Jelaskan Proses Islamisasi Melalui Perdagangan

INDRIYATI Sinar KHASANAH – NIM. 95121662,

(2010)
PERANAN Bazar TERHADAP ISLAMISASI DI ACEH ABAD XVI.
Skripsi thesis, UIN Baginda Kalijaga Yogyakarta.

Abstract

Kebesaran dan keberuntungan di Aceh berkembang lega purwa abad XVI. Khalayak-sosok pertama yang membawa agama Islam ke Sumatra adalah para pengembara dari India. Aceh bak ki akal perniagaan yang kemudian diperkuat perannya oleh kekuasaan politik menjadi pusat pendakyahan agama Islam. Islam berkembang dengan pesat di Aceh sampai merebak ke wilayah-daerah pengaturan, sehingga pada permulaan abad XVI Aceh mulai memegang peran penting di bagian utara pulau Sumatra.
Penulisan ini bertambah difokuskan pada peranan perdagangan terhadap islamisasi di Aceh abad XVI beserta keberhasilan nan dicapai. Penekanan ini merupakan riset kepustakaan, metode studi yang digunakan ialah metode histories. Tujuan penelitian ini buat mengarifi otoritas perdagangan terhadap Islamisasi Aceh abad XVI M. Kerjakan mengetahui bertambah mendalam tentang memori berkembangnya Islam di wilayah Aceh. Selanjutnya untuk mengetahui perkembangan daerah-wilayah atau wilayah-wilayah Islam kekuasaan Aceh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi masyarakat Aceh abad XVI masih bertabiat mistis. Hal ini bisa dilihat dari praktek keagamaan nan masih berbaur dengan nuansa Hindu, sehingga membawa pengaruh kepada masyarakat Aceh. Oleh karena itu, aksi buat Islamisasi terus dilakukan makanya para mubaligh nan plong biasanya berprofesi andai pedagang serampak sebagai da’i. Islamisasi di Aceh terjalin dengan motif perdagangan, dimana pedagang mukmin berhasil mengislamkan penduduk Aceh. Agama Selam di Aceh mengalami perkembangan nan pesat karena adanya hubungan dari penguasa maupun sultan-paduka nan berwenang pada saat itu. Abad XVI di Aceh sekali lagi yakni abad perjuangan, karena Aceh pada awalnya dipengaruhi oleh agama Hindu akhirnya menjadi daerah yang mayoritas penduduknya Islam. Aceh bisa menangkis kekuasaan Portugis misal pagi buta pertama penjajahan Barat yang tahu menahan proses Islamisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Musa, M.Sang
Uncontrolled Keywords: Islamisasi di Aceh, bursa, mubaligh
Subjects: Memori Kebudayaan / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Kesopansantunan dan Guna-guna Budaya > Memori Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User:
Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:43
Last Modified: 15 Aug 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-demen.ac.id/id/eprint/4623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://digilib.uin-suka.ac.id/4623/

Posted by: gamadelic.com