Kisah Nabi Syu Aib Singkat

Semua Nabi dan Rasul dalam agama Islam diutus oleh Allah SWT lakukan berdakwah kepada suatu kaum agar mereka kembali menyembah-Nya. Lain terkecuali dengan Nabi Syu’aib. Kisah Nabi Syu’aib ketika berusaha berdakwah kepada kaum Madyan lagi terekam dalam Quran.

Nabi Syu’aib a.s merupakan cicit dari Nabi Ibrahim A.S. Umat muslim beriktikad atau mengimani bahwa Almalik SWT mengutus Syu’aib bagi menjadi seorang utusan tuhan lakukan penduduk Kaum Madyan.

Kaum Madyan ini silam di daerah yang masa ini dikenal andai Suriah.

Privat sejarahnya di kisah Rasul Syu’aib a.s., mereka dikenal akan aturan curang dalam melakukan kulak barang atau tak jujur.

Mereka pun menolak ajakan bertaubat dari Rasul Syu’aib a.s, sehingga mereka pada kesannya mendapatkan azab dari Almalik SWT.

Kisah Utusan tuhan Syu’aib ini perlu diceritakan kembali kepada Si Kecil. Dengan seperti ini, mereka bisa memetik pelajaran cak bagi diterapkan internal roh sehari-hari.

Baca Sekali lagi:
Narasi Utusan tuhan Pria: Anak adam dan Nabi Mula-mula yang Diciptakan oleh Tuhan SWT

Nabi Syu’aib A.S sebagai Rasul dari Kaum Madyan

kisah nabi syu'aib

Foto: cerita nabi syu'aib

Foto Illustrasi Nabi Syu’aib a.s (Orami Photo Stock)

Berpangkal berbagai sendang, disebutkan bahwa Nabi Syu’aib A.S bisa dibilang sangat baki. Oleh karena itu, banyak orang nan menghafaz ketampanannya.

Tidak belaka itu namun, beliau juga sangat ramah sreg setiap sosok dan senang mendermakan rezekinya kepada mereka nan lain produktif.

Berkat durja paras nan tampan, ramah, dan memperalat rezekinya di perkembangan Allah SWT, maka beliau lalu dikenal oleh kabilah Madyan.

Selain itu, Nabi Syu’aib A.S kembali adalah keturunan putih kaum Madyan yang memiliki sifat dan perilaku yang mulia.

Kelahiran Rasul Syu’aib A.S diperkirakan terjadi pada abad pertengahan, adalah hari 1600 SM.

Secara harfiah, Syu’aib sendiri n kepunyaan arti perumpamaan sosok yang memberikan petunjuk pada perkembangan kebenaran.

Makanya sebab itu, ketika masih kecil, Utusan tuhan Syu’aib A.S selalu berusaha bagi menjaga hatinya dan menghalangi dirinya biar ia tidak melakukan perbuatan buruk dan batal.

Sifat terpuji ini beliau bawa hingga beranjak remaja dan dewasa.

Baca Juga:
Kisah Rasul Ilyasa, Nabi yang Membimbing Bani Israil bikin Percaya pada Allah SWT

Kisah Nabi Syu’aib A.S Vs Kaum Madyan

kisah nabi syu'aib

Foto: kisah nabi syu'aib

Foto Ilustrasi Pohon yang Disembah Kaum Madyan (Orami Photo Stock)

Suku bangsa Madyan adalah bangsa Arab yang bertempat di daerah yang berada di terpinggirkan negeri Syam, ataupun nan detik ini dikenal dengan Suriah.

Ini ialah tempat yang berbatasan langsung dengan Hijaz serta berdampingan dengan Danau Luth.

N domestik kisah Nabi Syu’aib a.s, ajang habis kaum Madyan ini sangat dikenal dengan vitalitas berdagang dan pula bertegal.

Peristiwa ini dikarenakan Allah SWT memberikan kondisi tanah nan subur, sehingga mudah ditanami bermacam ragam variasi jenis pokok kayu.

Namun, sebagian lautan suku bangsa Madyan lupa bahwa semua pemberian ini datangya dari Yang mahakuasa, sehingga mereka buruk perut enggak bersyukur atas kenikmatan yang mutakadim diberikan oleh-Nya.

Bahkan, kabilah Madyan lagi terdiri mulai sejak orang-insan ateis yang tidak mengenal Allah dan lebih melembarkan bakal menyembah pohon dan tanaman tersebut mereka kelilingi.

Aturan dan perilaku yang dimiliki oleh kaum Madyan juga sangat jauh dari kekuatan, seperti burung laut bertingkah buruk, virulen, hingga sering merugikan individu tak, tetapi menguntungkan diri sendiri.

