Latihan Pagar Nusa Berapa Lama

Jakarta,

NU Online


Ketua Awam Pimpinan Pusat (PP) Kuntau Kuntau Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa M Nabil Haroen menegaskan, momen ini organisasi para pendekar ini fokus cak bagi memperdekat skema pengaderan serta jejaring luar daerah. Demikian disampaikan M. Nabil Haroen, pada penyudahan Rakernas PP Gerogol Nusa, di Hotel Arya Wakil Jakarta, Jum’at (8/7/2022) dini perian tadi.

“Pagar Nusa terus mempererat sistem pengaderan internal untuk mengolah kader dan pendekar. Jadi kita punya pendekar-pesilat dari pelbagai level, dari nan dasar hingga laskar inti. Nah, kita membantu penuh kaderisasi berjenjang berbunga PBNU,” ungkap Nabil Haroen, nan berproses lama sebagai santri di Pesantren Lirboyo, Kediri.

Anggota Tip IX DPR RI juga mementingkan bahwa Gerogol Nusa pun memperkuat aset-khasanah wilayah dan cabang di area, sebagai bagian berpunca kemandirian organisasi. “Kami mendorong semoga cabang-cabang dan wilayah mengelola aset seorang, punya kantor untuk latihan pencak silat dan kegiatan organisasi. Di antara yang sudah mulai merintis di sejumlah silang di Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” terang Nabil.

Lebih lanjut, Nabil Haroen menjelaskan skema gotong royong pendirian kantor dan gedung latihan Pagar Nusa ini sederhana. “Kami data secara ringkas berapa jumlah kader di suatu daerah, lalu kita ajak bareng-bareng iuran semampunya secara reguler. Kadang ada juga nan telah wakaf tanah, wakaf bahan material,  juga tenaga. Alhamdulillah, dengan atma para pendekar dan dukungan kiai-kiai, berjalan laju,” ungkapnya.

Selain kaderisasi dan pengelolaan kekayaan, Nabil Haroen menguraikan, Pagar Nusa kembali khusyuk menjorokkan penguatan jejaring di kampus dan luar negeri. Saat ini, Cerocok Nusa dipedulikan di berbagai ragam kampus sebagai unit beladiri.

“Kami mau menjorokkan ini, berkolaborasi dengan nan lain semoga Cerocok Nusa boleh secara massif suka-suka di kampus-kampus. Di sebuah kampus di Makassar, Pencak Pencak Cerocok Nusa masuk secara jamak di kurikulum penerimaan. Ini bintang sartan teoretis menarik,” jelasnya.

Ia menambahkan, Gerogol Nusa juga menjorokkan terbentuknya pengurus khusus di berjenis-jenis negara. “Kami sudah ada di Mesir, Malaysia, Hong Kong, Korea Daksina, Aljazair, dan sekarang kader-kader bilang negara juga menunangi untuk dibentuk. Kami kerja sama dengan PCINU setempat, serta akan berkolaborasi dengan jaringan KBRI dan atase pertahanan di beberapa negara,” semarak Nabil.

Kami akan menirukan skema organisasi dan melaporkan hasil Rakernas ke PBNU dan kiai-bapak sepuh,” demikian jelas Nabil.

Pembukaan Rakernas PP Pagar Nusa lega Kamis (7/7/2022) kemarin, dihadiri Waketum PBNU KH Zulfa Mustofa mewakili Pemimpin Publik PBNU KH Yahya C Staquf yang berhalangan hadir karena madya melaksanakan ibadah haji.

Pengedit: Aiz Luthfi

Source: https://www.nu.or.id/nasional/gelar-rakernas-pagar-nusa-perkuat-kaderisasi-dan-jejaring-luar-negeri-UfnDx