Kenapa Saat Menstruasi Perut Sakit

Kamis, 09 Juni 2022 15:11 WIB

Nyeri Haid, Berbahayakah?

Responsive image

4059

Elsa Savitrie, SKM, M.Kes – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang


Setiap wanita karuan mengalami yang namanya
tamu bulanan. Tamu ini kadang disertai rasa remai yang luar biasa tapi cak semau juga nan biasa saja.

Guncangan haid biasanya muncul beberapa hari menjelang menstruasi sampai beberapa masa setelah menstruasi. Rasa lindu ini banyak digambarkan oleh wanita misal kram perut yang memencar setakat ke pinggang, punggung, selangkangan, dan vagina. Selain nyeri ataupun kram, wanita yang mengalami remai haid juga tak jarang mengalami sejumlah gejala lain, seperti lindu majikan, mual, berak air, dan lemas.

Ada linu haid yang perlu perhatian khusus dan tak boleh diabaikan

Remai Haid Nan Perlu Pikiran Khas

Umumnya sih hampir semua wanita mengalami dismenorea pada perut bagian radiks ketika mengalami menstruasi. Ada kalanya gempa bumi ini bisa menyebar sampai ke jejak kaki pangkal, bahkan paha. Memang ada nyeri haid ringan yang boleh diabaikan, tapi ada sekali lagi nyeri nan sangat parah dan penis perhatian khusus. Bisa jadi keadaan ini menandai nyeri haid yang berbahaya dan tak boleh diabaikan. Ambillah, berikut gejala-gejala senggugut nan berbahaya.

  1. Remai haid nan invalid cenderung mengganggu aktivitas sehari-perian.
  2. Nyeri yang tidak membaik dengan penggunaan obat antinyeri.
  3. Nyeri haid yang abnormal terjadi secara lain teratur tiap bulan.
  4. Mual dan kadang-kadang muntah.
  5. Tinja encer.
  6. Nyeri saat kencing campakkan air samudra momen haid.
  7. Sakit ketua dan pusing.

Gejala-gejala di atas boleh muncul sebelum atau saat menstruasi dimulai. Kondisi di atas dapat berdeging dua hingga empat periode. Saja, untuk kasus yang parah boleh tarik urat kian lama. Yang wajib digaris bawahi, bila perdarahan yang terjadi layak banyak, maka rasa sakit juga akan makin lebih.

Awasi Penyebabnya

Berikut ini yakni sejumlah problem penyebab senggugut tak terderita yang mungkin menyebabkan wanita pelik hamil:

1. Endometriosis

·         Endometriosis yakni kondisi ketika jaringan yang menyerupai lapisan dinding rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan ini bisa bertunas di indung telur maupun indung telur, tuba falopi, vagina, hingga kandung kemih dan saluran pencernaan.

·         Selain dismenorea yang berlebihan, endometriosis dapat menimbulkan gejala linu saat buang air kecil, darah haid yang keluar bertambah banyak, rasa sakit ketika berhubungan berahi, serta gangguan pencernaan, seperti mana berak air dan sembelit.

·         Bila tidak diobati, endometriosis tak hanya menyebabkan nyeri haid selit belit, tapi kembali memengaruhi kesuburan seorang wanita. Beberapa studi menunjukkan bahwa hampir sekitar 50 uang wanita yang mengalami endometriosis punya keluhan sulit hamil.

2. Miom

·         Miom alias fibroid alat pencernaan adalah tumor jinak di dalam ataupun di sekitar ki gua garba. Gejala fibroid karib proporsional dengan endometriosis, sekadar dapat disertai gejala perut kembung atau nafkah bagian bawah terasa tertekan. Jika ukuran fibroid rahim cukup besar, kondisi ini sampai-sampai bisa menyebabkan perut tampak membelenting.

·         Fibroid tidak hanya menyebabkan senggugut, tapi sekali lagi menurunkan tingkat kesuburan dan meningkatkan risiko kelulusan.

3. Radang panggul

·         Radang panggul yakni peradangan puas dukung dan radas-organ di dalamnya, terjadwal rahim, ovarium, dan tuba falopi, akibat infeksi, misalnya chlamydia ataupun trikomoniasis. Wanita nan menderita radang panggul berulangulang merasakan kram maupun ngilu menstruasi nan lebih selit belit.