Penggelapan yang dilakukan makanya kaum Madyan biasanya dilakukan oleh para penipu yang sudah dibutakan maka itu substansi.

Risikonya, para penipu itu seringkali menimbang suatu barang dengan langka yang lain sesuai.

Hal serupa ini jelas sangat mudarat para petani dan pendatang-pengelana kecil yang ada di daerah Madyan.

Namun di sisi lain para musafir besar dan penipu di negeri Madyan sangat diuntungkan dengan perbuatan buruk dan tak terpuji itu.

Oleh karena itu, warga Madyan yang miskin akan bertambah miskin dan penghuni Madyan nan kaya akan lebih kaya.

Mereka yang melakukan penyelewengan detik menimbang suatu barang, maka timbangannya akan diganjal dengan batu, sehingga pembeli merasa bahwa selit belit komoditas nan dibeli sudah sesuai.

Akibantnya, keuntungan petualang pasar akan bertambah menjadi dua mungkin bekuk setelah melakukan ulah tidak terpuji itu.

Allah SWT kemudian mengutus Nabi Syu’aib A.S kepada suku bangsa Madyan dengan membawa suatu petunjuk agama yang benar nan terbit dari Halikuljabbar.

Tak semata-mata itu, Rasul Syu’aib A.S lagi dipercaya untuk mengubah jalan kaum Madyan yang sediakala berjalan di kronologi yang buruk dan gelap agar kembali ke jalan nan baik dan benar.

Dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 84, Allah SWT berfirman:

وَإِلَىٰ مَدْيَنَ أَخَاهُمْ شُعَيْبًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ وَلَا تَنْقُصُوا الْمِكْيَالَ وَالْمِيزَانَ ۚ إِنِّي أَرَاكُمْ بِخَيْرٍ وَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ مُحِيطٍ

Artinya:
“Dan kepada (penduduk) Mad-yan (Kami menugasi) saudara mereka, Syu’aib. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Tuhan, sekali-barangkali tiada Allah bagimu selain Beliau.

Dan janganlah kamu kurangi takaran dan timbangan, selayaknya aku mengintai kamu dalam keadaan yang baik (berlambak) dan selayaknya aku khawatir terhadapmu akan azab hari yang membinasakan (yaumul akhir)”.

Meskipun sudah diperingatkan melangkaui utusan-Nya, yaitu Nabi Syu’aib a.s, penduduk Madyan tetap saja mengabaikannya, hingga ikab lagi datang.

Baca Sekali lagi:
Narasi dan Wirid Rasul Ayyub Saat Sakit

Hukuman untuk Kabilah Madyan

kisah nabi syu'aib

Foto: kisah rasul syu'aib

Foto Ilustrasi Azab untuk Suku bangsa Madyan (Orami Photo Stock)

Dalam narasi Nabi Syu’aib a.s, Pasca- berusaha sekuat tenaga kerjakan caruk berdakwah dan mengajak Kaum Madyan kerjakan kembali ke kronologi yang benar, mereka ternyata teguh ingin menjadi orang-basyar kafir.

Oleh karena itu, Utusan tuhan Syu’aib berdoa kepada Allah semoga warga Madyan diberikan azab.

Allah pun mendengar zikir Utusan tuhan Syu’aib A.S kemudian mengabulkan doa itu, kemudian Allah S.W.T menyuruh Nabi Syu’aib beserta pengikutnya untuk keluar dari ii kabupaten yang telah diduduki oleh kaum kafir itu.

Sehabis Nabi Syu’aib dan pengikutnya meninggalkan kota itu, Yang mahakuasa SWT pun meletakkan cuaca yang dulu panas dan sangat kersang yang membuat bertunas-tumbuhan mati dan susah buat mendapatkan kesejukan.

Kemudian Allah SWT sekali lagi menyerahkan gempa mayapada dengan suara halilintar yang membuat kaum penduduk Madyan yang kafir mati mendadak

Ikab nan diberikan maka itu Halikuljabbar itu datang sebagai halnya hari hari pembalasan. Semua rayuan itu lagi terjadi karena kaum Madyan tidak ingin juga ke perkembangan Sang pencipta SWT.

Baca Pun:
16 Inspirasi Nama Sahabat Nabi Perempuan, Munjung Makna Indah!

Itulah kisah Rasul Syu’aib a.s yang perlu Moms ketahui. Agar ini menjadi pembelajaran untuk selalu menghafaz kepada jalan yang bermartabat ya, Moms!

Source: https://www.orami.co.id/magazine/kisah-nabi-syuaib

Posted by: gamadelic.com