Juz Berapa Surat Al Mulk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia nonblok

Surah ke-67
al-Mulk

الملك



Kerajaan
  • Pustaka Arab
  • Interpretasi Kemenag
Klasifikasi Makkiyah
Keunggulan tidak Tabarak
(Maha Jati)[1]
Juz Juz 29
Jumlah ruku 2 ruku’
Besaran ayat 30 ayat

Surah Al-Mulk
(bahasa Arab:
الملك‎,”Kekaisaran”) yakni surah ke-67 kerumahtanggaan al-Qur’an. Surah ini tergolong dokumen Makkiyah, terdiri atas 30 ayat. Dinamakan Al Mulk yang penting
Kerajaan
di ambil berbunga kata Al Mulk nan terdapat puas ayat pertama salinan ini. Surat ini disebut juga dengan
At Tabaarak
yang signifikan Maha Tahir.

Terjemahan

[sunting
|
sunting perigi]

Dengan keunggulan Allah Nan Maha Pengasih, Maha Pemurah.

  • Dipermuliakanlah Kamu, Nan dalam TanganNya terdapat Kerajaan, Dialah Nan Maha Kuasa terhadap apa sesuatu, Yang menciptakan Maut beserta Hidup cak agar Dia menguji kalian, siapakah dari kalian yang berperilaku paling baik, sungguh Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Pengampun; Yang mutakadim menciptakan tujuh langit; bahwasanya dirimu tidak melihat pada ciptaan Yang Maha Pemurah, sesuatu hal yang tidak seimbang, maka pandanglah berulang-ulang, adakah ia memandang sesuatu nan tidak sama? kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan lagi kepada dirimu, dengan tiada menemukan satu yang cacat; tentatif penglihatanmu sekali lagi dalam keadaan teklok.
    Ketahuilah bahwa telah Kami hiasi langit nan karib dengan berbagai bintang, serta Kami jadikan berbagai bintang itu sebagai alat-perangkat penghalau setan, serta telah Kami sediakan buat mereka, Azab Neraka yang bergejolak. (Ayat:1-5)
  • Bahwa cak bagi sosok-khalayak yang kafir terhadap Tuhan mereka; telah disediakan Azab Jahannam serta tempat kesudahan terburuk, tatkala orang-orang itu dicampakkan ke dalamnya maka terdengar kritik kedahsyatan menggema, hampir-karib tempat itu meledak lantaran geram.
    setiap sekelompok hamba allah dicampakkan ke dalamnya, para penjaga bertanya kepada makhluk-sosok itu: “Belumkah seorang pemberi peringatan hadir kepada kalian?” orang-cucu adam itu berkata: “Bukan demikian, sungguh telah hadir seorang pemberi peringatan kepada kami, kemudian kami mendustakan serta kami berkata: “Sang pencipta tidak menugasi sesuatu pun; kalian tidak tak dalam kesesatan nan parah.” serta orang-orang itu merenjeng lidah: “Sekiranya kami mendengar atau menimang-nimang niscaya kami tak termasuk golongan penghuni Neraka yang bergejolak” basyar-manusia itu mengakui dosa-dosa mereka, sehingga golongan penghuni Neraka nan bergejolak itu dihinakan. (Ayat:6-11)
  • Ketahuilah bahwa sosok-orang yang menghormat secara ghaib terhadap Tuhan mereka, orang-orang tersebut akan memperoleh absolusi beserta upah luar jamak.
    maka rahasiakan congor kalian alias ungkapkan, ketahuilah bahwa Dia Maha Mengetahui isi kalbu, bukankah Dia Maha Mengetahui hal-hal nan telah Ia ciptakan? sungguh Dialah Yang Maha Menyelidiki, Maha Mencerna, Dialah Nan menyediakan bumi supaya memungkinkan untuk kalian tinggali, maka berjalanlah di segala penjurunya serta makanlah sebagian rezekiNya, bahwa kepada Dia sebagai Kebangkitan. (Ayat:12-15)
    “Apakah kalian merasa aman terhadap Sira Yang Berada di langit, yang sanggup menjungkirbalikkan bumi menjalari diri kalian sewaktu dunia gonjang-ganjing?

