Kata Kata Sastra Penuh Makna

Moms, hampir setiap tungkai atau kewedanan di Indonesia memiliki perkenalan awal-kata bijak dengan heterogen bahasa, salah satunya Sunda. Lamun terdengar asing dengan kata-perkenalan awal bijak Sunda, belaka tidak ada salahnya untuk mengetahuinya.

Sunda sendiri dikenal dengan bahasa dan logat wicara yang khas, ialah dengan nada bergelombang.

Sebagian orang Sunda sekali lagi dikenal melafalkan leter F menjadi P. Menurut penjelasan ilmiah, hal ini karena fonem F memang tidak dikenal intern aksara Sunda (Kaganga) plong zaman tinggal.

Bersuara kata-kata bijak Sunda, banyak hal yang boleh Moms pelajari di dalamnya. Sebab, alas kata-kata bijak Sunda memiliki makna serius tentang semangat.

Kejadian ini sangat setuju bagi Moms yang medium merasa lelah, capek, dan putus asa.

Kata-kata bijak Sunda ini juga bisa Moms kirimkan kepada n antipoda, keluarga, alias teman sebagai penyemangat.

Nah, mari kita simak prolog-pembukaan bijak Sunda di bawah ini.

Baca Juga:
Lirik dan Makna Lagu Suatu Nusa Satu Nasion, Abstrak dengan Chord dan Sejarahnya!

Introduksi-Pengenalan Bijak Sunda Berangasan

Wanita sedang Piknik

Foto: Wanita madya Piknik (inspiringtips.com)

Beragam kata-pembukaan bijak banyak dicari oleh masyarakat, salah satunya bahasa Sunda.

Pembukaan-alas kata bijak Sunda kembali tidak kalah menjujut dan memiliki makna nan serius.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak Sunda serta artinya yang bisa Moms renungkan ataupun kirim ke seseorang laksana penyemangat.

1. “Saban masalah fulanah dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha langgeng salira tiasa nahana.” (Setiap masalah yang hinggap sekarang, bukan bikin menjatuhkan, tetapi bagi menguji seberapa kuat kita bisa menahannya).

2. “Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh.” (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

3. “Sacangreud pageuh sagolek pangkek.” (Segala apa yang kita cak bagi harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

4. “Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku aksi mah sarua jeung ngabodor.” (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan aksi setara saja dengan bercanda)

5. “Perbuatan ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sendirian nanging anggéur katémbong masihan cahyana.” (Jangan merasa sedih karena merasa seorang. Lihat rembulan, dia juga sendiri doang tetap memberi cahayanya)

6. “Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira.” (Sebelum memberi petuah dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

7. “Hirup mah ragam loda gaya tapi kudu loba duit.” (Usia itu jangan banyak kecondongan tapi harus banyak duit)

8. “Napsu nyaeta hiji perkawis si polan mipiboga celak samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu abadi.”
(Nafsu ialah suatu keadaan yang bersifat sementara yang makin dulu disukai daripada keadaan-hal yang kuat)

9. “Bobot pangayun timbang taraju.” (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

10. “Kudu silih asih, silih asah, jeung ganti asuh.” (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan pula saling mengasuh antarsesama manusia)

11. “Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun si fulan hoyong nuturkeun jalurna.” (Allah akan memasrahkan jalan bagi basyar yang mau mengikuti urut-urutan-Nya)

12. “Kalakuan ngukur rok sasereg raga.” (Jangan hanya melihat seseorang berpangkal luarnya doang)

13. “Sagala kebobrokan nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha langgeng anjen tiasa nahana.” (Semua masalah yang datang masa ini, bukanlah bikin menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat seberapa kuat kalian dapat menahannya)

14. “Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku udang rebon tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu perantaraan boga kadaharan pikeun di tuang.” (Sebelum kita menggerutu akan halnya apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak basyar-anak adam nan tidak mempunyai nafkah sebabat sekali)

