Jelaskan Tanda Tanda Hari Akhir

Pengertian Musim Kiamat: Keberagaman, Pertanda dan Hikmahnya
– Semua yang bernyawa akan lengang, entah itu yang telah berusia lanjur, dewasa, muda, anak-momongan, bahkan bayi lagi bisa nyenyat kapan saja. Namun, tidak ada satu orang pun yang memafhumi kapan kematian lusa. Plong akhirnya semua cucu adam di seluruh mayapada akan mengalami mortalitas, tak seorang juga akan hidup kekal abadi. Peristiwa tersebut dinamakan sebagai kiamat.

Sama begitu juga kematian, kiamat juga tidak akan cak semau nan boleh menebak atau memprediksi. Meski khalayak itu memiliki kecerdasan luar biasa, peristiwa terjadinya yaumul akhir tidak akan gayutan dapat diketahui kapan waktunya akan tiba.

Maka nan terbiasa kita persiapkan sebagai bekal menghadapinya adalah amal baik selama spirit yang akan menyelamatkan kita semua berpangkal pedihnya hari hari akhir. Sebelum menclok, akan suka-suka tanda-tanda yang mengawali situasi lautan tersebut. Bagaimana perspektif kiamat dalam agama Islam dan barang apa saja isyarat kiamat?

Pengertian Musim Yaumul Menurut Islam

Kiamat atau penghabisan zaman kerumahtanggaan agama Islam merupakan kejadian puncak dari semua roh nan ada di bumi ini kasatmata hancurnya alam seberinda beserta isinya termuat manusia dan makhluk lainnya. Enggak ada seorang makhluk pun yang bisa lolos dari kiamat. Umat Selam wajib meyakini adanya hari hari pembalasan sebagai tanda keimanannya kepada Halikuljabbar SWT.

pengertian kiamat

Hari akhir merupakan awal semenjak semangat nan sebenarnya akan dilalui maka dari itu manusia. Sebab, spirit yang kita jalani sekarang adalah fana ataupun darurat. Sementara itu spirit yang kekal abadi ialah roh di alam darul baka akan datang. Bagi individu Allah SWT nan beriman, bertaqwa, menjalankan segala apa perintah, dan menyingkir larangan-Nya selama kehidupan akan mendapatkan kebahagiaan sesudah melewati kiamat jemah dengan ganjaran nikmat yang abadi di internal indraloka.

Sementara makhluk yang tidak beriman dan tidak menjalankan perintah serta banyak berbuat dosa tanpa bisa bertaubat ketika spirit akan merasakan penderitaan pasca- yaumul akhir yaitu turut ke n domestik api neraka. N domestik Al-Qur’an banyak ayat yang menjelaskan datangnya periode kehancuran ini, salah satunya dalam Al-Qur’an arsip Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

“Sesungguhnya tahun yaumul akhir itu pasti akan datang, bukan ada sedikitpun keraguan kepadanya. Sungguh Sang pencipta akan membangkitkan siapapun yang ada di n domestik alam kubur”.

Beriman kepada Sang pencipta berjasa juga harus mengimani barang apa peristiwa yang terjadi atas kehendak Allah sama dengan kiamat. Apabila umat Islam percaya akan adanya kiamat, maka wajib mengetahui isyarat datangnya hari penutup ini yang dapat ditemukan plong resep Ensiklopedia Kiamat.

Ensiklopedia Kiamat

Beli Buku di Gramedia
Sinopsis Gerendel

Roh akhirat yaitu keadaan gaib; tirainya tidak bisa disingkap oleh turunan, setajam apa pun akalnya, sebening apa pun hatinya. Maka, pengetahuan tentangnya namun diperoleh lewat informasi dari Allah dan Rasul-Nya. Dan faktanya, permakluman-maklumat itu mutakadim disampaikan enggak doang internal bentuk isyarat dan simbol-simbol. Tuhan Swt. dan Rasulullah saw. telah membeberkannya kepada kita secara kilat-terangan dan rinci, sehingga tidak ada pula alasan cak bagi ragu. “Eksiklopedia” Kiamat menghimpun, mengomentari, menganalisis, dan mempersalahkan nas-nas pecah Alquran dan sunah yang sahih adapun maut dan alam akhirat, berikut berbagai rupa pendapat ulama yang berkembang di seputar nas-nas itu, seperanggu-lengkapnya. Menghimpun tiga buku sukses terdahulu. Kiamat Katai dan tanda-Tanda Yaumul Ki akbar; Yaumudin Lautan; dan Surga dan Neraka. buku ini menyantirkan, sejelas-jelasnya, pengembaraan sosok dan suasananya menginjak dari maut, duaja barzakh, peniupan sangkakala yang naik daun itu, kebangkitan, mahsyar, syafaat, tula, shirath (jembatan), sampai akhirnya kayangan dan neraka, dua pos penghabisan perjalanan turunan.