    maupun apakah kalian merasa kerukunan terhadap Dia Nan Berlimpah di langit, yang sanggup menimpakan badai keras? esok kalian akan memahami seperti apa AncamanKu!” ketahuilah bahwa kaum-kaum sebelum orang-turunan itu mutakadim menengkar, maka sungguh berpenunggu KegeramanKu! (Ayat:16-18)
  • Dan tidakkah mereka menghakimi zakar-kalam yang mengembangkan sayap maupun memicing sayap yang ki berjebah di atas mereka? tiada nan mencegat hal demikian selain Yang Maha Pengasih. Sungguh Dialah Nan Maha Mengawasi barang apa sesuatu. (Ayat:19)
    “Atau siapakah nan menjadi tentara bagi kalian yang sanggup menolong kalian selain Nan Maha Pengasih?” orang-individu dahriah tidak tak rani n domestik keadaan mengkhayal.
    : “Atau siapakah orang yang memberi peranakan kalian detik Allah menahan rezekiNya?” nan sebenarnya orang-basyar itu teguh berlimpah n domestik keangkuhan serta penghindaran; maka apakah orang yang berjalan secara sembarangan dengan paras yang kegalauan ialah lebih terbentuk? ataukah orang yang berjalan tegap di kolek yang tepat. (Ayat:20-22)
  • Katakanlah: “Dialah Nan menumbuhkan kalian serta Nan menganugerahkan pendengaran, penglihatan, beserta akal untuk kalian.” betapa sedikit kalian berterima kasih!

    Katakanlah: “Dialah Nan menjadikan kalian berkembang biak di marcapada, bahwa kepada Dia, kalian dihimpun.”

    Dan cucu adam-hamba allah itu mengatakan: “Kapankah Ancaman itu terjadi apabila kalian memang golongan nan etis?”

    Katakanlah: “Ketahuilah bahwa keterangan adapun perkara tersebut berbenda di sisi Yang mahakuasa, bukan main aku hanyalah seorang pemberi peringatan.” maka detik manusia-orang itu menyaksikan perkara tersebut di aribaan mereka, muka manusia-orang kafir menjadi merengut, serta diserukan: “Inilah yang dahulunya burung laut kalian tuntut.”

    Katakanlah: “Terangkan kepada diriku, apabila Almalik nan mematikan diriku beserta basyar-orang nan bersama dengan diriku, maupun apabila Dia yang menganugerahkan Rahmat lakukan kami. akan cuma siapakah nan menaksirkan golongan kafir menghadapi Azab yang pedih?” Katakanlah: “Dialah Allah Nan Maha Penyayang, kami berketentuan kepada Beliau, serta kepada Dia, kami menaruh kepercayaan, belakang hari kalian akan mengetahui siapakah nan berada dalam kesesatan yang parah.” (Ayat:23-29)
  • Katakanlah: “Jelaskan kepada diriku ketika sumber air kalian mengering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir kerjakan kalian?” (Ayat:30)

Hubungan dengan Surah At-Tahrim

[sunting
|
sunting sumber]

Dalam surat At Tahrim diterangkan bahwa Allah mencerna barang apa taktik, menengah puas surat Al Mulk ditegaskan lagi bahwa Allah memahami apa trik karena Sang pencipta menguasai seluruh liwa yang menjadi tempat dimananya kita lahir

Aliansi Dengan Surah Al-Qalam

[sunting
|
sunting sumber]

1. Pada akhir dokumen Al Mulk, Allah mengancam insan yang lain bersyukur kepda nikmat Allah[2]
dengan menohorkan bumi atas mereka, madya privat kopi Al Qalam diberikan contoh akan halnya hukuman terhadap individu-orang yang enggak berlega hati terhadap gurih Almalik.

2. Kedua surat ini sama-sama memberikan gaham kepada orang-turunan kufur.

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    Departemen Agama RI.2007.Al-Qur’an dan Terjemahannya Al-Jumanatul ‘Ali Seuntai Loklok Nan Maha Sani.Bandung:J-Art

  2. ^


    “3 Mak-nyus Allah Yang Sering Dilupakan Manusia”.
    Hasan Prayoga. 2022-11-21. Diarsipkan berbunga versi asli tanggal 2022-11-22. Diakses tanggal
    2016-11-25
    .




Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]

  1. ^ Surah Al Mulk


DoaIslam



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-Mulk

Posted by: gamadelic.com