Lapisan Ozon Pada Atmosfer Terdapat Pada Lapisan

Liputan6.com, Jakarta
Memahami kebaikan saduran ozon harus diawali dengan mengenali pembentuk dan letak ozon itu koteng. Udara murni terdiri berpunca tiga molekul yang letaknya ada di angkasa luar, tepatnya di stratosfer dan troposfer. Keberadaan saduran ozon menurut beberapa ilmuwan silam memengaruhi kehidupan bumi.

Pasalnya, fungsi lapisan ozon berkaitan dengan ketenteraman dan ekosistem makhluk di bumi. Fungsi lapisan ozon berlambak melindungi berbunga radiasi sorot UV, benda-benda asing di luar planet, mengatur suhu bumi, dan masih banyak lagi. Cuma sayangnya keefektifan lapisan ozon lain akan berbuah seandainya penipisan terjadi.

Apalagi ozon termasuk komponen atmosfer nan sangat sedikit jumlahnya. Cak bagi bisa menghindari masalah penipisan ozon, penyerantaan target peruntuh o seperti CFC, HCFC harus ditekan.

Agar bisa lebih memahami tentang lapisan ozon, berikut
Liputan6.com
ira kurnia sepuhan o terbit berbagai sumber, Jumat (15/1/2021).

Mengenal Lapisan Ozon

Ilustrasi Bumi | Credit: pexels.com/Simon

Ilustrasi Mayapada | Credit: pexels.com/Simon

Membicarakan pengertian lapisan ozon pasti berkaitan dekat dengan perlindungannya kerjakan manjapada menjaga radiasi terang ultraungu dari mentari. Ozon ialah gas nan terdiri berbunga tiga partikel ataupun O3.

Letak udara murni bakir di dua salutan atmosfer, yakni stratosfer dan troposfer. Menurut data yang dihimpun Dinas Mileu Hidup dan Kehutanan Distrik Banten, di troposfer (selingkung 10-16 km dari meres bumi) terkandung 10% lapisan ini. Sisanya yang 90% terwalak di lapisan stratosfer (50 km dari troposfer).

Troposfer adalah lapisan ruang angkasa yang paling lega dada dan ideal untuk mahluk hidup, karena pada salutan tersebut, terdapat nyamur dan karbondioksida. Plong sepuhan ini, cuaca dan iklim masih terjadi, seperti mana hujan abu, salju, badai, angin, dan lainnya.

Darurat stratosfer merupakan lapisan yang ditinggali makanya lapisan ozon, dan suhu yang sangat adem. Plong sepuhan ini, terletak o yang sangat berjasa kerjakan penyerapan binar ultraungu.

Secara umum, fungsi salutan ozon adalah melindungi bumi dari kilap ultraungu matahari. Lapisan ozon bekerja dengan mencegat 99 uang radiasi, temporer 1 persen sisanya diteruskan ke bumi.

Kebaikan Sepuhan Ozon

Ilustrasi kutub | Valdemaras D. dari Pexels

Ilustrasi kutub | Valdemaras D. dari Pexels

Kekuatan Lapisan Ozon bagaikan Perisai Radiasi

Atmosfer tempat lapisan udara murni ki berjebah berfungsi laksana perisai penaung terhadap radiasi dan sinar kosmik. Radiasi terjadi akibat gambaran seri matahari nan berbahaya.

Tanpa perlindungan, radiasi dapat menyebabkan kebinasaan parah sreg kulit dan mata. Lapisan ozon yang hierarki di ruang angkasa bumi membendung sebagian besar radiasi ini menyentuh parasan.

Kemustajaban Lapisan Ozon perumpamaan Pelestarian Fisik

Lapisan ozon lega angkasa luar lampau berharga untuk melindungi permukaan bumi dari jatuhnya benda-benda langit. Saat benda langit begitu juga meteor menuju dunia, lapisan ozon akan menghancurkannya sebelum sampai ke permukaan bumi.

Fungsi Saduran Ozon perumpamaan Pengatur suhu

Tidak hanya mengatak radiasi, sepuhan ozon juga berfungsi menjaga hawa bumi. Anasir-molekul di bentangan langit tempat saduran ozon mampu dapat menyerap energi matahari begitu kamu tiba.

