Jenis Tanaman Kedondong Unggulcepat Berbuah

bukalapak.com

Agrozine.id


 –


Kelezatan buah kelengkeng telah tersohor di mana-mana. Rasanya nan manis dan aromanya wangi. Buah ini juga cukup banyak mengandung berbagai ragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh badan. Permintaannya terus ada, pasarnya besar. Hal ini membuatnya menjadi pokok kayu yang cukup bakal dibudidayakan, baik bakal kebutuhan pribadi maupun menggalas.

Bagi kamu yang ingin membudidayakannya, seharusnya mengenal apalagi tinggal jenis-spesies lengkeng ulung yang cawis di kacangan. Info ini berjasa seharusnya bibit yang kamu tanam risikonya memuaskan. Berikut ini jenis-diversifikasi kelengkeng menjuarai nan layak jadi pilihan.


Diamond River

Varietas Diamond River berasala berbunga China dan yakni kelengkeng dataran cacat nan mudah ditanam dan juga mudah berbuah. Kelengkeng ini naik daun karena bentuk pohonnya yang deras dan melantur sehingga seia dijadikan Tambulapot. Etiket lain yakni produktivitasnya yang tinggi, daging tebal, manis, dengan aroma yang harum.


Itoh

Tipe ini merupakan hasil pemanjangan antara kelengkeng Diamond River dengan leci asal Thailand yang kemudian menghasilkan varietas yang dapat bertaruk dengan baik di daerah dataran rendah nan bersuhu awan cenderung semok. Kelebihan kelengkeng Itoh ialah dagingnya baplang dengan biji kecil, rasanya super manis, dan berkadar air rendah sehingga memiliki umur simpan nan lebih lama pecah biji pelir lici keberagaman lain. Pohon ini dapat berakibat sepanjang masa dengan hasil panen 50-75 kg per pohonnya.


Kateki

Lici ini ialah keberagaman nan berasal dari Pohon Emak Tunggal (PIT) properti Samiawi yang berada di Dukuh Kateki, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lengkeng ini sebelumnya dikenal dengan merek New Kristal dan setelah dilepas diberi nama Kateki sesuai asal Pit-nya. Kateki merupakan varietas leci yang di pembebasan Departemen Perkebunan musim 2022.
Buahnya beraroma renik, rasanya manis dan ukuran biji pelir yang nisbi besar antara 15,9-20,7 gr/buah. Daging buahnya tebal dengan biji kerdil serta aroma yang halus. Selain itu, kandungan airnya tidak sesak tinggi sehingga enggak becek. Daya produksi Kateki berkisar antara 50-70 kg/pohon/tahun.


Lengkeng Abang

Inilah kelengkeng yang paling kecil eksotis, disebut juga
rubi longan
karena rona kulitnya yang mirip rubi, sepersaudaraan rayuan mulia. Khalayak tumbuhan ini berbeda dengan lengkeng bukan. Penanda minimum jelas adalah perempuan muda berwarna sirah hingga merah cerah, sedangkan daun berida berwarna cokelat kemerahan. Pelepah abang, berbeda dibandingkan dengan lengkeng protokoler nan tulang daunnya hijau. Daging buah leci merah adalah nirmala bening dan juicy. Rasanya manis, format buahnya tergolong besar dengan daging buah yang lebat. Kelengkeng berma bersifat genjah, camar berusul dan berbuah tanpa bantuan zat perangsang. Pati kelengkeng merah tergolong mahal.


Matalada

Matalada yakni tanaman kelengkeng nan buahnya bertakaran layak besar dan berkulit putih. Buah matalada berdiameter 2,5—3 cm. Namanya disebut matalada karena berbiji katai dan putih sifat oleh-oleh dari tanaman ini. Adapula yang menyebutnya “biji lada”. Keunggulan lainnya, daging buahnya cukup baplang, bercat murni, dan bertekstur kesat. Buahnya beraroma harum, berdaging kering, dan membayang. Buahnya menawarkaan kecabuhan citarasa yang manis dengan daging buah lebat. Tanaman berputik umur 8 bulan dari esensi hasil sambung. Daya produksi tanaman  25—40 kg sendirisendiri pokok kayu bersumber pohon berusia 3 waktu. Karena keunggulannya tersebut, banyak orang yang menyukainya.


New Batu belanda

Meskipun awalnya kelengkeng ini lumrah ditanam di datarang tinggi, akan tetapi hingga saat ini ternyata terbukti bahwa lici jenis ini memiliki kemampuan bagi beradapsi dan tumbuh dengan baik di dataran rendah. Saja, tanaman terlazim perangsangan biji zakar di ceduk rendah. New kristal berbuah lebat meski semenjana musim hujan angin. Buahnya tergolong lautan dengan daging tebal. Ketebalan kulitnya medium dan berbiji mungil. Citarasa daging buahnya manis. Tanaman mulai berbuah usia 34 bulan dari esensi hasil sambung. Produktivitas tumbuhan yakni 50—70 kg per pohon mulai sejak pohon sukma 34 wulan.

Kunjungi Nursery Pohon Solek Keren di Daerah tingkat Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle

Tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video meruntun ini:

Source: https://agrozine.id/mengenal-jenis-jenis-kelengkeng-unggul-1/