Keunikan Rumah Adat Kalimantan Barat

tirto.id – Masyarakat Dayak yang mewah di Kalimantan Barat punya jenis rumah adat yang unik bernama rumah jenjang. Apartemen kebiasaan kaki Dayak ini juga dikenal dengan nama lainnya, yaitu rumah bentang atau rumah radakng.

Sesuai dengan namanya, rumah sifat tersebut memiliki bentuk nan memulur dan megah. Keunikannya ini membentuk rumah panjang menjadi ikon pariwisata Wilayah Kalimantan Barat.

Keunikan puas flat panjang tentunya dipengaruhi maka itu kondisi geografis wilayah, kebudayaan, serta kepercayaan masyarakat setempat.

Konstruksi Rumah Panjang Kalimantan Barat

Rumah panjang termasuk salah satu jenis rumah adat berbentuk kancah. Bodi flat panjang enggak dibangun langsung diatas tanah melainkan ditopang oleh tiang-tiang kayu.

Salah satu diversifikasi rumah panjang yang masih terserah sekarang adalah Flat Radakng di Komplek Perkampungan Budaya, Jalan Sutan Syahrir, Ii kabupaten Baru, Pontianak.

Melansir BAPPEDA Kota Pontianak, Rumah Radakng mempunyai panjang 138 meter dan pangkat 7 meter. Karena memiliki bentuk panjang dan luas, apartemen panjang setidaknya produktif menampar seputar 600 orang di ruang utamanya.

Bahan utama pembuatan rumah tangga adalah kusen, daun sagu, bambu, dan mayat pinang. Spesies kayu nan digunakan galibnya adalah kusen belian alias ulin yang tahan terhadap cahaya merangsang atau hujan. Kayu digunakan laksana objek struktur utama apartemen, termasuk dinding dan kayu-tiang.

Suntuk, bambu dan bangkai maman biasanya digunakan sebagai lantai rumah. Selain kedua alamat tersebut, awam Dayak juga memanfaatkan kayu bulat bagi membuat tegel apartemen panjang.

Sementara itu, tarup rumah tahapan dibuat dari patera sagu. Saja, seiring berjalannya waktu, atap kondominium pangkat berangkat dibagun menggunakan material seng.

Menghafaz rumah panjang merupakan jenis rumah bekas, maka penghuninya membutukan pijakan berupa tangga untuk memudahkan akses keluar-masuk apartemen.

Menurut Kiki Ratnaning Arimbi n domestik “Berselancar Ke 34 Kondominium Adat Indonesia Yuk!” rumah tahapan setidaknya memiliki tiga buah anak tangga. Ketiga momongan tangga tersebut teletak di depan rumah serta ujung kiri dan kanan rumah.

Rumah panjang dirancang sedemikian rupa buat majemuk kekuatan, termasuk:

  • melindungi penghuninya bersumber serangan suku lain;
  • melindungi penghuninya dari risiko banjir;
  • melindungi dari ofensif sato tebal hati.

Infografik SC Rumah Adat Panjang Kalimantan

Infografik SC Rumah Kebiasaan Panjang Kalimantan. tirto.id/FUad



Keunikan Kondominium Panjang Kalimantan Barat

Rumah panjang mempunyai keunikan dari segi filosofinya. Menurut Arimbi, flat kebiasaan tersebut memiliki filosofi sesuai bentuk dan fungsinya. Makna filosofis rumah panjang adalah menggambarkan sifat kebersamaan dan toleransi antar anggota keluarga.

Selain itu, rumah sifat ini juga dibangun dengan posisi khusus, yaitu bagian hulu rumah harus berada di arah timur, provisional episode kuala harus condong ke barat. Keadaan ini melambangkan kerja gigih dalam usia, berangkat terbit matahari berpangkal (arah timur) sampai matahari terbenam (sebelah barat).

Faedah Kondominium Jenjang Kalimantan Barat

Begitu juga sebagian samudra rumah aturan nan cak semau di Kapling Air, rumah hierarki setidaknya memiliki dua fungsi, yakni fungsi tinggal dan fungsi kebiasaan.

Fungsi tinggal artinya rumah panjang berfungsi sebagai tempat adv amat bagi penghuninya. Ukuran rumah panjang yang sejenis itu luas, memuatnya bisa menampung beberapa anggota tanggungan.

Di sisi bukan terserah yang disebut dengan fungsi adat. Artinya, apartemen panjang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat bakal melakukan kegiatan adat, tercantum upacara, musyawarah, hingga mereka cipta strategi perang.

Kebaikan lainnya yang muncul setelah zaman semakin modern adalah memfungsikan kondominium panjang bagaikan panggung wisata.
BAPPEDA
Daerah tingkat Pontianak menyebutkan bahwa apartemen panjang bisa dimanfaatkan bakal mengganjur wisatawan dengan tata kegiatan seni dan budaya.

Sehingga, rumah panjang sedikitnya punya fungsi-kemustajaban berikut:

  • Perumpamaan bekas tinggal penghuninya;
  • Laksana tempat untuk melaksanakan kegiatan masyarakat;
  • Sebagai tempat bikin melangsungkan upacara dan ritual adat;
  • Sebagai korban tamasya.

(tirto.id –
Pendidikan)


Penulis: Yonada Nancy

Editor: Yantina Debora



Source: https://tirto.id/keunikan-rumah-adat-panjang-kalimantan-barat-fungsinya-gnTB

Posted by: gamadelic.com