Baca Juga:
15 Pohon Perunding untuk Kesehatan, Ada Kunyit, Jahe, Serai, Serasa, Kayu Manis, dan Masih Banyak Lagi

15. “Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!” (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup)

16. “Gusti moal sare.” (Tuhan tidak perantaraan tidur)

17. “Upami anjeun henteu tiasa ngalakukeun hal-hal hébat, ngalakukeun hal-hal leutik ku cara anu saé” (Seandainya kamu lain bisa berbuat hal-peristiwa hebat, lakukan kejadian-hal kecil dengan cara yang hebat)

18. “Dinten ieu mangrupikeun kasempetan pikeun ngawangun énjing si dia anjeun pikahoyong” (Periode ini merupakan kesempatanmu bagi membangun hari esok yang engkau inginkan)

19. “Entong kaduhung naon si polan ngajantenkeun anjeun seuri” ( Jangan gabungan meratapi yang membuatmu tersenyum)

20. “Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali” ( Segala sesuatu punya keayuan, tetapi lain semua sosok bisa meluluk)

21. “Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok.” (Harus punya tekad dan spirit yang pantang mengaret)

22. “Sacangreud pageuh sagolek pangkek.” (Apa nan kita buat harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

23. “Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih.” (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu peristiwa tersebut)

24. “Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh.” (Kegagalan adalah kunci keberhasilan. Setiap kesalahan mengajarkan kita mantra)

25. “Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing.” (Meskipun tak berlari, tapi janganlah diam)

26. “Bisa teh karena resmi, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.” (Dapat itu karena biasa, kita tak akan boleh membereskan masalah jikalau tidak jamak kena ki aib)

Baca Juga:
Mengulik Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Mitosnya

Kata-Kata Bijak Sunda Jenaka

Perempuan Main Handphone

Foto: Perempuan Main Handphone (thesun.ie)

Berikut ini prolog-kata bijak Sunda kocak nan cocok dikirimkan teman kerjakan menyemangati sekaligus menghibur.

27. “Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.” (Tunak mesem meskipun hatinya sedang bersedih ialah ciri-ciri berpangkal cucu adam yang hebat, langgeng dan banyak jerawat.)

28. “Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.” (Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau enggak diolah.)

29. “Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.” (Nan namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.)

30. “Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh mie walah.” (Sobat ingat roh itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.)

31. “Lamun isap polah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar.” (Sekiranya hidup jangan lurus-harfiah amat seperti belebas.)

32. “Ragam kotong atma usaha teh, inget cicileun masih panyang.” (Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.)

33. “Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.” (Semua perjalanan yang enggak diharapkan pasti kerjakan indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi berbahagia.)

34. “Maneh mah sedih mun maca anak kunci novel tragedi, kuring mah sedih mun maca daya tabungan.” (Sira tuh sedih pas baca buku novel tragedi, jikalau aku trenyuh patut baca kancing tabungan aku.)

35. “Ceuk Buta huruf kudu loba lunak, perbuatan loba salto.” Kata Umi harus banyak kepala dingin, jangan banyak salto.

36. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri pula jarang ngobrol.)

37. “Lunak bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah menggadang nyalip dina kenca” (Panjang usus bro, rejeki itu camar ngikutin. Cuma kadang kesusahan senang nyalip berusul sebelah kiri.)

Baca Juga:
Pesona Pantai Pandawa, Destinasi Wisata Nomine Study Tour Sekolah dan Kampus

38. “Kuring jomblo enggak pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas” (Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi pun golput. Soalnya belum ada saringan yang layak.)

39. “Ulah waka sombong sungguhpun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah.” (Jangan berlagak seandainya belum boleh balap motor sambil dikunci stang )

40. “Wanita lebih memilih suami-laki goreng pas daripada adam goreng eigendom.” (Wanita lebih memilih maskulin dengan tampang jelek daripada lanang dengan nafkah yang jelek)

41. “Benur lunak kusabab boga hate. Coba lamun udang rebon boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia” (Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku memiliki batu. Udah ku tabokin provokasi itu ke mukamu.)