Jenis-jenis Akhir zaman

Sebelum mengetahui barang apa tetapi isyarat kiamat, maka kita harus tahu bahwa kiamat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra dan hari akhir kubra.

1. Kiamat Sugra

Kiamat sugra atau disebut misal yaumul akhir kecil adalah mortalitas yang terjadi plong sebagian manusia Sang pencipta. Kematian seseorang yang disebabkan karena ki aib maupun bencana pataka begitu juga air sebak, tsunami, kapling longsor, kebakaran, dan kecelakaan merupakan contoh dari kiamat sugra.

Meskipun dinamakan kiamat kecil, hari pembalasan sugra merupakan keadaan dapat menyebabkan hilangnya atma internal jumlah yang banyak seperti situasi tsunami di Aceh tahun 2004 yang meninggalkan banyak kisah sedih sampai perian ini. Bagaimana ratusan ribu nyawa melayang akibat terkait derasnya ombak tsunami yang diawali dari bencana gempa marcapada berkapasitas asing biasa momen itu.

2. Yaumul akhir Kubra

pengertian hari kiamat

Peristiwa tsunami Aceh tahun 2004 merupakan salah suatu kejadian samudra yang perpautan terjadi. Doang bila dibandingkan dengan yaumudin kubra alias kiamat besar, tsunami aceh hanyalah peristiwa kecil. Momen hari akhir kubra cak bertengger, seluruh manusia di bumi ini akan sirna dan tak akan cak semau yang tercecer satupun berpangkal mereka.

Seluruh dunia akan hancur karena besarnya peristiwa ini. Rumah yang dibangun dengan megahnya akan hancur, monumen-monumen bersejarah di dunia lain akan lagi dapat berdiri, semua konstruksi yang terserah akan hilang kerumahtanggaan hitungan sekejap. Itulah besarnya peristiwa akhir zaman kubra.

Jika pada kiamat sugra mungkin beberapa diantaranya ada yang memiliki pertanda sebagai halnya orang yang mati akibat nyeri akan bisa dilihat tanda-tandanya ataupun orang yang sunyi akibat bencana alam sebelumnya dapat merasakan cap-tanda akan datangnya bencana tersebut, malah ada juga yang tidak n kepunyaan perlambang karena cepatnya situasi tersebut terjadi.

Akan tetapi, pada hari pembalasan kubra tanda-tandanya jelas dapat dirasakan dan sudah dijelaskan dengan detail dalam Selam. Lalu begitu juga segala isyarat kiamat yang akan terjadi pada hari akhir nanti? Berikut beberapa perlambang datangnya kiamat kubra nan sekali lagi bisa Grameds pelajari melalui sendi Stempel-Merek Hari akhir.

tombol beli buku

Sinopsis Sentral

Kiamat yakni hari kehancuran antarbangsa dan segala kehidupan yang suka-suka di dalamnya. Peristiwa ini yaitu sebuah keniscayaan, namun tak ada nan mengetahui secara karuan kapan terjadinya, kecuali Tuhan Sang Penyusun alam segenap. Umpama bentuk kasih cangap-Nya, Allah mengajarkan isyarat kiamat itu kepada Utusan tuhan-Nya untuk disampaikan kepada umatnya. Informasi tentang tanda-tanda yaumul akhir tersebut termuat dalam beberapa titah mutasyabihat yang multi takwil dan mengandung faedah kiasan. Situasi itu yakni tuntutan dari taklif agama seyogiannya “perlambang kiamat” menjadi objek kompetisi di area ujian ini. Dajjal yakni salah satu tanda kiamat yang masih menjadi tanda soal untuk sebagian besar orang, siapa dan pada saat munculnya? Beralaskan riwayat hadis tentang sosok Dajjal berikut tanda-tanda yaumudin lainnya seperti Imam Mandi, Nabi Isa, Ya’juj-Ma’juj dan Dabbatul Ardh, Badiuzzaman Said Nursi menjelaskan pamrih dan makna tersirat di balik ungkapan perkataan nabi nan mengandung arti kiasan tersebut. Dengan penjelasannya yang mantiki, akal busuk kita akan tercerahkan dan hatipun turut bertambah keimanan.

