Lagu Garuda Pancasila Adalah Ciptaan

myavitalia.com – “Garuda Panca sila, akulah pendukungmu…. silakan bertamadun-maju-ayo maju-beradab ayo maju-maju….” Itulah sepintas lagu Garuda Pancasila. Kelihatannya yang kenal lagu ini, sebuah lagu wajib kebangsaan yang dapat membakar jiwa patriotik bakal orang orang yang menyayikannya, khususnya bakal penduduk Indonesia.

Lagu ini menjadi riuk satu lagu Wajib nasional yang telah diajarkan semenjak bangku sekolah dasar dan diharapkan dapat menjadi salah satu lagu nan menjadikan kecintaan terhadap negeri Indonesia.

Dibalik lagu nan patiotik dan menjadi lagu pembakar semangat Pancasila di dada ini ternyata memiliki kisah-narasi unik, membakar sampai-sampai terdapat sebuah cerita ironi dalam sejarahnya.

Pencipta Lagu Garuda Pancasila – Sudharnoto

Sudharnoto ataupun lengkapnya
Prohar Sudharnotom

merupakan penggarap lagu Garuda Pancasila yang diciptakannya plong musim 1956.

Sudharnoto yang lahir di Kendal jawa tengah pada 24 Oktober 1925 dan meninggal 11 Januari 2000 lalu di spirit ke 74) merupakan sendiri Komponis nan juga seorang Perupa Bioskop Indonesia.

Selain menjadi seorang Seniman ternyata Sudharnoto juga memiliki pendidikan formal di Jamiah Indonesia jurusan Kedokteran (doang sampai tingkat 2), karena mengikuti jejak ayahnya yang lagi seorang dokter.

Dalam perjalannanya seumpama seorang seniman, Ia aktif intern mengisi siaran RRI (Radio Republik Indonesia) Sala bersama rekan-rekannya yang bukan.

Ditahun 1952, engkau berkreasi di RRI Jakarta, ibarat atasan Seksi Musik, dan pengisi acara tetap
Hammond Organ Sudharnoto.




Setelah keluar mulai sejak RRI, dan sempat menekuni tiang penghidupan bukan diluar rataan musi yaotu umpama penyalur es Petojo, Jakarta, dan menjadi sopir taksi. Namun Jiwa seni lain bisa hilang berpunca darahnya,sehingga pada tahun 1969, Sudharnoto menjadi pianis di kedai minum LCC dan kemudian Sangrilla.

Cerita Ironis si Penggarap lagu Mars Pancasila – Garuda Pancasila

Pron bila pemerintahan Presiden Soekarno, Sudharto menjadi salah satu seniman nan tergabung di Lektra (Buram Kebudajaan Rakjat
yang ialah organisasi kebudayaan sayap kiri di Indonesia ketika itu).

Pada waktu berikutnya, di Orde Baru, dengan tergabungnya beliau dalam lektra yang dianggap misal sebuah organisasi “underbow” atau menginduk pada PKI (Partai Komunis Indonesia) yang haram saat itu, Beliau menjadi seorang seniman yang menjadi tahanan ketatanegaraan karena tidak sejalan dengan politik pemerintahan ketika itu.

Sebuah pernyataan bahwa Lektrea yakni Underbor PKI selayaknya masih menjadi perdebatan hingga kini, karena mematamatai dari rekaman yang terjadi,Njoto
perumpamaan salah suatu tokoh penggagas Lekra dan menjadi salah satu pembesar PKI  tetapi ia sendiri menolak lakukan memasukkan Lekra sebagai underbow PKI.

Saat itu sempat ketimbul ketidak harmonisan antara Dipa Nusantara (DN) Aidit seumpama komandan CC PKI dan Njoto yang menjabat Duta Pejabat CC PKI, karena perbedaan pendapat tersebut.

