Jelaskan Tentang 4 Prinsip Geografi

Ilmu Ilmu permukaan bumi merupakan cabang ilmu yang mempelajari akan halnya gejala jasad serta fenomena yang terjadi pada cucu adam dan juga bumi. Di dalam hobatan Geografi juga terdapat banyak cagak dan juga ruang lingkup yang berdasakan puas aspek tertentu.

Dalam hobatan geografi, pun terdapat empat mandu geografi yang meliputi menghampari prinsip pendakyahan, prinsip interrelasi, pendirian deskripsi, dan kaidah korologi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai empat kaidah Geografi beserta contohnya sendirisendiri.

Inilah 4 Prinsip Geografi

Inilah 4 Prinsip Geografi

Secara umum, terdapat 4 prinsip geografi seperti mana nan diungkapkan
Nursid Sumaatmadja
dalam bukunya yang berjudul
Studi Geografi, Suatu Pendekatan dan Analisa keruangan (1988), meliputi prinsip penyebaran, prinsip interrelasi, prinsp deskripsi, dan prinsip korologi.

Tentunya, dengan mempelajari 4 mandu tersebut, kita semua boleh menganalisis fenomena yang terjadi puas permukaan bumi dengan pendirian yang sangat mudah.

Berikut ini merupakan penjelasan yang lalu komprehensif mengenai pendirian-cara geografi beserta contohnya.

Prinsip Sirkulasi atau Penyebaran (Spreading Principle)

Cara distribusi
atau
pendakyahan
merupakan salah suatu pecah catur pendirian ilmu geografi. Biasanya, prinsip penyebaran ini digunakan untuk menjelaskan seperti apa bentuk gejala dan juga fakta ilmu permukaan bumi yang terletak privat peta. Selain itu, dalam prinsip ini akan di ungkapkan mengenai perkariban antara gejala geografi yang satu dengan nan lainnya.

Keadaan ini bermanfaat untuk dilakukan karena penyebaran gejala dan lagi fakta geografi bukan merata antara kewedanan yang satu dengan wilayah yang tidak. Dalam penelitian ini, kaidah pendakyahan digunakan untuk mengetahui persebaran akomodasi pendidikan yang cak semau.

Tujuan enggak adanya mandu penyabaran yakni bakal mendedahkan korespondensi antara fenomena yang satu dengan fenomena yang tak secara mondial dan merata.

Selain itu, khasiat adanya prinsip penyebaan ini yaitu untuk bisa memfaalkan hal dimasa nan akan nomplok. Seperti teladan proses penyebaran potensi air yang berbeda-beda dari distrik nan satu dengan wilyah yanga lainnya.

Prinsip Interelasi alias Keterkaitan (Interrelationship Principle)

Prinsip koalisi
atau istilah lainnya yakni
keterkaitan. Di sini, mandu interrelasi digunakan untuk menganalisis bagaimana gayutan antara gejala fisik dan gejala non badan. Prinsip interrelasi, dapat digunakan bagi kuak seperti apa gejala dan pula fakta Geografi puas area tertentu.

Akan halnya fungsi bukan berbunga prinsip interelasi ini merupakan bakal menelaah hubungan yang sebelumnya telah tersapu, adalah antara suatu gejala dengan gejala yang lainnya dalam satu urat kayu. Sebab, didalam cara ini intensi utamanya adalah untuk menguraikan kekeluargaan yang ada dalam suatu ruang.

Adanya keterkaitan antara khalayak dan sekali lagi tunggul adalah berbuah pada dibutuhkannya prinsip keterkaitan atau istilah lainnya adalah hubungan sebab dan akibat. Selain itu, prinsip interrelasi ini juga dapat terjadi sreg antara alam dengan alam, antara manusia dengan pan-ji-panji, dan juga antara menusia dengan khalayak.

Cara Deskripsi atau Penggambaran (Descriptive Principle)

Kaidah diskripstif
maupun istilah bukan menyebutnya
prinsip penggambaran
adalah prinsip geografi yang selanjutnya akan kita periksa. Disini, prinsip deskripsi privat guna-guna geografi dapat digunakan sebagai gambaran lebih lanjut lagi tentang gejala dan juga kelainan geografi yang akan dianalisis.

Kaidah deskripsi, tak sahaja mengilustrasikan deskripsi kerumahtanggaan bentuk kar saja, tetapi juga menampilkan dalam bentuk diagram, taben, dan pula tabel. Cara deskripsi yang digunakan dalam penyelidikan, bertujuan untuk merepresentasikan data internal bagan tabulasi klasifikasi, dan pun peta.

