Luas Wilayah Negara Amerika Serikat

Jakarta, CNBC Indonesia –Negara terbesar di dunia dapat dikelompokkan berdasarkan aneh-aneh tolok ukur, mulai semenjak jumlah penduduk hingga luas wilayahnya. Lantas, negara apa nan mendapat gelar sebagai negara terbesar di bumi berdasarkan luas wilayahnya?

Indonesia menjadi salah satu negara terbesar di dunia. Hanya, Indonesia bukanlah negara terbesar yang ada di dunia sekiranya diukur berdasarkan luas wilayahnya. Kendati rasa penasaran Anda terjawab, berikut daftar 10 negara terbesar di dunia beralaskan luas wilayahnya.


Kaidah Menentukan Luas Wilayah Negara


Sebelum mencerna negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya, Anda perlu paham bagaimana cara menentukan luas area suatu negara. Luas wilayah suatu negara diukur beralaskan total distrik, negeri daratan, dan daerah perairan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Luas tersebut diukur dalam satuan mil persegi atau kilometer persegi. Setiap negara memiliki dua ukuran luas yang berbeda, yaitu luas daratan dan luas total. Luas total dipakai untuk menunjukkan luas wilayah suatu negara.

Buat luas total mencaplok luas daratan satu negara termasuk tasik, waduk, sungai, serta sewaktu-waktu perairan pantai dan teritorial. Darurat, luas daratan dihitung berdasarkan luas dari semua daratan nan ada di intern sebuah negara dan hanya mengukur tanahnya.


Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya


Jika diukur berdasarkan luas kewedanan, berharga diukur total wilayah suatu negara termasuk danau, reservoir, sungai, serta kadang kala perairan pesisir dan teritorial. Ini dia 10 negara terbesar di mayapada berdasarkan luas wilayahnya:


1. Rusia

Moscow (REUTERS/Anton Golubev)Foto: Kota Moscow, Rusia. REUTERS/Anton Golubev

Berdasarkan luas wilayahnya, Rusia menjadi negara terbesar di dunia dengan total negeri hingga ke 17,1 juta km persegi. Luas negara Rusia tersurat perairan dan haud Baikal, haud air batil dengan volume terbesar di dunia. Provisional, jumlah daerah daratan Rusia bahkan hingga ke 11% dari kuantitas luas daratan manjapada.

Membentang di bagian utara benua Eurasia, sebanyak 77% wilayah Rusia ada di Asia dan 23% lainnya terletak di Eropa. Lanskap Rusia heterogen, tiba dari padang pasir hingga garis tepi laut nan membeku, pegunungan jenjang, hingga rawa-pandau besar.

Bentang umbul-umbul utama Rusia termasuk Gunung Elbrus, Gunung-gemunung Kaukasus, Rangkaian gunung Altai, Rangkaian gunung Ural, Pegunungan Stanovoy, Semenanjung Kamchatka, Dataran Siberia, hingga Dataran Tinggi Siberia.


2. Kanada

Kanada ada di posisi kedua negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Negara ini memiliki total kawasan sebesar 9,985 miliun km persegi maupun 6,1% dari besaran daratan dunia.

Terwalak di Amerika Utara, Kanada menempati seputar dua perlima babak lor benua Amerika Lor. Kanada memiliki seputar 31,7 ribu tasik dengan sekitar 500 di antaranya seluas lebih dari 100 km persegi.

Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik, Kanada n kepunyaan garis rantau terpanjang di manjapada, yakni selama 243.977 kilometer. Lanskap Kanada juga beraneka macam, mulai berpangkal pegunungan meriah sampai leger berhutan.


3. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki negara terbesar ketiga di marcapada dengan luas wilayah 9,834 juta km persegi. Jika dibandingkan, luas total Amerika Serikat sekitar 4 mungkin luas Indonesia.

Lanskap Amerika Serikat bervariasi, start dari pantai tropis di Florida hingga puncak di Rangkaian gunung Rocky. Suka-suka pula tanah padang rumput dan sahara kering di Barat setakat kawasan rimba belantara yang rimbun di Timur Laut dan Barat Laut.


4. Cina

Tembok Besar ChinaFoto: Reuters
Tembok Besar China

Cina bercokol di posisi keempat negara terbesar di dunia dengan total area mengaras 9,597 juta km persegi. Luas total Cina lebih kerdil dari AS karena negara ini punya wilayah perairan nan lebih cacat.

Namun, Cina bertambah besar dari AS jika diukur berdasarkan luas daratan. Luas daratan cina adalah 9,3 juta kilometer persegi atau 2,2% makin samudra bersumber luas daratan AS yang hanya 9,1 juta kilometer persegi.

Kondisi geografis Cina meliputi gunung-gunung, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat. Bahkan, sepertiga daerah daratan China terdiri mulai sejak gunung-gemunung, teragendakan Gunung Everest sebagai giri tertinggi di marcapada yang ada di perbatasan Cina dan Nepal.


