Jelaskan Tentang Letak Geografis Indonesia

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mengambil alih rukyat redaksi Kompas.

Tahukah ia, Indonesia memiliki 17.508 pulau yang terbentang dari barat (Sabang) sebatas timur (Merauke). Karena banyaknya pulau ini, negara kita disebut sebagai negara kepulauan terbesar di marcapada. Sekeliling 11.464 pulau telah diberi cap dan sisanya masih belum bernama. Di samping itu, sekitar 931 pulau mutakadim dihuni insan dan sisanya belum berpenghuni.

Letak Indonesia dibagi menjadi tiga spesies, adalah letak geografis, letak astronomis, dan letak geologis.

A. Letak Geografis

Letak geografis adalah letak satu tempat berdasarkan kenyataan di permukaan bumi. Tahukah beliau, secara geografis, negara kita ini merupakan negara yang letaknya strategis. Maksudnya yaitu letak negara kita ini sangat bagus dan menguntungkan.

Negara Indonesia terletak di antara dua samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik dan juga terdapat di dua benua yakni benua Asia dan benua Australia. Jika digambarkan seperti jalan raya, letak Indonesia ini berada di silang empat jalan.

Apakah kamu senggang, seandainya suka-suka toko yang posisinya di silang empat jalan, bagaimana keadaannya? Pasti riuh-rendah pengunjungnya, sama sebagai halnya negara kita.

Letak Indonesia di antara dua samudera dan dua tanah raya ini membawa pengaruh ki akbar, merupakan:

  • Iklim laut di Indonesia dipengaruhi oleh iklim di dua samudera (Hindia dan Pasifik). Jikalau samudera pasifik, misalnya, sedang angin indra bayu, maka laut di Indonesia yang berbatasan langsung dengan samudera pasifik akan mengalami ombak besar. Begitu pula, laut selatan pulau Jawa nan berbatasan dengan samudera hindia.
  • Laut Indonesia sangat kaya dengan sumber daya umbul-umbul (hayati dan non-hayati)
  • Indonesia menjadi medan singgah orang luar negeri yang medium melakukan perjalanan internasional serta Indonesia gelojoh dikunjungi maka dari itu manusia asing kewedanan internal beraneka rupa keperluan.
  • Mudah melakukan perjalanan antarbangsa habis jalur laut.
  • Mudah untuk membeli barang berbunga negara lain (impor) lewat jalur laut.
  • Mudah untuk menjual produk ke negara lain (ekspor) adv amat sagur laut.

B. Letak Astronomis

Letak astronomis yaitu letak suatu palagan dilihat bersumber meridian dan garis lintang (buat lebih jelasnya mengenai garis ini, lihatlah globe atau peta). Jika diukur berdasarkan garis ini, Indonesia terletak di garis khatulistiwa. Maksudnya ialah letak Indonesia tepat di perdua-tengah mayapada. Area Indonesia ini memanjang bermula barat mencecah timur.

Pengaturan letak astronomis bagi Indonesia ialah sebagai berikut.

  • Karena congah di garis khatulistiwa, Indonesia beriklim tropis sehingga buruk perut mujur kilap surya setiap hari dalam setahun
  • Indonesia hanya memiliki dua masa dalam setahun, yaitu perian kemarau dan musim hujan.
  • Indonesia mendapatkan air hujan abu yang cukup (karena musim hujan angin berlangsung sepanjang 6 bulan) sehingga tanahnya subur dan sangat menguntungkan dalam kegiatan ekonomi di bidang pertanian dan pertanian.
  • Banyak variasi flora (tanaman) dan satwa (satwa) yang hidup di Indonesia karena iklim nan bersahabat.
  • Karena Indonesia memanjang dari barat ke timur, waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu Perian Indonesia Barat (WIB), Periode Indonesia Paruh (WITA), dan Periode Indonesia Timur (WIT).





  1. 1
  2. 2



Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya

Lihat Pendidikan Sesudah-sudahnya



Serah Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi beban jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE


Belum cak semau komentar. Jadilah yang permulaan cak bagi memasrahkan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)



Video Pilihan

Source: https://www.kompasiana.com/sts_santuso/611c55b906310e2ce405b762/letak-indonesia-secara-geografis-astronomis-dan-geologis-serta-pengaruhnya

Posted by: gamadelic.com