42. “Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro” (Susah kalo suka sama hamba allah nan tidak doyan kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

43. “Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir.” (Terus aku harus gini, terus aku harus gitu, terus-terus emangnya aku ini tukang parkir.)

44. “Mulai sekaran, abdi ingin nambulan semen biar strong.” (Tiba sekarang aku mau ngemil mani kendati kuat.)

45. “Hese mah tong kabawa hees.” (Rumpil itu jangan dibawa tidur.)

46. “Leger nanya iraha kawin, engkeh gek apal lamun abdi ngulem.” (Jangan tanya pada saat pertalian, nanti juga tahu takdirnya saya undang.)

47. “Ki kesulitan mah tong diperpanjang, da tak STNK.” ( Kelainan itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK. )

48. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau juga koteng juga musykil ngobrol.)

49. “Tetap menjebloskan senajan ulin kaditu, ulin kadieu tanpa bandingan.” (Tetap mengurung meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan.)

50. “Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga rambut kelek.” (Semangat ini simpel, jangan dibikin susah dan keriting mewah rambut beruk.)

51. “Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg.” (Orang baik sekarang musykil, sebagaimana gas LPG 3 Kg.)

52. “Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun tentu bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.” (Semua perjalanan yang tidak diharapkan tentu bakal sani pada waktunya. Itu lagi sekiranya juga beruntung.)

Baca Sekali lagi:
Hari Serapah Perjaka: Sejarah, Tema, Pedoman Pelaksanaan Peringatan dan Prinsip Memaknainya

Introduksi-Pengenalan Bijak Sunda Cinta

Perempuan Balas Chat

Foto: Kuntum Balas Chat (videohive.seser)

Nah, kata-alas kata bijak Sunda cinta ini cocok cak bagi dikirimkan kepada pasangan.

Dijamin perikatan Moms dengan pasangan semakin dempet. Yuk simak.

53. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho” (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-siuman sampai pangling)

54. “Terkadang pami bosor makan geus terpatok, ati ucing oge karasa legit siga coklat” (Kadang-kadang kalau gelojoh sudah terpaku, tai kucing pula terasa nikmat laksana coklat.)

55. “Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.” (Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

56. “Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan.” (Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

57. “Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting zakiah tur enak ka tempona.” (Cinta yang tulus itu ibarat kejai sutra yang direndam 7 tahun tujuh malam. Kendatipun kata lawan abu, tapi menurut demap yang penting ceria dan lezat dipandang.)

58. “Urang tanpamu perumpamaan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr.” (Aku tanpamu, umpama nasi punar hilang karetnya, ambyarrr.)

59. “Cinta neng ka aa moal leungit-leungit sanajan neng geus kawin deui.” (Cinta neng sama abang enggak akan hilang walau neng sudah lalu kombinasi lagi.)

60. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho.” (Kenangan mulia detik bersama denganmu akan terus diingat-pulang ingatan sampai lupa.)

61. “Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Ari sia makhluk Angry Birds.” (Kalau punya pacar yang cepet marah, rangkul terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds.)

62. “Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil).” (Cintaku setimbang sira laksana juru bank nan lagi nagih ketinggalan (ngikutin terus). )

Baca Juga:
10 Dampak Aborsi, Mulai berasal Remai Dukung, Infeksi sampai Reaksi Sentimental

Perkenalan awal-Prolog Bijak Sunda Lemes

Perempuan sedang Tertawa

Foto: Pemudi sedang Tertawa (Orami Photo Stock)

Kata-kata bijak Sunda lemes ini akan mewujudkan Moms atau siapapun yang membacanya tertawa. Yuk kita simak.

63. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.” (Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja meski cepet sembuh setimpal pengen dijenguk sambil diamplopin duit.)

64. “Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui sungguhpun masih menta kakolot mah.” (Umur itu jangan banyak inginnya, justru masih minta sama orangtua.)

