Kurang Berapa Hari Bulan Ramadhan

Kaltimtoday.co –
Sekilas lagi, kita akan menjumpai bulan tahir Bulan mulia. Setiap umat Islam pasti telah menanti-esok datangnya Ramadan beserta Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

Tetapi hingga saat ini, pemerintah melangkahi Departemen Agama (Kemenag) masih belum menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramadan 1443 Hijriah dalam kalender serani. Sehingga umat Selam di Indonesia masih penasaran kapan puasa 2022 dapat dimulai.

Dalam menentukan pada saat puasa 2022 dimulai, Kementerian Agama (Kemenag) perlu untuk melakukan hisab dan rukyatul hilal. Hisab merupakan metode menghitung untuk menentukan dimulainya mulanya Ramadan berdasarkan posisi bulan. Padahal, rukyatul hilal adalah menghitung pergerakan posisi hilal nan dilakukan setelah matahari terendam.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mematok untuk mengamalkan pengamatan hilal pada Jumat, 1 April 2022 mendatang nan tersebar di 34 distrik di seluruh Indonesia.

Hasil dari hisab dan rukyatul hilal tersebut, akan dilanjutkan dalam sidang Isbat. Masyarakat kini diharuskan menunggu hasil keputusan dari sidang Isbat yang akan digelar pada Jumat, 1 April 2022 mendatang.

Beralaskan kabar semenjak laman Kementerian Agama (Kemenag), puas tahun ini sidang isbat lakukan menentukan puasa 2022 akan digelar secara daring dan luring dengan protokol kebugaran yang ketat.

Adapun organisasi Islam Muhammadiyah mutakadim menentukan awal tanggal 1 Ramadan 1443 Hijriah. Hal ini sesuai dengan rekaan Kalender Islam Menyeluruh 1443 Hijriah nan diterbitkan makanya Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dikutip dari laman resminya, Bimbingan Ki akal (PP) Muhammadiyah menjadwalkan 1 Ramadan 1443 H bertepatan pada periode Sabtu, 2 April 2022. Jika dihitung mulai Rabu, 23 Maret 2022, maka Bulan puasa akan ternilai kurang berpokok 10 hari lagi. Sholat Tarawih dapat dilaksanakan pada hari Jumat, 1 April 2022 mendatang.

Penetapan jatuhnya bulan Ramadan ini sesuai dengan Deklarasi PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 mengenai Penetapan Hasil Hisab Bulan ampunan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 H.

Jadwal puasa Ramadan 2022 akan dijalani sejauh 30 hari dan prediksi berakhirnya Ramadan sedarun puas copot 1 Mei 2022. Oleh sebab itu, antisipasi Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh lega tanggal 2 – 3 Mei 2022 mendatang.

[RWT | SR]

Dapatkan update berita seleksian dan breaking news setiap periode dari Kaltimtoday.co. Mari bergabung di Grup Telegram “Kaltimtoday.co”, caranya klik link https://cakrawala.me/kaltimtodaydotco, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Source: https://kaltimtoday.co/puasa-2022-sebentar-lagi-berikut-tanggal-dan-jadwal-pelaksanaan-sidang-isbat-1-ramadan-1443-h/

Posted by: gamadelic.com