Kata Indonesia Yang Jarang Digunakan

10 Introduksi Bahasa Indonesia Yang Jarang Di Gunakan

10 Kata Bahasa Indonesia Yang Jarang Di Gunakan

Sekarang ini banyak kata bahasa Indonesia yang sangat terik digunakan ya kerumahtanggaan keseharian. Sahaja, karena kita sudah teristiadat menunggangi perkenalan awal yang gegares kita tangkap suara atau lihat terbit sarana sosial, alias dari ucapan sekalian seseorang yang lazimnya merupakan bahasa asing ataupun bahasa gaul. Tahukah engkau alas kata yang masa ini jarang digunakan? Simak penjelasannya:


1.




Mangkus

Pengenalan mangkus mungkin terdengar asing di zaman masa ini, karena pengenalan ini yaitu kata lama bahasa Indonesia yang bermakna setinggi dengan efektif. Dalam Kamus Osean Bahasa Indonesia mangkus berarti mustajab, pahit lidah, manjur, efektif, berhasil, guna.


2.




Sangkil

Kata sangka mungkin terdengar asing di zaman sekarang, karena kata ini merupakan kata lama bahasa Indonesia yang berarti sama dengan efisien. Jadi, istilah efektif efisien boleh kita sebut pula sebagai mangkus sangkil. Dalam Kamus Osean Bahasa Indonesia sangkil bermakna berdaya khasiat, efisien.


3.




Nuraga

Prolog ini mungkin lagi pelik di dengar, tapi arti dibaliknya sejenis itu indah yaitu simpati.


4.




Gawai

Intern kehidupan sehari-tahun kita biasa menjuluki laptop, handphone, maupun tablet dengan sebutan gadget. Ternyata kerumahtanggaan bahasa Indonesia, sebutan kata gadget yang moralistis adalah perlengkapan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia peranti berarti peranti elektronik ataupun mekanik dengan fungsi praktis.


5.




Panasea

Selain selit belit di dengar prolog panasea pun memiliki maslahat nan ki akbar yaitu obat untuk segala penyakit maupun kesulitan.


6.




Salindia

Ketika mengamalkan presentasi di sekolah, khotbah, ataupun palagan kerja, tentu kita menggunakan slide untuk mempermudah pengutaraan serta pemahaman audiensi. Slide yang biasa kita ucapkan ternyata merupakan bentuk kata asing, sementara sebutan pengenalan slide yang sopan dalam bahasa Indonesia yakni salindia.


7.




Candala

Berikutnya suka-suka kata candala yang memiliki arti tidak kalah indah, yakni merasa cacat diri.


8.




Selampai

Selampai tak lepas semenjak aktivitas sehari-hari kita. Tapi, mengapa terdengar asing ya? Kata kacu memang sukar diucapkan di zaman masa ini. Namun, tahukah kamu bahwa alas kata mandil ternyata merupakan sebutan lain berusul tisu n domestik bahasa Indonesia.


9.




Daring

Alas kata daring erat kaitannya dengan internet dan seringkali kita ucapkan dalam sukma sehari-sehari, apalagi di zaman gawai begitu juga momen ini. Daring merupakan akronim dari ‘dalam jaringan’, dan dalam bahasa Indonesia, kata daring bermakna selevel dengan online.


10.




Swafoto

Meskipun agak familier di kalangan remaja, tetapi istilah swafoto masih terdengar asing bagi beberapa anak adam. Istilah swafoto bertambah dikenal dengan sebutan selfie dalam bahasa gaul. Sementara kerumahtanggaan Kamus Raksasa Bahasa Indonesia swafoto berarti potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera HP ataupun kodak digital, biasanya cak bagi diunggah ke media sosial.

Nah, itulah 10 kata formal dalam bahasa Indonesia yang jarang digunakan.  Sebaiknya bermanfaat.

Source: https://eventkampus.com/blog/detail/2918/10-kata-bahasa-indonesia-yang-jarang-di-gunakan

Posted by: gamadelic.com