Kembali pada narasi lagu Garuda Pancasila misal Ciptaan berbunga Sudharnoto, yakni menjadi sebuah Ironi baghwa sang pencipta lagu menjadi seorang tahan politik karena dianggap ibarat Antek Komunis, sekadar lagunya dijadikan andai penyemangat dalam aksi antikomunis itu sendiri  bagkan dijadikan doktrin Ideologi di Ordebaru.

Makna Lagu Garuda Pancasila

Lamun n kepunyaan sebuah rekaman yang Ironi, namun lagu ini memang patut diacungi jempol karena memang alangkah sebuah lagu yang boleh membuat kehidupan patriotik dan kecintaan terhadap negara beserta Ideologinya yang mempu menjadikan Indonesia Tetap suka-suka Hingga Kini.

Lagu ini jangan hanya dinyayikan saja dan hafal liriknya, namun sungguh baiknya kita memafhumi makna dibalik lagu tersebut.

Dengan mengutip kalimat pertama ” garuda pancasila akulah pendukungmu”, diartikan bahwa kita teristiadat mengakui, menerima, sekata, bahwa Garuda Pancasila dalah galangan dan Ideologi Nasion Indonesia.

Pasca- mengingat-ingat dan mengakui bahwa pancasila ialah Ideologi nasion Indinesia,  mutakadim sesungguhnya kita harus menegakkan dan menjaga pancasila tersebut dengan segenap pengorbanan. Jangan sampai pancasila tergantikan maka dari itu ideologi yang lain. (“Patriot pengumuman, Sedia berkorban untukmu“)

Dengan keteguhan menjaga Bawah Negara tersebut, kita yakini bahwa hal tersebut boleh membawa rakyat puas kesejahteraan, hidup rani dansentosa (Rakyat netral makmur sentosa).

Dan dengan melekatnya Pancasila pada diri masing-masing warganya, situasi tersebut dapat takhlik sebuah Identitas nan eksklusif bagi Nasion dan Negara Indonesia (Pribadi bangsaku )

Pada lirik pamungkas, mengajak kita untuk terus menerapkan skor-nilai pancasila demi mencapai mimpi dan cita-cita bangsa (Ayo maju maju,
Ayo bertamadun maju,
Ayo bertamadun maju)

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Berikut Lirik lengkap dari Lagu Garuda Pancasila Gubahan berbunga Sudharnoto,semoga menjadi penyemangat dalam menumbuhkan rasa patriotik dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot mualamat

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil bernas sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Mari maju maju

Ayo maju maju



Notasi Angka Lagu Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila yang merupakan lagu dengan jenis MARS, akan dahulu baik dinyayikan dengan tempo Marcia, maupun disebut juga
Di Marcia
ataupun juga
Marcia Moderato
nan artinya ini harus dinyayikan layaknya gerakan baris berbaris dengan kecepatan hitungan taksir-tebak 83-85 bpm, dan kerjakan birama yang mempunyai nilai seperempat (1/4) harus dinampakkan dengan tepat.

Lagu garuda pancasila memiliki
Pukulan 4/4. Lagu ini juga akan lewat cocok untuk dinyayikan dalam
musik bawah DO=F
karena not yang dimiliki mempunyai range nada terendah adalah 5 (minus) dan nada tertingginya adalah 6 (medium).

Dengan menggunakan irama dasar ini diharapkan anak adam dengan diversifikasi suara apapun (baik Sopran, tenor atau Alto, bas) bisa menjangkau renge nada yang ada.

Namun cak bagi turunan tertentu, dapat saja menidakkan nada dasarnya sesuai kemampuan ranga nada yang dimilikinya.

Rangkuman Lagu  Garuda Pancasila

Produsen Lagu
: Sudharnoto
Irama Dasar : DO = F
Tempo : Cepat / Marcia
Pukulan
: 4 / 4

Source: https://www.myavitalia.com/2020/04/lagu-garuda-pancasila-pencipta-not-angka-makna-dan-liriknya.html

Posted by: gamadelic.com