tahun 1963 mulai dikenal umum luas. Meskipun mengalami pasang surut, terutama akibat pembatasan aktivitas budaya Tionghoa puas periode Orde Hijau, pabrik Lumpia masih bersikukuh hingga ketika ini. Karena sejarahnya nan panjang, Lumpia ditetapkan seumpama warisan budaya nusantara makanya UNESCO pada tahun 2022.

6. Pernah Diklaim Negara Tetangga

lumpia semarang

Foto: Instagram/lumpiasemarang.jkt

Lega waktu 2022, berita mulai sejak pekerja migran Indonesia yang suntuk di Malaysia menyatakan bahwa Lumpia akan diklaim sebagai kepunyaan negara tersebut. Dikutip berpunca Merdeka.com, Meliani Sugiarto, pewaris generasi kelima lumpia Semarang, dan Forum Umum Peduli Budaya Indonesia (FORMASBUDI) melancarkan aksi di depan Kedutaan Besar Malaysia agar Lumpia tidak diklaim negaranya.

Menteri Malaysia Datuk Seri Mohamed Nazri mengatakan bahwa Indonesia harus diam dan bukan memprotes klaim Lumpia. Menurutnya, situasi itu dilakukan tetapi bagi menembakkan perdurhakaan. Meliani menyesalkan pernyataan tersebut. Bikin Meliani, tindakan ini merupakan bentuk tanggung jawab, sehingga negara lain tidak akan mengklaim seni kuliner milik Indonesia.

Itulah sejulah fakta tentang pelecok suatu kuliner partikular Lumpia Semarang. Apakah makanan ini terjadwal calonParents?

Baca Pun:

https://id.theasianparent.com/makanan-indonesia-khas-belanda

https://id.theasianparent.com/wingko-babat

https://id.theasianparent.com/resep-capjay-goreng-lezat-dan-nikmat

Parenting kerjakan khawatir? Yuk soal sekaligus dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Terhidang di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/lumpia-semarang

Posted by: gamadelic.com