Jelaskan Kandungan Surat Al Maidah Ayat 3

MANTRA SUKABUMI
– Surat Al Maidah ayat 3 terdapat isi kandungan tentang kesempurnaan Selam.

Surat Al Maidah termasuk dalam golongan surat madaniyah yang diturunkan di Madinah.

Imam Ahmad menanggali, Akta Al Maidah ini turun ketika Rasulullah SAW sedang naik unta. Hampir belaka paha unta itu patah karena begitu beratnya petunjuk yang diterima Rasulullah.

Baca Juga: Shopee Berbimbing Bintang Dunia semesta Jackie Chan dan Joe Taslim di Iklan Shopee 9.9 Terbaru

Piagam Al Maidah ayat 3 ini ayat ragil yang turun dalam masalah syariat. Sambil menegaskan kesempurnaan Islam. Setelahnya tak jebluk ayat hukum juga setakat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam wafat.

Berikut ini
mantrasukabumi.com
rangkum dari plural mata air, Surat Al Maidah Ayat 3 dan artinya dalam bahasa Indonesia:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya:
Diharamkan bagimu (gado) jenazah, bakat, daging kartu ceki, (daging hewan) yang disembelih atas etiket selain Yang mahakuasa, nan tercekik, yang ki tergerak, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam satwa buas, kecuali nan sempat ia menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) nan disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan anak panah, (menyetem jiwa dengan anak asuh kirana itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-hamba allah kafir telah terbang arwah untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan bikin kamu agamamu, dan mutakadim Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Selam itu jadi agama bagimu. Maka sembarang orang terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sepantasnya Allah Maha Pengampun pun Maha Penyayang.

Baca Juga: Isi Kandungan Surat Al-Qari’ah Ayat 1-11, Tentang Musim Kiamat, Timbangan Amal dan Neraka Hawiyah

Source: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-202659785/isi-kandungan-surat-al-maidah-ayat-3-lengkap-asbabun-nuzul-tentang-kesempurnaan-islam