Kisah Perang Dunia Ke 2

KOMPAS.com
– Sejarah Perang Manjapada 2 atau Perang Dunia II (1939-1945) berawal dari kalahnya Jerman di Perang Dunia 1 (1914-1918).

Jerman mencanangkan Revanche atau ketatanegaraan balas antipati, padahal negara-negara lain berlomba mencari persekutuan dagang dengan membentuk blok-blok.

Negara-negara di dunia saat itu juga dalam persaingan takhlik senjata buat mempersendat diri, nan diperparah dengan gesekan perseptif fasis, liberalis, dan komunis.

Baca juga: Kisah Perang Dunia 1: Ki kenangan dan Penyebab Pertempuran

Kemudian secara khusus, salah satu penyebab meletusnya perang mayapada 2 adalah serangan Jerman yang merebut kota Danzig di Polandia lega September 1939.

Melansir laman

History
, Adolf Hitler nan naik ke tampuk kekuasaan di Jerman memandu partai Nazi, mempersenjatai kembali bangsanya dan menandatangani perjanjian dengan Italia dan Jepang intern ambisinya menguasai dunia.

Jerman berhasil memintasi Danzig dengan terjangan kilauan, sarana lapis baja, dan pengeboman efektif.

Penyerbuan Hitler ke Polandia mendorong Inggris Raya dan Perancis untuk menyatakan perang terhadap Jerman.

Itulah yang kemudian menjadi riuk satu penyebab Perang Bumi 2.

Baca juga: Kisah Perang Dunia 1: Pembunuhan Franz Ferdinand dan Alasan Penembakannya

Penggunaan Bazooka ketika Perang Dunia II
warhistoryonline
Penggunaan Bazooka momen Perang Dunia II

Mengutip

Kompas.com
pada 13 Juli 2022
, perang antara Jerman dengan negara-negara Eropa pun terjadi yang turut menjadi meres belakang Perang Dunia 2.

Plong 7 Desember 1941, Jepang mengamati Bandar Laskar Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Tujuan penyerangan Jepang tersebut bikin menuntaskan Asia.

Puas 11 Desember 1941 Jerman dan Italia yang menjadi kongsi Jepang mengiklankan perang kepada Amerika Perseroan.

Negara yang terlibat Perang Bumi 2

Perang Dunia 2 terjadi pada musim 1939 sampai 1945. Negara yang terbabit Perang Dunia 2 terbagi ke Blok Maskapai dan Blok Inden.

Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Perancis, Mbuk Soviet, China, dan Amerika Serikat dagang (AS), sedangkan Blok Poros terdiri dari Jerman, Jepang, dan Italia.

Baca pula: Kisah Perang Bumi 1: Negara Mana Saja Blok Sekutu dan Blok Sentral?

Lalu cak kenapa terjadi Perang Manjapada ke-2?

Setelah menjadi Kanselir Jerman pada 1933, Hitler dengan cepat mengkonsolidasikan kontrol, mengangkat dirinya sebagai Fuehrer (majikan teratas) setahun kemudian.

Ia Terobsesi dengan gagasan senioritas ras Jerman “murni”, yang ia sebut “Arya”.

Adolf Hitler
Britannica
Adolf Hitler

Hitler beriman bahwa perang ialah satu-satunya pendirian lakukan mendapatkan “Lebensraum,” ataupun ruang hidup yang diperlukan agar ras Jerman berkembang.

Pada pertengahan 1930-an, sira diam-sengap mempersenjatai kembali Jerman, yang melanggar Perjanjian Versailles.

Setelah menandatangani sangkut-paut dengan Italia dan Jepang mengembari Empok Soviet, Hitler mengirim pasukan untuk menduduki Austria puas 1938 dan tahun berikutnya mencaplok Cekoslowakia.

Baca pun: Isi Perjanjian Versailles 1919 dan Kerugian Jerman Kalah Perang Dunia 1

Agresi terbuka Hitler tak terkendali, karena Amerika Perkongsian dan Ning Soviet terpumpun puas politik internal saat itu, dan baik Prancis ataupun Inggris (dua negara tidak yang paling bertarai maka itu Perang Lautan) tidak mau berkonfrontasi.

Sahaja plong akhirnya Perang Dunia II enggak terelakkan, karena negara-negara daya berhasrat mengerjakan ekstensi wilayah.

Selain Jerman dengan Lebensraum-nya, Italia juga memiliki kebijakan Irredenta dan Jepang menegakkan patois Hakko Ichiu (menyatukan 8 sudut mayapada).

Berlanjut ke seri sejarah Perang Dunia II selanjutnya…

Baca pun: Kisah Perang Dunia 1: Bererak pada Tahun 1918 dengan Kekalahan Blok Sentral

Sumber: Kompas.com (Penulis: Serafica Gischa | Penyunting: Serafica Gischa)

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap perian dari Kompas.com. Silakan menyatu di Grup Benang tembaga “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.me/kompascomupdate, kemudian join. Kamu harus install petisi Telegram sampai-sampai dulu di ponsel.

Source: https://internasional.kompas.com/read/2021/06/15/134546170/kisah-perang-dunia-ii-mengapa-terjadi-dan-negara-yang-terlibat?page=all

Posted by: gamadelic.com