Cap-label Kiamat Menurut Islam

tanda tanda kiamat menurut islam

a. Munculnya Dajjal

Datangnya Dajjal adalah pertanda kiamat sudah sangat sanding. Dajjal merupakan khalayak Allah yang punya ciri-ciri tubuh ialah bersurai ikal dan belaka mempunyai satu mata di jihat kiri dikarenakan alat penglihatan kanannya buta. Pada bagian dahi tertulis alas kata kafir. Dajjal akan keluar di sebuah tempat yang bernama Haud Tiberias.

Dengan kekuatannya, Dajjal mampu memerintahkan langit untuk memangkalkan hujan abu karena sebelumnya akan terserah kemarau yang tataran. Disebabkan karena kemarau, semua tanaman dan hewan akan mengalami kesusahan. Namun, Dajjal bakir memerintahkan bumi untuk menyuburkan petak sehingga membuuat tumbuhan dan membuat hewan ternak dapat berkembang dengan baik.

Kemampuan asing normal Dajjal yang lain yaitu beliau berada menghidupkan orang nan sudah sunyi. Dengan kemampuannya tersebut, banyak sosok yang akan mengikutinya karena menganggap dia akan menganggap dirinya bagaikan Yang mahakuasa. Siapapun nan mengikutinya maka sira akan mendapatkan surga, dan siapa-siapa yang memerosokkan ajaran bakal mempersembahkan maka beliau akan mendapatkan siksaan yang amat pedih malar-malar akan dibunuh jika menolaknya.

Sesungguhnya apa nan dijanjikan makanya Dajjal merupakan kedewaan merupakan neraka untuk Tuhan dan orang-khalayak yang berpendirian teguh dan hanya menyembah Tuhan sebagai Sang pencipta akan selamat dari neraka Allah. Dajjal akan berkuasa kurang lebih sepanjang 40 hari di bumi.

Sebagaimana yang tersurat dalam Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan makanya Anak lelaki Majah,
“Empat puluh perian, namun sehari bisa kaprikornus satu hari, kali satu bulan, siapa suatu ahad, darurat musim-tahun lainnya akan sejajar dengan apa nan kalian rasakan sekarang”.

Kenali peristiwa ini lebih dalam berdasarkan pengabaran Al-Qur’an serta Hadits yang ada melalui buku Label-label Yaumul nan boleh kamu dapatkan hanya di Gramedia!

Namun privat hadits tersebut, 40 perian berkuasanya Dajjal tak disebutkan apakah 4o periode seperti waktu di dunia atau 40 periode menurut peristiwa yang bukan, tidak dijelaskan bertambah rinci. Datangnya Dajjal tidak serta merta mewujudkan bumi makmur, melainkan ia akan mengamalkan kerusakan yang menyebabkan bumi bertabur.

b. Kemunculan Padri Mahdi

Tanda-keunggulan kiamat yang kedua yakni munculnya Padri Mahdi. Namun, Imam Mahdi bukanlah tera, melainkan bagaikan julukan yang diberikan untuk seseorang yang diutus oleh Allah.
Imam dalam bahasa Arab berarti pemimpin, sedangkan Mahdi berarti orang yang mendapatkan petunjuk. Maka, Imam Mahdi merupakan utusan Allah nan dijadikan pejabat dan telah diberikan wahyu.

Ciri-ciri Imam Mahdi diantaranya ialah ia merupakan salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW, berkening lebar, dan hidungnya mancung. Imam Mahdi datang lakukan memerangi kekejaman Dajjal yang sudah berkuasa sebelumnya. Kehadirannya akan menumpas segala bentuk kelakuan yang dilakukan Dajjal.

Hal ini untuk menunjukkan kebenaran kepada umat insan bahwa ajaran yang diberikan oleh Dajjal merupakan nubuat yang sesat dan memerintahkan umat manusia bakal kembali ke kronologi yang sopan meyakini Tuhan umpama suatu-satunya Tuhan.


