Lebih Tinggi Tni Atau Polri

Jakarta

Kesenjangan ketenteraman aparat TNI dan Polri disoroti oleh politisi. Kesenjangan itu diduga timbrung memicu konflik, tersurat penyerangan perseorangan TNI ke Polsek Ciracas, Jakarta Timur.

Kepincangan ini dibahas di Komisi I DPR saat mepet kerja dengan Kementerian Pertahanan RI, Senayan, Jakarta, Peparu (2/9/2020).

“Walaupun ada gaji kiat, tapi saya kira komisi lauk pauk, komisi segala diversifikasi, kesejahteraan, tinggalan keluarga, Rp 40 ribu sehari, saya kira sehari makan masih tiga kali ya TNI ya. Artinya, tak makan siang saja
gitu
loh,” pengenalan anggota Komisi I dari Fraksi PKS, Sukamta, dalam rapat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wakil Nayaka Baluwarti Tanzil Kebal Trenggono mengatakan enggak bisa melangah menjawab isu kesejahteraan prajurit TNI. Sebenarnya, kamu prihatin.

“Saya kembali menangis, Pak, sama seperti Kiai, sedemikian itu saya masuk ditugaskan Pak Presiden membantu Pak Prabowo,” introduksi Wisnu.

Seusai rapat, politisi PKS Sukamta membandingkan kesejahteraan prajurit TNI dengan penjaga keamanan. Menurutnya, anggota Polri jauh lebih sejahtera daripada anggota TNI. Ada kesenjangan kesentosaan di antara keduanya. Kesenjangan itu memicu kecemburuan dan menjadi bagian dari satah belakang konflik oknum TNI dengan Polri.

“Kalau dibandingkan dengan institusi tak, seperti Polri, misalnya yang sepertalian, itu jauh,” kata Sukamta.

Sukamta (Indra-detikcom)Sukamta (Indra/detikcom)

Pertanyaannya, benarkah suka-suka kesenjangan itu? Sekurang-kurangnya, ada angka gaji nan bisa dibandingkan.

Ada kesamaan antara penghasilan prajurit TNI dan karyawan Polri. Penghasilan adalah gaji plus tunjangan-tunjangan.

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti TrenggonoWakil Menteri Pertahanan Wahi Sakti Trenggono (Citra Panah Hasanah/20detik)

Bikin gaji pokok, seorang prajurit TNI dengan pangkat terendah, merupakan prajurit dua/anak buah kapal dua, mendapat gaji trik Rp 1.643.500,00.

Apakah seorang pegawai kepolisian punya gaji buku nan makin tinggi? Ternyata penjaga keamanan dengan pangkat terendah bhayangkara dua beruntung gaji Rp 1.643.500,00.

Gaji pokok terendah di TNI Rp 1,6 juta, gaji pokok terendah penjaga keamanan juga Rp 1,6 juta. Ternyata sama saja.

Bagaimana dengan proporsi gaji teratas di TNI dan Polri? Bagaimana juga dengan tunjangan-tunjangan lainnya? Mana yang lebih tinggi nilai nominalnya?

Simak sekali lagi video ‘TNI AD Talangi Temporer Kerugian Penyerangan Polsek Ciracas’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak rincian selengkapnya di bawah ini:

Source: https://news.detik.com/berita/d-5158818/membandingkan-gaji-tni-dan-polisi

Posted by: gamadelic.com