Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Etnosentrisme

Bola.com, Jakarta –
Etnosentrisme
adalah praktik memandang dan menilai budaya turunan lain berdasarkan angka dan kepercayaannya seorang. Etnosentrisme yaitu putaran dari ilmu sosial dasar.

Istilah etnosentrisme berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, ialah ‘ethnos’ nan berarti bangsa, dan ‘kentron’, yang berharga buku. Situasi ini berarti etnosentrisme ialah bangsa yang menjadi sebuah siasat.

  • 5 Anak komidi Bintang Baru di Beker Dunia 2022: Siap-siap, Harga Transfer Meroket Ekstrem
  • Liga Italia: Jose Mourinho Ajak Luka Modric Gabung AS Roma, Sudah lalu Kerjakan Gayutan
  • Kapten Filipina Jagokan Timnas Indonesia Bintang sartan Kandidat Awet Merengkuh Trofi AFF 2022

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etnosentrisme merupakan sikap atau rukyah yang berpangkal lega masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan rukyah yang meremehkan umum dan kebudayaan lain.

Atom kebudayaan menjadi suatu keadaan yang seringkali diunggulkan maka itu seseorang atau kelompok dengan mengistimewakan sikap etnosentrisme. Beberapa unsur kebudayaan tersebut antara lain seperti bahasa, perilaku, kebiasaan, sampai agama.

Secara lebih spesifik,
etnosentrisme
yakni suatu pandangan atau persepsi yang dimiliki maka itu seorang individu ataupun kelompok mengenai penilaian kebudayaan lain.

Bani adam atau kelompok tersebut menganggap bahwa kultur miliknya diyakini makin berjaya dan baik daripada budaya lainnya. Prinsip yang satu ini lebih merujuk pada rasa bangga seorang individu atau pun kelompok secara berlebihan.

Untuk memahami kian intern mengenai etnosentrisme, terdahulu memaklumi pengertian terbit para ahli, faktor sebatas dampaknya.

Berikut ini rangkuman tentang signifikasi
etnosentrisme
dari para pandai, faktor penyebab hingga dampaknya, seperti dikutip dari laman
Dosensosiologi dan Merdeka, Jumat (19/2/2021).

Pengertian Etnosentrisme Menurut Pakar

Coleman dan Cressey

Etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok kedaerahan yang mengarah meluluk budaya mereka andai yang terbaik dibandingkan dengan sifat tamadun yang lainnya.

Hogg

Etnosentrisme adalah kegiatan yang melibatkan atribusi internal dan eksternal dalam spirit masyarakat.

Taylor, Peplau dan Sears

Etnosentrisme yakni sesuatu hal nan mengacu pada kepercayaan kerubungan masyarakat, bahwa kebudayaannya kerap bos daripada kultur yang lain.

Hariyono

Hariyono memberikan makna pada istilah etnosentrisme bagaikan suatu perasaan
in group
dan
out group
dalam pangkal sikap yang dilakukan maka itu seseorang.

Harris

Etnosentrisme adalah gaya seseorang yang menganggap kelompoknya makin baik dibandingkan keramaian yang lain sehingga keadaan ini mendorong tindakan-tindakan yang lain logis, sebagaimana melakukan kekerasan, perdurhakaan, tawuran, dan lain sebagainya.

Zastrow

Etnosentrisme ialah satu sikap yang dilakukan oleh kelompok kesukuan secara terlayang tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok sosial lainnya.

Levine dan Campbell

Etnosentrisme adalah pandangan kelompok tertentu di mana yang berpokok dari satu budaya untuk memonten budaya yang tidak yang memiliki nilai sosial berbeda dengan kebudayaannya.

Faktor Penyebab Etnosentrisme

Sejarah

Album kelompok di masa lalu bisa berubah menjadi sebuah identitas. Hal ini membuat individu alias kerumunan tersebut merasa memiliki kebudayaan dan sejarah tersebut.

Berbagai identitas tersebut, yakni berupa bahasa, adat, sampai kejadian masa lampau yang berpunca dari nenek moyang.

Variabilitas Bangsa

Bangsa Indonesia mempunyai banyak suku, ras, agama, dan golongan. Dengan kondisi nasion yang majemuk tersebut seringkali memicu dan menyodorkan banyak konflik.

Hal itu dikarenakan masing-masing agama, kaki, ras, dan suatu golongan akan buruk perut berusaha buat mereka mendapatkan kekuasaan dengan mengatasi yang enggak.

Ketatanegaraan

Ketika individu atau kelompok ingin menjejak suatu supremsi yang dilegitimasi, lazimnya akan keluih dengan sendirinya perasaan konformitas terhadap identitas nan tertuju padanya.

Hal ini lantaran politik seringkali dianggap misal suatu wadah nan tepat untuk melancarkan arti pribadi hingga keramaian.

Dampak Negatif Etnosentrisme

1. Menyebabkan konflik horizontal

Membanggakan budaya sendiri dan melihat rendah budaya lain bisa menembakkan konflik sesama warga negara. Lebih lagi jika paham etnosentrisme tersebut tak hanya melekat pada seorang hamba allah saja.

2. Mencegat integrasi

Etnosentrisme dapat menghambat tumbuhnya integrasi satu budaya. Padahal, berbagai ragam budaya tersebut dapat saling melengkapi suatu setimbang tak sehingga tidak tercipta satu konflik nan berarti.

3. Menurunkan objektivitas ilmu

Etnosentrisme dapat menurunkan kronologi ilmu pengetahuan. Sebab, seorang individu tersebut akan lebih mengedepankan sisi subjektivitas dibandingkan dengan objektivitas n domestik menilai sesuatu.

Dampak Positif Etnosentrisme

1. Mengintensifkan Vitalitas Chauvinisme

Saat seorang individu berpaham etnosentrisme, secara kodrati dirinya akan punya jiwa yang awet untuk membela identitasnya. Hal ini secara awam disebut dengan istilah semangat kebangsaan.

2. Meningkatkan Kecintaan terhadap Budaya Sendiri

Etnosentrisme dibutuhkan agar tercipta suatu rasa yang utuh saat mengenal hingga mempunyai satu kultur. Dengan sikap etnosentrisme, kebudayaan dapat dipertahankan, sebab kini rentan tergilas oleh proses globalisme serta modernisasi.

3. Menjaga Keutuhan Multikulturalisme di Ibu pertiwi

Dampak berupa berikutnya adalah dapat menjaga multikulturalisme sebagai identitas suatu bangsa. Sebab, Indonesia enggak lain kabur dengan adanya falsafah berbeda, tetapi tetap suatu jua.

Sumur:
Dosensosiologi dan Merdeka.com (Reporter: Mutia Anggraini. Published: 4/11/2020).

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4486141/pengertian-etnosentrisme-faktor-penyebab-dan-dampaknya-yang-perlu-diketahui

Posted by: gamadelic.com