Silam menyebarkan keserasian itu ke seluruh bintang siarah. Molekul juga memerangkap energi yang dipantulkan pecah satah, mencegah jihat malam planet menjadi terlalu dingin.

Fungsi Lapisan O andai Pengendali Cahaya

Tidak semua energi berpangkal matahari diserap oleh angkasa luar di sepuhan ozon. Bumi boleh menerima energi yang berasal berpunca radiasi elektromagnetik matahari.

Energi-energi surya yang dipantulkan oleh satah mayapada, akan segera diserap, dipantulkan maupun ditransmisikan oleh saduran o.

Kekuatan Lapisan Ozon laksana Pengendali Arwah

Lapisan o yang mampu di stratosfer, memiliki manfaat bikin penyerapan kilat ultraungu. Sehingga mahluk di manjapada dapat terlindung dari bayangan sinar ultraviolet.

Kandungan gas yang terdapat pada saduran atmosfer bermanfaat bagi manusia, tanaman serta hewan. Seperti oksigen, karbondioksida, nitrogen.

Penyebab Menipisnya Sepuhan Ozon

Ilustrasi polusi udara oleh asap pabrik | (Sumber Environmental Protection Agency/EPA)

Ilustrasi polusi gegana maka dari itu asap industri | (Mata air Environmental Protection Agency/EPA)

Saduran ozon dapat terancam maka itu beberapa faktor hingga mengalami penipisan. Faktor penyebab menipisnya lapisan o adalah ulah manusia di bumi. Pemicunya yakni eskalasi pemakaian Incaran Perusak Ozon atau dikenal dengan istilah BPO.

BPO terdiri dari kloroflorokarbon (CFC), hidroklorofluorokarbon (HCFC), dan karbondioksida (CO2). Asal muasal BPO adalah kegiatan turunan.

Mulai pecah penggunaan kulkas, penyaman ruangan, pengharum ruangan, peralatan kosmetik, cat suntikan, ki bentakan nyamuk, asap kendarakan bermotor, industri, penggunaan pupuk kimia, penebangan alas, dan masih banyak sekali lagi.

Bahayanya, zat-zat ini dapat terus menumpuk dan terkumpul dengan jumlah yang besar memusat stratosfer. Keistimewaan utama stratosfer adalah penyerapan sinar ultraviolet. Jikalau fungsinya terganggu, maka eskalasi suhu dunia dan kemelut umbul-umbul nan bukan bisa terjadi.

Dilansir bermula laman dlhk.bantenprov.go.id, saduran ozon nan terdapat di stratosfer, sekitar 50 km dari permukaan bumi, menjadi penaung bumi mulai sejak radiasi ultraviolet yang disebabkan oleh syamsu.

Dampak Menipisnya Lapisan Ozon

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi | (Via: telegraph.co.uk)

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi | (Via: telegraph.co.uk)

Menipisnya saduran ozon kesudahannya akan berbuah pada pemanasan global yang menembakkan pencairan es di n partner, eskalasi tinggi permukaan air laut, enggak menentunya kilat dan iklim, dan meningkatnya petaka.

Penipisan saduran ozon nan meningkatkan radiasi ultraviolet kilat matahari ke bumi dapat memperparah penyakit penyakit kanker selerang, katarak mata, dan sentral tahan badan terhadap masalah infeksi, menghambat pertumbuhan tanaman, sampai musnahnya organisme kecil di bumi.

Menghimpun data dari Dinas Lingkungan Kehidupan dan Kehutanan Provinsi Banten, terletak hasil pengamatan di waktu 1980-1991 mendapati lubang pada lapisan ozon yang membesar sampai hampir seluas benua Australia.

Setelahnya, penelitian pada 2022 menunjukkan hasil nan mulai membaik. Gaung tersebut masih keteter di atas inversi utara, Rusia, dan Autralia. Pada tahun 2022 kemudian, PBB memperingati Hari Udara murni Sejagat sebagai persuasi meningkatkan kepedulian atas bahaya pemanasan mondial atau mondial warming.

Source: https://id.berita.yahoo.com/5-fungsi-lapisan-ozon-bagi-050021020.html