Akan halnya fungsi berasal mandu deskripsi ini merupakan digunakan perumpamaan penjelasan yang lebih mendalam lagi, serta buat memberiakan karakteristik yang spesifik menngenai gejala-gejala geografi. Ilmu permukaan bumi nan menganut cara ini ditunjukan untuk mengambarkan seperti segala fenomena geosfer.

Tentu hal ini memerlukan adanya mandu deskripsi yang kemudian disajikan melangkahi gambar, tulisan, grafik, tabulasi, yang didasarkan atas fakta dan realita nan suka-suka. Seperti mana pembuatan tabel angka jumlah pengangguran di provinsi jawa barat.

Prinsip Korologi ataupun Keruangan (Chorological Principle)

Prinsip korologi  juga biasa disebut dengan istililah
mandu keruangan. Dengan menggunakan prinsip ini, kita akan bisa menganalisis gejala, fakta, dan masalah ilmu permukaan bumi ditinjau dari penyiaran, interrelasi, dan pula interaksinya dalam pangsa.

Kaidah ini merupakan gabungan berasal tiga mandu ilmu permukaan bumi yang telah disebutkan diatas, yakni mandu penyebaran, prinsip interrelasi dan prinsp deskripsi.

Adapun kekuatan dari prinsip korologi yakni buat mencari gejala, persoalan, maupun fakta yang terletak sreg suatu gelanggang. Cara ini sekali lagi teragendakan privat ciri-ciri geografi bertamadun.

Eksemplar Cak bertanya Prinsip Geografi

Contoh Soal Prinsip Geografi

Contoh Kaidah Pendakyahan

Sebagaimana kita ketahui bersama bahawa, aliran flora dan dabat di Indonesia ini tidak sama antara daerah yang satu dangan kawasan yang lainnya. Karuan hal ini menunjukan bahwasanya terwalak implementasi mulai sejak pendirian distribusi di Indonesia.

Contoh selanjutnya yakni persebaran potensi air yang berbeda-cedera antara daerah yang satu dengan kawasan nan lainnya, baik itu di Indonesia maupun di negara manapun dibelahan bumi.

Situasi ini berdampak terhadap potensi tanah nan dalammenghasil tanaman yang berkualitas. Selain itu juga akan berdampak pada kesenjangan, merupakan ada daerah nan mudah ditanami, sahaja ada yang sebaliknya.

Contoh Prinsip Interrelasi

Contoh dari prinsip interrelasi adalah terjadinya fenomena banjir bandang akibat dari penebangan hutan secara terlarang di wilayah pangan Hulu. Fenomena ini menjukan bahwa terletak prinsip interrelasi yaitu riil gejala sosial masyarakat dengan dampak nan terjadi ataupun gejala raga.

Artinya, terwalak keterkaitan yang sangat erat antara perbuatan maupun aktifitas yang mutakadim dilakukan manusia, nan kemudian bedampak pada terjadinya air bah bandang dan sekali lagi kerusakan lingkungan bendera yang terjadi.

Contoh Prinsip Deskripsi

Contoh dari kaidah deskripsi adalah pendeskripsian satu data menggunakan tabel, seperti data total master di Kabupaten Jember, atau bisa juga data kuantitas pengangguran di kabupaten Jember.

Contoh lain ialah data bermula BMKG yang menjelaskkan tentang data curah hujan dalam intern satu hari di wilayah kabupaten jember. Eksemplar terahir adalah grafik dan lagi denah nan mediskripsikan tentang kempeng tektonik pada suatu negara.

Contoh Cara Korologi

Contoh dari kaidah korologi adalah dalam meneliti tentang terjadinya fenomena hujan diwilayah tertentu, maka terlebih terlampau harus mendapatkan data tentang penyebab terjadanya hujan, dan sekali lagi dampak segala apa saja yang akan ditimbulkan akibat terjadinya hujan abu.

Contoh lain adalah untuk meneliti keburukan master mega, maka yang terlebih tinggal harus diteliti yaitu perbedaan temperatur antara di perkotaan dan di pedesaan. Selain itu, peyebab master master di pedesaan, serta supremsi besaran pohon dipedesaan di bandingkan dengan perkotaan.

Source: https://workamerica.co/prinsip-geografi/

Posted by: gamadelic.com