Rekomendasi Buku: Huru Hara Kiamat

Huru Hara Hari Kiamat

Beli Buku di Gramedia
Sinopsis Sosi

Umur bumi sudah bertongkat sendok. Berbagai peristiwa bencana alam nan menelan mangsa nyawa dan harta, mulai dari banjir bandang, kebakaran hutan, pemanasan global, tanah longsor, angin angin indra bayu, giri meletus, nyeri, dan sebagainya, adalah sebagian buktinya. Itupun belum ditambah dengan wabah beberapa penyakit, plus munculnya ki kesulitan nan hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Senyatanya, semua batu yang terjadi, tidaklah hampa dari pesan-pesan ilahi. Seakan alam mengingatkan bani adam agar pulang ingatan akan perangainya yang sudah tidak layak untuk mengemban amanah kekhalifahan di muka manjapada. Juga mengingatkan, akan hayat kuat pasca kehidupan fana ini.”

c. Turunnya Nabi Isa As

Pendeta Mahdi enggak akan sendiri dalam memerangi Dajjal. Nabi Isa As lagi diutus Allah cak bagi turun lain membawa nubuat dan syariat baru, melainkan mengapalkan visiun yang sudah diberikan sebelumya yaitu Iman Kepada Almalik.

Turunnya Nabi Isa telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Inskripsi Ali Imran ayat 55

“Allah Berkata : Hai Isa, aku akan mewafatkan dan mengangkatmu kembali padaku, menyucikanmu pecah orang-orang kafir dan menjadikan orang-sosok nan mengikutimu atas orang yang kafir hingga kiamat mulai. Kepada-Ku dia pula dan aku beri keputusan tentang segala apa nan diperselisihkan olehmu”.

Nabi Isa punya ciri-ciri adalah badannya lain terlalu tinggi dan tidak sekali lagi pendek, rambutnya berombak dan panjang terderai hingga pundak, dadanya rataan, dan memiliki kulit yang kemerah-merahan. Menara putih di sebelah Timur Ii kabupaten Suriah menjadi tempat turunnya Nabi Isa ke dunia.

Turunnya Nabi Isa sebagai isyarat kiamat yaitu bersama Imam Mahdi untuk membandingbanding Dajjal dan meruntuhkan kekuasaannya selama sejumlah waktu di bumi ini. Pertempuran Nabi Isa dan Imam Mahdi untuk menumpas Dajjal bubar dengan terbunuhnya Dajjal akibat dadanya tertombak maka dari itu Nabi Isa As di depan bab Lud di kegandrungan Masjidil Aqsa.

d. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Etiket-jenama kiamat kubra selanjutnya yaitu keluarnya yakjuj dan makjuj. Al-Quran menguraikan bahwa nan dimaksud dengan Yakjuj dan Makjuj ialah kaum nan demen berbuat kerusakan di wajah bumi.

Disebutkan bahwa Yakjuj dan Makjuj yakni makhluk yang mempunyai ciri-ciri diantaranya seperti memiliki indra penglihatan sipit, berhidung pesek, dan berambut pirang. Yakjuj dan Makjuj disebutkan terkekang privat lembah yang diapit maka itu dua bukit, yang dipertuan Zulkarnain yang mengurungnya. Dengan tembok besar yang mengelilingi, Yakjuj dan Makjuj tidak bisa keluar darinya.

Doang, kerumahtanggaan Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 96 disebutkan bahwa nantinya tembok penghalang tersebut akan runtuh, maka keluarlah Yakjuj dan Makjuj lakukan membuat kerusakan di mayapada. Mereka akan meminum air yang ada di Danau Tiberias, tempat yang diyakini keluarnya Dajjal. Tidak cak semau suatu pun manusia yang kreatif menghentikannya kecuali atas abolisi dari Allah SWT.

Plong akhirnya Yakjuj dan Makjuj akan mati karena diserang maka itu sato sejenis ulat yang membuat badannya mereput, kemudian datang burung-pelir yang menggotong Yakjuj dan Makjuj dari bumi, tinggal turunlah hujan nan membersihkannya.

e. Terbitnya Matahari dari Barat

Tanda-stempel kiamat yang tak kalah memerangahkan cak bagi umat manusia lainnya yaitu terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya. Terbitnya matahari dari barat telah disebutkan dalam Hadits Riwayat Muslim:

“Waktu hari pembalasan lain akan datang sebelum matahari pecah dari sebelah barat. Detik matahari terbit dari barat, semua akan berubah menjadi beriman. Namun, iman seseorang sudah enggak pula bermanfaat jika sebelumnya tidak beriktikad atau tak mendapatkan manfaat berbunga imannya itu”.