·         Radang dukung bisa menyebabkan pembentukan jaringan codet pada ovarium, rahim, dan tuba falopi. Hal ini bisa membuat jauhar susah mencapai terungku telur, sehingga wanita yang mengalami radang panggul akan bertambah jarang lakukan hamil.

4. Adenomiosis

·         Adenomiosis yakni kondisi yang terjadi saat lapisan permukaan sinus rezeki (endometrium) tumbuh di dalam dinding otot perut. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri momen haid serta pendarahan yang deras dan berlarat-larat saat menstruasi (menorrhagia).

·         Belum jelas apakah kondisi ini bisa memengaruhi kesuburan atau tidak, hanya beberapa penelitian menunjukan adanya prospek tersebut.

·         Bila Anda mengalami nyeri haid yang kebolehjadian disebabkan oleh bilang ki aib di atas, tambahan pula sekiranya sudah mengalami penyakit kesuburan, Kamu seyogiannya berkonsultasi ke dukun kandungan untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan nan tepat.

Biaya siluman Meringankan Remai Haid

Buat menggombeng dismenorea yang dirasa mengganggu, Sira bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Minum air hangat

Minum air hangat maupun teh jerangau dapat membantu meringankan rasa linu sekaligus mengatasi rezeki kapuk yang dirasakan detik haid start. Tak hanya baik lakukan meredakan ngilu, minum air hangat atau teh jahe juga dapat mencegah dehidrasi.

2. Kompres air hangat

Buat meredakan remai haid yang mengganggu, Dia sekali lagi dapat menggunakan kompres hangat. Caranya yakni dengan menempelkan jambang yang berisi air hangat, handuk panas kuku, atau sendal penghangat (heating pad) di perut ataupun bekas kaki.

Kompres area perut atau punggung selama 15–20 menit sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

3. Konsumsi zat kapur

Makanan yang banyak mengandung kalsium, antara lain susu dan komoditas susu lainnya, biji wijen, kacang almond, serta sayur berwarna plonco. Jenis makanan ini dipercaya efektif untuk meredakan senggugut. Jika Sira ingin mengonsumsi suplemen zat kapur, ada baiknya konsultasikan kian dahulu ke dokter.

4. Kurangi kafein

Mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi minuman berkafein boleh kondusif mengurangi kram dan nyeri saat haid. Perlu diingat bahwa kafein tak hanya terdapat di kopi, sekadar juga pada teh dan soda.

5. Hindari

junk food

Junk food atau lambung cacat vitamin sering kali takhlik perut menjadi rangkiang dan nyeri haid nan dirasakan semakin hebat. Beberapa spesies perutjunk food nan perlu Anda hindari saat menstruasi, antara tak mi instan dan makanan cepat hidangan.

6. Lakukan relaksasi

Saat Anda medium stres, dismenorea nan unjuk adakalanya semakin hebat. Oleh karena itu, coba bikin teknik relaksasi moga tubuh lebih rileks dan senggugut yang dirasakan enggak semakin parah.

7. Sport secara teratur

Bakal sport yang Anda suka, sama dengan berenang, mendayung, atau tetapi urut-urutan cepat di sekitar lingkungan flat. Memadai 3 mana tahu tiap-tiap minggu atau sekitar 30 menit untuk tiap sesi latihan jasmani.

8. Hentikan kebiasaan merokok

·         Wanita yang merokok galibnya mengalami nyeri haid nan lebih parah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok dari sekarang jikalau ingin mengurangi remai haid.

·         Jika Dia merasakan lindu haid selit belit dan sulit mengandung kendati sudah menjalani program hamil sepanjang bertahun-hari, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke genekolog.

Referensi :

https://www.alodokter.com/benarkah-linu-haid-pertanda-sulit-hamil

https://www.halodoc.com/artikel/7-logo-ngilu-haid-nan-berbahaya

https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/guncangan-haid-tanda-penyakit-berbahaya/

Source: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/28/nyeri-haid-berbahayakah

Posted by: gamadelic.com