Jenis Tendangan Dalam Pencak Silat

KOMPAS.com
– Dalam olahraga terlak terlak, pendirian mengerjakan serangan bisa dilakukan dengan teknik pukulan dan tendangan.

Ofensif terlak silat yang menggunakan kaki biasanya disebut tendangan. Sementara teknik pukulan dalam pencak terlak berharga melakukan terjangan dengan menggunakan tangan.

Dalam buku
Silat Terlak
(2015) karya Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes., AIFO., teknik tendangan dalam terlak silat dibagi menjadi beberapa tipe.

Berikut ialah ragam tendangan silat kuntau beserta penjelasannya.

Aneh-aneh Tendangan dalam Pencak Silat

  • Tendangan Lurus

Tendangan lurus adalah teknik tendangan menunggangi ujung suku dengan kaki lurus. Tendangan ini mengarah ke depan sreg sasaran dengan meluruskan tungkai setakat ujung kaki.

Tendangan yang dilakukan dengan posisi tubuh bersimbah dan pelintasan lurus ke depan disebut tendangan lurus.

Adapun, episode kaki yang akan halnya pasangan detik menendang merupakan pangkal bagian privat ruji-ruji kaki. Ketika mengerjakan tendangan literal, posisi badan menghadap ke lawan.

Baca juga: 8 Jenis Teknik Kuncian dalam Kuntau Pencak

  • Tendangan Jejag

Tendangan jejag disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya menunda ke sasaran dada maupun peranakan dengan perkenaan bekas kaki kaki munjung atau tumit.

Tendangan jejag disebut juga tendangan gejos. Dalam silat terlak, tendangan ini dilakukan dengan mengangkat lutut setinggi mana tahu lalu mendorong suku ke depan sasaran.

  • Tendangan Melingkar

Teknik tendangan dengan hentakan punggung kaki disebut tendangan bulat.

Teknik tendangan melingkar dilakukan dengan mengerjakan sikap aswa-kuda kidal, habis tungkai kanan ditendangkan ke samping dengan jejak kaki kaki. Posisi kedua tangan bernas di depan dada misal penyeimbang badan.

Pastikan ada hentakan punggung kaki detik melakukan tendangan melingkar.

Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2022 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Ahli olahraga pencak kuntau cewek Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat pangkal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final inferior B putri 50 kg sampai 55 kg Beruntung Games 2022 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.

Baca juga: 6 Jenis Kuda-aswa dalam Silat Kuntau

  • Tendangan “N”

Teknik dengan tendangan samping menggunakan hentakan telapak kaki disebut dengan tendangan “T”.

Tendangan ini biasanya digunakan bakal serangan samping dengan sasaran seluruh fragmen bodi. Tendangan ini dilakukan dengan posisi bodi menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping atau mewujudkan abjad “Lengkung langit”.

Bagian tungkai yang akan halnya sasaran yaitu fragmen ekstrem telapak tungkai.

  • Tendangan Samping

Teknik menendang dengan jejak kaki kaki disebut dengan tendangan samping.

Cara melakukan tendangan samping erat setimbang dengan teknik tendangan bulat. Bedanya, tendangan samping dilakukan dengan punggung kaki tanpa ada hentakan.

  • Tendangan Pantat

Tendangan ini hampir mirip dengan tendangan “T”. Tendangan belakang merupakan tendangan yang dilakukan dengan memutar tubuh dan membelakangi imbangan, bulan-bulanan tendangan ini adalah kepala dan peranakan lawan.

Kerumahtanggaan silat silat ketika lawan melangkah maju buat mencacat bakal tendangan belakang propaganda ini yaitu pengembangan taktik melakukan serangan pendahuluan.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap waktu dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malar-malar habis di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/06/07450068/ragam-tendangan-dalam-pencak-silat?page=all

Posted by: gamadelic.com