Bukan cuma Islam saja yang menunjukkan bahwa surya suatu saat akan pecah dari sisi barat, Ilmu Sains kembali memprediksi bahwa matahari semenjak dari barat bukanlah hal nan mustahil. Sejumlah riset menyebutkan bahwa aliran bumi nan terjadi selama ini akan mengalami perlambatan yang menyebabkan arah perputarannya terbalik.

Sejauh ini bumi berputar berpunca barat ke timur sehingga syamsu terlihat dari dari barat. Nantinya bumi akan bersirkulasi dari timur ke barat sehingga matahari seolah semenjak dari barat. Ketika matahari berpangkal pecah barat, maka sudah tertutup semua amal makruf. Perintah-perintah Sang pencipta nan sepanjang ini tidak dikerjakan akan dikerjakan semua maka dari itu turunan, namun tidak terserah artinya lagi karena sudah lalu mansukh semuanya bakal dilakukan.

f. Munculnya Asap yang Mematikan

Kemunculan tabun yang membuat manusia yang menghirupnya mati merupakan pertanda yaumudin yang lainnya. Tabun alias Ad-Dukhan dalam Al-Qur’an yaitu ancaman untuk manusia. Dukhan pertama kelihatannya muncul pada masa kehdupan Nabi Muhammad SAW. Saat itu Dukhan muncul untuk sebagai aniaya kerjakan kaum kufur Quraissy yang sudah memusuhi Nabi.

Dukhan akan unjuk juga di tahun intiha nanti selama 40 hari 40 lilin lebah. Bumi akan terasa haram akibat tabun tersebut. Gas tersebut membuat manusia yang menghirupnya dapat nyenyat. Tetapi, bagi umat manusia nan beriman asap ini hanya akan menimbulkan efek sama dengan orang tertimpa selesma. Sebaliknya, pada anak adam yang berdosa akan mengakibatkan panas sama dengan membakar kulit.

Panduan praktis cak bagi kamu dapat mengenal dan mengetahui tanda-stempel berasal peristiwa kiamat dan alatm akhirat juga bisa ditemukan pada sentral karya S. Royani Marhan yang berjudul Yaumul Dan Akhirat.

Sinopsis Sendi

Kehidupan orang tidak berakhir setelah mortalitas menjemput atau dengan hancurnya alam segenap. Kematian dan kehancuran alam semesta hanyalah satu fase pengembaraan manusia menuju liwa baru yang kekal abadi, yakni pataka akhirat. Nasib penghabisan cucu adam akan ditentukan di sana, akankah dimasukkan ke suralaya atau ke neraka. Buku ini memelopori setiap Muslim cak bagi mengenal dan mengetahui lebih lanjut akan kehidupan akhirat. Dengan membaca kancing ini setiap Muslim diharapkan kian mengerti maksud hidupnya di dunia, apakah bagi meraih ridha Sang pencipta SWT dengan imbalan suralaya, ataukah demi kenikmatan dunia semata yang hanya akan mengantarkannya ke neraka.

Hikmah Berpangkal Percaya Hari Kiamat

Sesudah mengetahui tanda-tanda kiamat yang akan nomplok satu hari nanti, maka kita bisa memetik hikmah akan mempercayai jenama-tanda tersebut. Seperti yang dibahas melalui buku Dahsyatnya Hari Yaumudin nan merupakan karya fenomenal ulama besar Ibu Katsir.

Berikut hikmah yang boleh diambil dari mempercayai datangnya yaumul.

1. Segala ulah baik dan buruk pada akhirnya akan mendapatkan perdurhakaan

Lakukan basyar yang beriman, tanda-tanda kiamat merupakan cara kerjakan mengingatkan anak adam bahwa segala perbuatan nan dilakukannya momen ini akan mendapatkan balasan nantinya. Masyhur selama di mayapada akan membawanya pada kemudahan ketika nanti amalnya dihitung di darul baka.

Sedangkan mereka yang mengamalkan perbuatan buruk dan di larang maka itu agama akan mendapatkan pertentangan yang menyakitkan dan menyedihkan andai konsekuensi atas segala yang telah dilakukannya di mayapada. Waktu kiamat akan datang akan menunjukkan mana manusia yang baik dan mana manusia yang buruk di mata Tuhan SWT.

2. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Tanda-tanda kiamat seolah menjadi sirene lakukan kita bahwa waktu atma di dunia telah tidak akan lama lagi. Amal baik nan diolah mungkin telah jarang ditemui. Sebagai makhluk yang dikaruniai kecerdasan dalam berpikir, hendaknya munculnya perlambang kiamat merupakan cara semoga kita dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Sang pencipta SWT dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi apa-apa yang dilarang.

Jika hari kiamat nanti tiba, pintu ampunan sudah ditutup dan ulah baik sudah tidak dicatat sebagai pahala. Menjadi sia-sia jasa baik yang tergarap oleh seseorang apabila semua itu plonco disadari ketika kiamat tiba. Meningkatkan taqwa kepada Allah harus dilakukan sedari dini seharusnya tidak terlambat dan selamat bersumber pedihnya yaumul.

2. Bukan mengutamakan maslahat duniawi dibandingkan fungsi akhirat

Bagi orang yang beriktikad, tanda-tanda kiamat merupakan tanda bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan kembali ke asalnya adalah Allah. Maka kerjakan seorang yang berkepastian, wajib hukumnya mempersiapkan diri dengan pelepas amal kelakuan nan baik sepanjang di marcapada. Tidak menonjolkan urusan duniawi sahaja karena menuruti keinginan nafsu cak bagi mendapatkannya.

Sia-sia semua hal yang dilakukan apabila mementingkan urusan duniawi, sebab belakang hari saat congah di akhirat semua nan dilakukan selama spirit di marcapada akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Hidup di bumi harus setimpal dan harus seimbang, ikutikutan maslahat duniawi dan bukan lupa urusan dengan akhirat menjadi pikulan bagi kita semua

3. Mengingat-ingat bahwa tidak ada nan kekal di marcapada ini

Semua insan yang cak semau di marcapada merupakan ciptaan Allah SWT. Pada hasilnya semua akan lagi menghadap Yang mahakuasa SWT. Artinya tidak akan ada yang kekal abadi di dunia. Kemanisan, ketampanan, aset, aset yang dimiliki di marcapada bukanlah keadaan yang akan selamanya terserah, satu saat semua itu bisa saja hilang dalam sekejap mata.

Moga bagi kita yang masih hidup di dunia, mengembangkan perbuatan yang baik dan luhur merupakan suatu keharusan. Etiket-tanda kiamat menjadikan kita sadar bahwa segala apa yang suka-suka di dunia ini akan hancur tanpa terlambat, hanya amal baik yang akan menuntun di kehidupan lebih lanjut (akhirat).

Baca lagi artikel tersapu
“Pengertian Hari Kiamat dan Etiket-tandanya”

:

  • Konotasi Ulul Azmi
  • Tata Cara Sholat Dhuha
  • Ciri-ciri Orang Munafik
  • Pengelolaan Prinsip Berwudhu
  • Pengertian Al-Qur’an dan Hadits
  • Perilaku Valid dalam Islam
  • Pengertian Zakat
  • Rukun Haji
  • Konotasi Aurat
  • Daftar 99 Asmaul Husna dan Artinya – Memaknai Label Baik Allah SWT
  • Adat-rasam Luhur
  • Penyelenggaraan Cara Berwudhu
  • Pengertian Al-Quran dan Hadits
  • Pengertian Akhlak

Itulah
pengertian dan etiket-tanda kiamat
yang akan terjadi nanti. Sebagai makhluk ciptaan Allah, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk memercayai dan meyakini akan datangnya hari hari pembalasan. Maka dari itu, kita harus mempersiapkannya dengan baik dengan berekspansi ragam yang baik, menjalankan segala perintah, dan pergi segala bentuk larangan Halikuljabbar SWT hendaknya kita dapat terhindar dari pedihnya perian kiamat esok.

ePerpus merupakan layanan bibliotek digital masa kini yang menganjuri konsep B2B. Kami hadir lakukan memudahkan privat mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Bibliotek digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sebatas bekas ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke beribu-ribu sentral dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol taman pustaka Engkau
  • Tersedia privat platform Android dan IOS
  • Tersuguh fitur admin dashboard kerjakan mematamatai laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Permohonan aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/hari-kiamat/

Posted by: gamadelic.com