Judul Lagu Dan Daerah Asalnya

Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerahnya masing-masing. Berikut daftar lengkap lagu daerah dan asalnya dari 34 provinsi.
Ilustrasi. Daftar paradigma lagu distrik dan asalnya dari 34 distrik di Indonesia. (Foto: iStockphoto)

CNN Indonesia

Dengan luas distrik yang menghampar dari Sabang hingga Merauke, Indonesia dianugerahi beragam khazanah alam dan


budaya

. Salah satu tulangtulangan khasanah budaya yaitu lagu daerah yang dimiliki semua daerah.



Lagu area

sudah menjadi ciri khas yang mengasingkan daerah suatu dengan daerah nan lainnya.


Lagu distrik antara provinsi satu dengan provinsi lainnya sudah pasti berbeda. Baik itu terbit segi bahasa nan memperalat bahasa kewedanan setempat, juga organ musik pengiring yang digunakan.

Selain itu, kebanyakan lagu daerah ini tidak diketahui penciptanya dan sudah lalu cak semau dalam kurun musim yang lama kemudian diteruskan secara turun-temurun.

Meski kebanyakan perakit lagu daerah bukan diketahui, namun lagu negeri ini tetap populer karena pelahap dinyanyikan oleh masyarakat setempat dalam beraneka rupa kegiatan, menginjak dari upacara aturan, keagamaan, hingga bak sarana bermain.

Lagu Daerah dan Asalnya

Ilustrasi Orang BerbincangIlustrasi. Daftar lagu provinsi dan asalnya. (Foto: Istockphoto/ferlistockphoto)

Berikut ini lagu daerah dari 34 provinsi nan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

1. Negeri Nanggroe Aceh Darussalam

Setidaknya terletak tiga lagu kawasan Aceh nan cukup terkenal, yaitu Bungong Jeumpa, Piso Surit, dan Lembah Alas.

2. Provinsi Sumatra Barat

Terwalak beberapa lagu daerah asal Sumatra Barat yang cukup terkenal hingga keluar daerah. Sebut namun Mandung Den Lapeh, Badindin, Gelang Sipaku Gelang, dan Kampuang Nan Jauh di Mato.

3. Kawasan Sumatera Utara

Distrik Sumatra Utara juga memiliki lagu distrik yang sudah lalu banyak dikenal, salah satu lagu daerahnya adalah Sinanggar Tulo. Selain itu, beberapa lagu wilayah nan lainnya adalah Sing Sing So, Dago Inang Sarge, Madekdek Magambiri, dan Butet.

4. Area Riau

Laksmana Yang dipertuan di Laut dan Soleram adalah dua lagu pangkal Kawasan Riau yang terkenal. Selain itu, Riau juga memiliki lagu daerah lainnya seperti Lancang Kuning dan juga Kutang Barendo.

5. Negeri Kepulauan Riau

Terwalak dua buah lagu nan mulai sejak berusul Provinsi Kepulauan Riau, yakni Segantang Lombok dan Cangkang Ngah Balek.

6. Daerah Jambi

Injit-Injit Semut, Selempang Mayang, dan Timang-Timang Anakku Sayang yakni lagu kawasan Jambi yang tenar luas, justru sebatas di luar Jambi. Selain itu terdapat juga lagu daerah lainnya, ucap doang lagu Batanghari, Maman Taruna, dan Dodoi Si Dodoi.

7. Provinsi Sumatra Kidul

Sekurang-kurangnya terdapat tiga lagu kewedanan Sumatra Selatan nan masih eksis sampai kini. Sebut saja lagu berjudul Kebile Bile, Dek Sangke, dan juga Cuk Mak Ilang.

8. Kawasan Bengkulu

Beralih ke Kawasan Bengkulu. Wilayah nan pula dikenal sebagai Manjapada Rafflesia ini punya lagu wilayah nan masih terlatih, sebagai halnya Sungai Suci, Lalan Perunggu, dan Umang-Umang.

9. Provinsi Bangka Belitung

Yok Miak dan La Berage menjadi lagu daerah Provinsi Bangka Belitung nan masih sering dinyanyikan oleh publik Bangka Belitung sebatas masa ini.

10. Provinsi Lampung

Cukup banyak lagu negeri asal provinsi paling daksina di Pulau Sumatra nan keberadaannya masih cukup eksis hingga sekarang. Di antaranya Anak asuh Tupai, Cangget Agung, Adi-Adi Laun Lambar, Muloh Tungga, Lipang Lipandang, Marcapada Lampung, dan Teluk Lampung.

11. Distrik Banten

Tong Sarakah, Dayung Arombai, dan Jereh Bu Guru menjadi sejumlah lagu daerah yang berasal dari Banten.

12. Negeri DKI Jakarta

Gelesot ke ibu daerah tingkat, Ondel-Ondel, Lenggang Kangkung, Kicir-Kicir, Jali-Jali, Surilang, dan Keroncong Kemayoran menjadi lagu provinsi Jakarta yang masih belalah didendangkan.

13. Negeri Jawa Barat

Manuk Dadali, Bubuy Bulan, Es Lilin, Bajing Luncat, Cing Cangkeling, dan Tokecang merupakan lagu area Jawa Barat nan masih cukup sering dinyanyikan dan diajarkan di sekolah-sekolah hingga waktu ini.

