Jurusan Kriminologi Ipa Atau Ips

Jurusan Kriminologi, photo by kat wilcox on pexels

Adakah Sobat Pintar yang kepingin kuliah Jurusan Kriminologi? Ataupun… barangkali Jurusan Kriminologi masih terdengar baru buatmu, Sobat?

Mau tahu kian banyak tentang Jurusan Kriminologi? Di mana kuliah Jurusan Kriminologi? Dan bagaimana probabilitas ke depannya? Mari, sinikepoin.

Kriminologi: Ilmu Sosial nan Multidisiplin



Photo by niu niu on Unsplash

Jika
ngomonginsoal tindak kriminal, apa nan ada di pikiranmu, Sobat? Detektif begitu juga Sherlock Holmes? Serial
Crime Scene Investigation? Sejurus. Sebelum terlalu jauh berasumsi, kita cari sempat lampau tentang apa itu Kriminologi.

Kriminologi adalah mantra yang mempelajari akan halnya karas hati dan penyebabnya di masyarakat. Alih-alih mantra sains, Kriminologi adalah ilmu sosial nan berfokus sreg eksplorasi tentang tipe, penyebab, hingga pengendalian karas hati. N domestik Kriminologi ada Hobatan Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Biologi, Album, Geografi, Strategi, Makulat, Psikologi, dan Psikiatri.

Makara, kuliah Jurusan Kriminologi itu
nggak
ada investigasi nan kayak serial
Criminal Minds,
gitu?
Yang kayak Sherlock Holmes bawa lup ke mana-mana, gitu?

Teknik-teknik pendalaman tindak kriminal juga dipelajari di Jurusan Kriminologi
kok,
Sobat. Selain penelitian sosial, mahasiswa Jurusan Kriminologi lagi belajar tentang suji sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, bahkan jejak darah.

Namun yang lebih penting, kuliah Jurusan Kriminologi takhlik kita belajar tentang karas hati dan bagaimana mengendalikannya beralaskan pada penelitian empiris. Pemahaman, penjelasan, perhitungan, penangkalan, sampai strategi peradilan meja hijau adapun kejahatan diperoleh bermula penyelidikan kriminologi.

Segala apa saja yang dipelajari momen ceramah Jurusan Kriminologi? Beberapa mata kuliah yang ditemui mahasiswa Jurusan Kriminologi merupakan:

– Sistem Peradilan Meja hijau

– Strategi Pencegahan Ki kebusukan

– Etnografi Kejahatan di Indonesia

– Kenakalan Anak

– Kejahatan Terencana

– Kejahatan Mileu

– Manajemen Industrial Sekuriti

– Jurnalistik Investigasi

– Psikologi Kriminal

– Amatan Risiko Kejahatan

– Bisnis dan Kejahatan
White-Collar

– Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kriminologi

– Pengendalian Sosial Kejahatan

– Ilmu masyarakat Kehakiman Meja hijau, dll.

Terbatas: Jamiah Jurusan Kriminologi di Indonesia



Photo by niu niu on Unsplash

Tak banyak kampus nan menelanjangi Jurusan Kriminologi. Perguruan tinggi Jurusan Kriminologi di Indonesia masih dapat dihitung dengan jari. Inilah tiga universitas dengan Jurusan Kriminologi di Indonesia:

1. Perkumpulan Indonesia

Jurusan Kriminologi UI menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hobatan Kebijakan.
And did you know,
Sobat? Jurusan Kriminologi UI yaitu yang pertama ada di Indonesia!

Tiga konsentrasi alias peminatan yang ditawarkan oleh Jurusan Kriminologi UI, yaitu:

– Penegakan Hukum

– Jurnalistik

– Ki kebusukan Transnasional.

2. Universitas Budi Mulia

Gemuk pada Fakultas Hobatan Sosial dan Guna-guna Garis haluan, akreditasi Jurusan Kriminologi Khuluk Luhur waktu ini yakni B. Jurusan Kriminologi Universitas Budi Luhur direkomendasikan buat Sobat Pintar nan ingin belajar mengenai:


Crime Journalism Investigation


Cyber Crime.

3. Universitas Islam Riau

Adakah kampus bikin kuliah Jurusan Kriminologi di luar Jawa? Jawabannya adalah Jurusan Kriminologi Perguruan tinggi Selam Riau yang berada di Pekanbaru. Malar-malar, Jurusan Kriminologi di Fakultas Mantra Sosial dan Hobatan Kebijakan ini ialah satu-satunya momen ini nan diselenggarakan makanya kampus Selam.

Biarpun tak banyak pilihan kampusnya, penggemar Jurusan Kriminologi cukup tingkatan – bahkan Jurusan Kriminologi UI. Lega SBMPTN 2022, Jurusan Kriminologi UI menerima 27 saja calon mahasiswa baru dengan peminat mencapai 1.400 orang plong tahun sebelumnya. Apakah dia akan menjadi salah suatu peminat Kriminologi UI pula, Sobat?

Tunggu dulu, Sobat Pintar. Jangan memilih satu jurusan ceramah tertentu sebelum dia mengajuk rangkaian tes Minat Ampuh. Jikalau memang Jurusan Kriminologi adalah rekomendasi terbaik buatmu, sesuai dengan minat dan kemampuanmu, maka mantapkan perjuanganmu kerjakan masuk UI.

Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Kriminologi, baik di kampus kawasan ataupun swasta, Sobat Pintar tak harus berusul dari kelas bawah IPA atau IPS. Saja radiks ia tahu, Ilmu Kriminologi takkan terasa terlalu asing untuk Sobat Pintar yang sudah dempet dengan pelajaran Ilmu masyarakat di sekolah.

Alumni Jurusan Kriminologi: Prospek Kerja dan Masa Depannya



Photo by niu niu on Unsplash

Peminatan yang dipilih momen kuliah dapat mempegaruhi pilihan pegangan alumni Jurusan Kriminologi. Alumni Jurusan Kriminologi UI, misalnya, banyak yang meniti jalan hidup menjadi staf ahli BNN, Komnas HAM, BNPT, KPAI, Komnas Kuntum, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Departemen, maupun di plural perusahaan.

Doang ada profesi-profesi biasa di permukaan Kriminologi nan ditekuni juga maka dari itu alumni jurusan ini. Kemungkinan kerja Kriminologi nan terevaluasi baku antara lain kriminolog, analis intelijen, spesialis manajemen keamanan, jurnalis, ataupun analis data.

Angka kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Di sisi lain, profesi Kriminolog masih kurang populer. Bukankah keadaan ini membuat kemungkinan kerja Kriminologi memadai menjanjikan di periode mendatang, Sobat?

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-kriminologi-langka-di-indonesia-tapi-alumninya-sangat-dibutuhkan

Posted by: gamadelic.com