Koklea Terletak Di Telinga Bagian

(Sengkang Koklea)

Koklea yaitu bagian telinga yang terdahulu bagi fungsi pendengaran. Koklea adalah saluran berbentuk sebagaimana kerang dengan 2,5 dok maupun spiral nan takhlik dua pertiga fragmen dan mengitari rahasia tulang yang disebut modiolus.

(Penampang Modiolus)

Di dalam saluran koklea adalah instrumen pendengaran utama, berbentuk spiral instrumen Corti. Sel-sel rambut dalam peranti corti mendeteksi suara dan mengirim keterangan melalui saraf koklea. Gelombang suara masuk melangkahi telinga luar, mengimbit ke kuping tengah, dan karenanya menjejak alat pendengar putaran dalam dan jaringan sukar saraf, tulang, kanal, dan sel-rumah pasung.

Koklea terdiri dari tiga ruang nan berisi cairan yang spiral di sekeliling inti benak yang berilmu saluran sendi nan disebut saluran koklea. Bersendikan panjangnya, saluran koklea terbagi atas tiga korok oleh dua membran yaitu membran basilar dan membran vestibular, yang meregang dari modiolus ke dinding luar. Membran basilar yaitu elemen struktural yang membagi koklea maupun membran nan dibentuk oleh serat elastis tipis yang meregang di saluran koklea. Serat-seratnya pendek dan padat di wilayah basal dan menjadi bertambah panjang dan jarang momen mendekati puncak koklea, di mana membran basilar berakhir intern foramen yang menghubungkan dua sisi partisi berbunga kanal spiral. Atau membran basilar yang pada dasarnya yakni tabung panjang – di perdua menjadi dua tabung berisi cairan: skala sarana dan skala timpani.

(Babak Membran Basilar)

Membran basiler tidak memiliki ketebalan atau kekakuan yang kostum, karena seberapa tebal atau kaku pada titik tertentu plong panjangnya menentukan kekerapan karakteristiknya (CF), yang adalah nilai frekuensi tertentu di mana membran basilar paling sensitif terhadap suara (getaran). Kepentingan terpenting membran basilar adalah membantu seseorang untuk mendengar dan membantu mengenali profil suara yang menjangkiti telinga.

Pada saluran adegan luar, terdapat skala vestibuli di bagian atas dan skala timpani di bagian bawah. Kanal ini berisi perilimfe dan bergabung dengan puncak modiolus. Bagian ujung perbandingan timpani yang lebih rendah ditutupi fibrosa fenestra koklea. Bagian tengah saluran koklea disebut duktus koklear dan berisi endolimfe. Bentuknya sama dengan tulang labyrinth dan disebut membran labyrinth. Di dalam duktus koklear terletak ujung ujung saraf rungu yang disebut sel sel rambut. Pada koklea, terwalak tiga kanal semisirkular yang terletak di atas dan di birit vestibula kerumahtanggaan tiga ruang yang berlainan, satu vertikal, suatu horizontal dan yang lain transversal. Semua ruang ini digdaya perilimfe.

(Fragmen Koklea)

Source: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Koklea-BPSMG/materi1.html

Posted by: gamadelic.com