5. Brasil

Memiliki luas negara 8,516 juta km persegi, Brasil menempati posisi kelima negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Brasil juga merupakan keseleo satu negara dengan danau terbanyak, yakni selingkung 20 ribu danau kecil dan raksasa.

Selain itu, selingkung 519.522.000 hektare lahan di Brasil adalah alas. Cak semau juga perbukitan terjal, hutan pinus, lembang tinggi yang luas, dan pantai yang strata tersaji di Brasil.


6. Australia

Seterusnya suka-suka tetangga Indonesia, yakni Australia yang menempati urutan ke-6 negara terbesar di marcapada berdasarkan wilayahnya. Australia memiliki luas total 7,69 juta km persegi. Daratan Australia mencakup daratan utama Australia, Pulau Tasmania, dan plural pulau kecil di Ki akbar Hindia dan Lautan Pasifik.

Sepertiga daratan Australia yakni padang kersik halus. Sepertiga lainnya adalah stepa atau semi gurun. Cuma daerah utara, timur, tenggara, dan barat daya memiliki guyur hujan yang memadai untuk mendukung vegetasi.


7. India

India adalah negara terbesar ketujuh di dunia dengan luas 3,287 juta km persegi. Biar tidak seluas Rusia, India merupakan negara dengan populasi terbesar kedua setelah China, yaitu sekitar 1,38 miliar jiwa ataupun akrab 10 kali lebih banyak dari penghuni Rusia.


8. Argentina

Argentina ada di posisi ke-8 negara terbesar di marcapada bersendikan luas wilayahnya. Negara kelahiran Lionel Messi ini memiliki luas wilayah 2,78 juta km persegi. Kendati cukup luas, negara yang khas dengan Rangkaian gunung Andes ini sekadar memiliki populasi 45,38 miliun jiwa.


9. Kazakhstan

FILE - In this Wednesday, Jan. 25, 2022 file photo, a person walks along a street in Astana, Kazakhstan. The parliament of the Central Asian nation of Kazakhstan on Wednesday March 20, 2022, has voted to rename the country’s capital to Nursultan, after the outgoing longtime leader. (AP Photo/Sergei Grits, File)Foto: AP/Sergei Grits
FILE – In this Wednesday, Jan. 25, 2022 file photo, a person walks along a street in Astana, Kazakhstan. The parliament of the Central Beruntung nation of Kazakhstan on Wednesday March 20, 2022, has voted to rename the country’s capital to Nursultan, after the outgoing longtime leader. (AP Photo/Sergei Grits, File)

Lebih lanjut ada Kazakhstan. Negara di Asia Perdua ini menempati sekaan ke-9 negara terbesar di manjapada berdasarkan luas wilayahnya. Kazakhstan punya luas wilayah mengaras mencapai 2,725 juta km². Lebih dari tiga perempat kewedanan Kazakhstan terdiri dari semi-gurun (33,2%) atau padang pasir (44%).


10. Aljazair

Terakhir ada Aljazair atau Algeria nan kembali menjadi negara terbesar di Afrika. Negara ini memiliki luas wilayah 2,382 juta km persegi. Meski lebih luas dari Indonesia, negara ini punya populasi jauh lebih sedikit. Populasi Aljazair per 2022 merupakan 43,85 jiwa, provisional Indonesia 273 juta jiwa.


Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya

  1. Rusia (17,1 juta km²)
  2. Kanada (9,985 juta km²)
  3. Amerika Konsorsium (9,834 juta km²)
  4. Cina (9,597 juta km²)
  5. Brasil (8.516 juta km²)
  6. Australia (7,692 juta km²)
  7. India (3,287 juta km²)
  8. Argentina (2,78 miliun km²)
  9. Kazakhstan (2,725 miliun km²)
  10. Aljazair (2,382 juta km²)


Indonesia di Posisi Berapa?

Kamu mungkin menanya-soal, ada di posisi berapa Indonesia? Indonesia terserah di cumbu ke-15 negara terbesar di dunia berlandaskan luas wilayahnya. Luas negara Indonesia adalah 1,90 juta km persegi dengan luas daratan 1,81 juta km persegi.

Indonesia hampir 8 kelihatannya lebih kerdil daripada Rusia. Namun, populasi Indonesia damping 2 kelihatannya bertambah banyak daripada Rusia nan menjawat prestise sebagai negara terbesar di manjapada, yakni selingkung 273 juta jiwa banding 144 juta jiwa.

Itulah 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Jadi, jangan sampai risau lagi ya. Semoga bermanfaat!

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Lebih jauh

Starbucks Angkat Kaki pecah Rusia, Tutup 130 Gerai


(hsy/hsy)


Source: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220908141244-33-370394/10-negara-terbesar-di-dunia-berdasarkan-luas-wilayahnya

Posted by: gamadelic.com