65. “Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.” (Sayang beliau itu liar, paling kecil bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener ceria.)

66. “Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.” (Aku jomblo bukan karena nggak laris, tapi juga golput. Soalnya belum suka-suka pilihan nan cukup.)

67. “Sanajan urang jalma teu boga, tapi urang aksi. Ketimbang maneh jalma boga tapi menta ka bapa.” ( Biarpun aku orang nggak punya, tapi aku aksi. Daripada kamu orang berpunya, tapi minta sama buya.)

68. “Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah.” (Jangan banyak omong kalau enggak dapat takhlik yang lebih bagus.)

69. “Pasti peurih sih walaupun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan.” ( Pasti perih seandainya diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kongsi koteng.)

70. “Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah berlian yang kau piceun.” ( Suatu ketika akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

71. “Urang sabar kusabab boga hate. Coba biarpun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia.” ( Aku lunak karena punya lever. Coba seandainya aku memiliki batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

72. “Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Ketimbang lila bobogahan, tapi dikawin batur” ( Lebih baik menjomblo terus pertalian. Daripada lama cak berpacaran, tapi dinikahin orang lain.)

73. “Semoga kamu cepet putus sepadan kabogoh dia yang mukanya ledug kaya keresek gehu nan sararoek itu.” ( Hendaknya kamu cepet putus sama tabo beliau yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi nan sobek-sobek itu.)

Baca Juga:
Mengenal 9 Pengampu Songo, Para Tokoh Penyebaran Ajaran Islam di Pulau Jawa

Kata-alas kata Bijak Sunda Kahuripan yang Mumbung Motivasi

Bahagia

Foto: Bahagia

Kata-prolog bijak Sunda kahuripan ini bisa menjadi pengungkit arwah bagi mungkin saja nan sedang dilanda gundah gulana. Kahuripan yang berfaedah hidup.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai ki dorongan diri sendiri, tetapi kata-alas kata bijak Sunda kahuripan ini juga bisa dibagikan ke sarana sosial untuk generator banyak orang lho.

Berikut perkenalan awal-kata bijak Sunda kahuripan:

74. “Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah dapat nyaho iraha eren na.” (Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pertautan adv pernah bilamana cak jongkok berdenyut.)

75. “Aya kahayang bari henteu jeung dibarengan ku propaganda mah sarua jeungg ngabodor.” (Jikalau ada kemauan tapi tak dibarengi operasi itu sekufu aja ngelawak.)

76. “Kagagalan tina hiji koalisi camar nyaeta keadaan anu biasa. Wanci benur boleh bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu asing biasa.” (Kegagalan dalam hubungan kerap ialah hal nan sangat umum. Kita bisa kambuh berpangkal kegagalan, yang bermanfaat kita boleh menjadi orang nan asing biasa.)

77. “Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa.” (Sekali kamu katakan tak bisa. Maka di sana juga anda kekeringan kesempatan cak bagi bisa.)

78. “Misalkeuna aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikeun urang” (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi kebobrokan, sebab Tuhan pasti memberikan jalan untuk kita semua.)

79. “Meskipun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean.” (Bila kamu menginginkan suatu yang belum asosiasi kamu miliki, maka kamu teristiadat lakukan satu hal yang belum pernah kamu lakukan.)

80. “Jadikeun kahirupan di dalam dunia berharta-berlimpah keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan.” (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti penjelajahan maupun sama dengan melalui suatu jalan.)

Baca Juga:
4 Resan Teristiadat Bagi Nabi Beserta Artinya yang Harus Diyakini dan Diteladani, Masya Yang mahakuasa!

Cukuplah, itu dia Moms prolog-alas kata bijak Sunda mulai dari bergairah, lucu, cinta, hingga lemes.

Semoga introduksi-pengenalan bijak Sunda di atas membantu pulihkan spirit Moms, ya!

Source: https://www.orami.co.id/magazine/kata-kata-bijak-sunda

Posted by: gamadelic.com