Kapan Islam Masuk Ke Indonesia

Album Masuknya Islam ke Indonesia dan Perkembangannya

Selasa, 05 Jul 2022 10:30 WIB

Terdapat banyak teori yang menegaskan sejarah masuknya Islam ke Indonesia kala itu. Teori-teori ini pun diperkuat oleh sejumlah bukti yang mendukung.
Ilustrasi. Terwalak banyak teori yang menegaskan sejarah masuknya Islam ke Indonesia rasi itu. Teori-teori ini kembali diperkuat maka dari itu sejumlah bukti yang mendukung. (iStockphoto/cihatatceken)




Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Hal ini tak terlepas dari ki kenangan panjang masuknya Islam sampai berkembang luas ke masyarakat.

Namun, ada beberapa versi memori masuknya

Islam


ke Indonesia. Mulai berbunga para petualang


Arab

, Gujarat-India, sampai Persia. Berikut penjelasannya.



Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Ada banyak teori nan mengistimewakan tadinya mula masuknya agama Islam ke masyarakat Nusantara rasi itu. Teori-teori ini diperkuat makanya sejumlah bukti yang kondusif adanya jejak kontan proses masuknya Islam ke persil air.

1. Teori Makkah

Bersendikan teori Makkah, sejarah masuknya Selam ke Indonesia terjadi lega abad ke-7 Masehi. Beberapa sejarawan meyakini agama ini dibawa oleh para pelimbang muslim dari Arab yang menclok ke Persil Air.

Salah satu buktinya karena beberapa sumber dari naskah China historis memanggil ada sekelompok orang Arab yang bermukim di pesisir barat Pulau Sumatera sreg 625 Masehi.

Pada momen itu sebenarnya pesisir barat Pulau Sumatera adalah kawasan kontrol Imperium Sriwijaya nan berideologi agama Buddha. Namun, suka-suka kreasi provokasi nisan yang bertuliskan Syekh Rukunuddin wafat pada 672 Masehi di wilayah tersebut.

Sumber lain menerangkan bahwa para pengelana Arab melakukan aktivitas perdagangan di Nusantara, kemudian menikah dengan penduduk sekitar. Tak hanya membangun keluarga, mereka juga berdakwah di dalam negeri.


2. Teori Gujarat

Bilang mata air tak meyakini album masuknya Islam ke Indonesia terjadi saat para pedagang Gujarat atau India datang pada abad ke-13.

Mulanya, para pedagang menjejakkan kaki di Malaka, kemudian berekspansi ke Indonesia. Khususnya di pesisir barat Sumatera.

Menurut teori ini, kehadiran pedagang muslim India ke Indonesia yang membawa tanzil Islam babaran Kerajaan Samudera Pasai.

Salah satu buktinya adalah ditemukannya makam Malik As-Alim nan adalah salah satu pendiri Kekaisaran Samudera Pasai. Corak jirat kuba Malik As-Saleh disebut mirip dengan nisan yang suka-suka di India.

Corak jirat ini juga disebut mirip dengan nisan makam Maulana Malik Ibrahim, riuk satu anggota Wali Songo yang terkenal berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia.


3. Teori Persia

Menurut teori ini, sejarah masuknya Islam ke Indonesia juga terjadi sreg abad ke-13 namun melangkahi para perantau Persia atau kini dikenal laksana Iran. Kejadian ini lain pemaafan dari munculnya beberapa kesamaan budaya Islam di Indonesia dengan Timur Tengah.

Keseleo satu contohnya adalah kaligrafi di rayuan nisan yang cak semau di Indonesia. Selain itu, juga karena ada kesamaan seremoni tabok di Bengkulu dan tabuik di Sumatera Barat yang hampir persis dengan bangsa Persia.

Para ahli tarikh juga mengimani Islam ikut ke Indonesia karena para pendatang Persia lantaran banyak alas kata-kata nasion Persia intern hikayat Melayu, Aceh, hingga Jawa.

Namun bilang pihak menegur aliran Islam bangsa Persia adalah Syiah. Sementara arus Islam yang berkembang pesat di dalam negeri adalah Sunni.

Gif banner Allo Bank



Lanjut sebelah…


Album Masuknya Selam ke Indonesia dan Perkembangannya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220704173441-574-817100/sejarah-masuknya-islam-ke-indonesia-dan-perkembangannya

Posted by: gamadelic.com