14. Wilayah Jawa Tengah

Jawa Perdua menjadi area yang masih memegang setia leluri, tertulis lagu daerah. Ujar cuma lagu Jaranan, Gundul Pacul, Lir Ilir, Gambang Bangsi, dan Bapak Pucung yang masih akrab di telinga bahkan masih dinyanyikan sebagai lagu permainan maupun
sajak dolanan.

15. Negeri Negeri Spesifik Yogyakarta

Sama seperti Jawa Tengah, Yogyakarta juga masih lekat dengan budayanya termasuk dalam melestarikan lagu daerah. Tutur sekadar Suwe Ora Jamu, Sinom, Tudung Dolok, Kidang Talun, Belalang Kekek, dan Pitik Tukung.

16. Provinsi Jawa Timur

Layak mudah menemukan lagu distrik Jawa Timur. Situasi ini karena lagu-lagu tersebut mutakadim banyak dikenal luas oleh mahajana Indonesia. Ujar namun lagu Rek Ayo Rek, Keraban Sape, Cula Majeng, dan Re Sare Penang.

17. Provinsi Bali

Janger, Macepet Cepetan, Meyong-Meyong, dan Dewa Ayu adalah komplet lagu daerah Bali.

18. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Anak kambing Saya dan Potong Dendang laut Angsa menjadi lagu provinsi Provinsi NTT nan patut terkenal. Selain itu cak semau sekali lagi lagu lainnya sebagai halnya Orere, Ozon Nina Noi, dan Bolelebo.

19. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Orlen-orlen, Helele U Ala De Teang, Tutu Koda, dan Pai Mura Rame merupakan judul lagu dari daerah NTB.

20. Provinsi Kalimantan Tengah

Terdapat beberapa lagu negeri Kalimantan Tengah yang masih eksis. Sebut belaka Manasai, Tumpi Wayu, dan Pengetuk Lempong Popi.

21. Daerah Kalimantan Barat

Selain lagu Cik Cik Belanga yang sudah lalu terkenal, Kalimantan Barat juga terdapat lagu daerah lainnya, seperti Kapal Belon, Aek Kapuas, dan Masjid Jami.

22. Provinsi Kalimantan Timur

Oh Adingkoh dan Indung-Induk yakni dua lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Timur.

23. Distrik Kalimantan Kidul

Lagu Ampar-Ampar Pisang yang liriknya berbahasa Banjar ini karuan sudah banyak dikenal luas. Selain itu terserah lagu daerah Kalimantan Daksina lainnya yaitu Kacu Bapuncu Ampat dan Paris Barantai.

24. Area Kalimantan Lor

Tuyang, Bebalon, dan Pinang Sendawar adalah lagu daerah tersendiri Kalimantan Utara.

25. Provinsi Sulawesi Paksina

Beberapa lagu daerah Sulawesi Utara cukup dikenal sebatas keluar provinsi. Sebagaimana Si Patokaan, Udara murni Ina Ni Keke, dan Tahanusangkara. Selain itu masih terserah kembali Ea Mokan, Sitara Tillo, dan Gadis Taruna.

26. Kewedanan Sulawesi Tengah

Tondok Kadadingku, Posisani, dan Topi Gugu menjadi lagu daerah yang berasal berpangkal Sulawesi Tengah.

27. Distrik Sulawesi Barat

Tenggang-Tenggang Lopi dan Oh Mamuju merupakan lagu daerah Sulawesi Barat.

28. Provinsi Sulawesi Daksina

Angin Mamiri dan Pakarena menjadi salah suatu lagu yang sangat terkenal bersumber Sulawesi Selatan. Selain itu terserah juga lagu Ammac Ciang, Anak Kukang, dan Marencong-rencong.

29. Provinsi Sulawesi Tenggara

Terwalak dua lagu daerah yang berasal pecah Sulawesi Tenggara, ialah Tana Wolio dan juga Peia Tawa Gelak.

30. Distrik Gorontalo

Tahuli Li Mama, Hulonthalo Lipu’u, Moholunga, dan Dabu-Dabu menjadi beberapa lagu daerah asal Gorontalo nan masih terjaga kelestariannya.

31. Provinsi Maluku

Maluku dikenal umpama salah satu negeri yang dulu suka menyanyi. Berjenis-jenis lagu daerah masih eksis hingga momen ini malah dikenal sampai telinga masyarakat penjuru Nusantara. Tutur semata-mata lagu Amoi Manis Siapa yang Punya, Rasa Sayange, Ayo Mama, Ambon Manise, dan Dolok Salahutu.

32. Kawasan Maluku Utara

Una Kapita dan Borero menjadi lagu daerah yang pecah berusul riuk suatu distrik termuda di Indonesia.

33. Provinsi Papua

Sajojo menjadi salah satu lagu daerah sejati Papua yang cukup camar dinyanyikan dalam beraneka ragam kesempatan. Ada juga lagu E Rentak irama Simbo nan juga berasal dari Papua.

34. Wilayah Papua Barat

Apuse dan Yamko Rambe Yamko menjadi lagu daerah sumber akar Papua Barat yang memadai dikenal luas, terlebih bisa jadi di seluruh Indonesia.

Itulah daftar kamil lagu daerah yang berasal dari 34 kawasan di seluruh Indonesia.

(ahd/fef)




Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220909205842-569-866141/daftar-lagu-daerah-dan-asalnya-dari-34-provinsi

Posted by: gamadelic.com