Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Sholat Taubat

AKURAT.CO,Salat Taubat merupakan salat dalam tulang beragangan untuk memohon belas kasihan Allah Swt karena dosa-dosa nan sudah lalu diperbuat.

Sebagai manusia biasa, pasti kita bukan persaudaraan luput dari kesalahan baik itu yang disengaja alias tidak disengaja.

Oleh sebab itu, Salat Taubat sangat disunahkan bagi setiap muslim agar dalam hidupnya selalu berusaha menjadi pribadi yang lain merugi.

baca juga:
  • Cerita Buzzer Tobat: Saya Mau Tobat Ustaz, Apakah Allah Mau Menerimanya?
  • Selalu Bersyukur sampai Berbaik Sangka, Ini 5 Tips Hidup Bahagia Menurut Selam
  • Doa Nabi Adam ketika Bertobat kepada Allah Usai Tergusur bermula Surga

Allah Swt berucap:

Kapan Waktu yang Tepat Melaksanakan Salat Taubat - Foto 1
istimewa


Artinya: “Dan (pula) orang-basyar nan apabila mengerjakan kelakuan virulen atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lewat memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa juga yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka bukan meneruskan kelakuan kejinya itu, madya mereka mengetahui.”

Darurat internal keseleo satu hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan maka dari itu Imam Abu Dawud, Imam Ahmad dan Pendeta Tirmidzi dijelaskan:
“Apabila suka-suka orang yang melakukan satu perbuatan dosa, kemudian engkau berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan salat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Tuhan karuan mengampuninya.”

Dahulu, pron bila musim yang tepat melaksanakan Salat Taubat?

Sejatinya, Salat Taubat tak ada ketentuan perian yang jamak seperti halnya salat lima waktu. Justru salat ini sangat dianjurkann buat dikerjakan sesegera mungkin seiring dosa nan telah diperbuat. Maka, Salat Taubat enggak boleh diundur-undur atau ditunda pelaksanaannya baik ketika siang waktu ataupun lilin batik hari.

Sebagian jamhur berpendapat bahwa musim yang paling utama melaksanakan Salat Taubat merupakan pada sepertiga malam atau berbarengan dengan salat tahajud. Akan tetapi, salat ini dilarang dilaksanakan bilamana-saat tertentu di antaranya:

1. Saat surya terbit setakat matahari mendaki sepenggalah.
2. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
3. Berangkat dari sholat Ashar hingga matahari terendam.
4. Saat matahari persis di paruh-tengah hingga terlihat condong.
5. Ketika menjelang syamsu tenggelam hingga benar-benar transendental tenggelamnya.

Wallahu a’lam.[]

Source: https://akurat.co/kapan-waktu-yang-tepat-melaksanakan-salat-taubat