Konsep Sumpah Pemuda Dibuat Oleh

Isi Teks Sumpah Pemuda, Intensi, dan Maknanya

Jumat, 28 Okt 2022 07:30 WIB

Peringatan Hari Sumpah Pemuda berawal dari hasil perhelatan Kongres Pemuda I dan II. Simak isi teks Sumpah Pemuda dan makna di baliknya.
Ilustrasi. Isi teks Kualat Pemuda dan makna berjasa di baliknya (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)




Jakarta, CNN Indonesia

Peringatan Hari

Sumpah Pemuda


setiap 28 Oktober berawal bersumber hasil perhelatan Dewan perwakilan Pemuda I dan II nan kemudian dituangkan ke n domestik isi bacaan Sumpah Teruna.

Kongres Pemuda I diadakan oleh para pemuda dari bermacam-macam

organisasi

 kewilayahan di Indonesia pada 30 April 1926 sampai 2 Mei 1926.


Para pemuda memonten perlunya bahasa persatuan dan ketunggalan buat kebebasan Indonesia. Cak agar begitu, hasil Kongres Pemuda I belum tersalurkan secara gamblang.

Situasi ini membuat Perhimpunan Pesuluh-Peserta Indonesia (PPPI) ingin mengadakan lagi Kongres Teruna II. PPPI sekali lagi mengumpulkan pun berbagai organisasi jejaka kewilayahan di Indonesia.

Kongres Jejaka II kemudian diadakan di Batavia (sekarang Jakarta) puas 27-28 Oktober 1928. Para pemuda di kongres ini kemudian menggagas hayat persatuan di antara pemuda.

Khususnya, terkait sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan di antara pemuda. Begitu lagi dengan semangat untuk akses pendidikan di sekolah dan di flat yang demokratis lakukan teruna.

Tak ketinggalan, para pemuda di Kongres Pemuda II lagi menilai perlunya menjalankan rayapan nasional untuk Indonesia.

Isi Teks Sumpah Pemuda

People hand assemble as a connection meeting teamwork concept. Group of people colleague assembly hands as a business or work achievement. Man and women touch each other hands. Teamwork conceptual.Ilustrasi. Isi bacaan Tulah Teruna nan diperingati setiap tanggal 28 Oktober (Foto: Istockphoto/Rachaphak)

Hasil dari Kongres Pemuda II yang pun dikenal umpama Peristiwa Sumpah Bujang 1928 kemudian menghasilkan Sumpah Loyal.

Sumpah Loyal ini dituangkan ke internal tulisan tangan yang kini lagi dikenal seumpama isi bacaan Kualat Teruna. Berikut isinya.

  • Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, lahan air Indonesia.
  • Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang suatu, bangsa Indonesia.
  • Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Tetap ini dirumuskan oleh para tokoh Sumpah Pemuda, terdiri dari:

  • Majikan: Soegondo Djojopoespito (PPPI)
  • Wakil ketua: R. M. Joko Marsaid (Jong Java)
  • Sekretaris: Mohammad Yamin (Jong Sumatranen Bond)
  • Bendahara: Amir Sjarifoeddin (Jong Bataks Bond)
  • Pembantu I: Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond)
  • Pembantu II: R. Katja Soengkana (Pemuda Indonesia)
  • Ajun III: Rumondor Cornelis Lefrand Senduk (Jong Celebes)
  • Ajudan IV: Johannes Leimena (Jong Ambon)
  • Pembantu V: Mohammad Rochjani Su’ud (Pemuda Kaum Betawi)
  • Pengisi Acara: W. R. Soepratman (Penyelenggara lagu Indonesia Raya)

Sekarang, 94 waktu setelah Senat Pemuda II, Indonesia terus merayakan Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hal ini karena Peristiwa Sumpah Cowok 1928 ialah tonggak persatuan berasal para jejaka mulai sejak berbagai latar belakang di Indonesia.

Kendati para pemuda berasal dari organisasi kewilayahan yang berbeda, tapi tetapi sepakat bergabung atas stempel Indonesia. Bahasa nan digunakan juga satu, yaitu bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Mengutip dari buku ‘Makna Sumpah Jejaka’ oleh Sri Sudarmiyatun, S.Pd., dijelaskan tentang makna isi Kutuk Jejaka, merupakan untuk membakar pemahaman seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang suatu.

Dengan Sumpah Pemuda, perlawanan rakyat Indonesia tidak lagi bertabiat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang lestari.

Sebelumnya, organisasi pemuda berasal bermula provinsi yang berbeda-tikai bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budaya. Namun mereka memiliki tujuan yang sekelas yakni menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan terbebas terbit segala apa bentuk perbedaan.

Serapah Pemuda menjadi kejadian memori pergerakan pemuda yang dolan penting internal mencapai kedaulatan Republik Indonesia. Isi Kualat Jejaka menjadi pedoman dalam menumbuhkan rasa burung laut tanah air, suatu nasion, dan satu bahasa yakni Indonesia.

Harapan Kutuk Pemuda

Adapun tujuan berpunca Sumpah Pemuda yang dihimpun dari berbagai sumber yakni membangkitkan kehidupan nasionalisme dan memperketat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain itu, lagi bakal mengademkan rasa kesukuan yang demap menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu, meningkatkan kampanye agar tercapainya independensi, dan bikin mewujudkan cita-cita bangsa lakukan mempersatukan bujang pemudi Indonesia.

Itulah informasi seputar isi referensi Sumpah Teruna dilengkapi tujuan dan maknanya. Semoga membantu.

(uli/juh)


[Oyong:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221025162728-569-865189/isi-teks-sumpah-pemuda-tujuan-dan-maknanya

Posted by: gamadelic.com