Jarak Tangga Nada Mayor Adalah

KOMPAS.com
– Tangga nada merupakan hal yang dulu mendasar bakal mengidentifikasi perkakas musik maupun sebuah lagu. Tangga nada juga dosebut dengan akor.

Akor akan menghasilkan melodi, makara secara umum dikatakan sebagai bawah dari sebuah lagu.  Tangga musik terbagi menjadi dua, yaitu tahapan nada mayor dan tinggi musik minor.

Dikutip dari buku
Berlatih Main Piano
(2008) oleh Yulia Rendra, tingkatan nada mayor merupakan riuk satu tangga nada nan umum digunakan plong musik.

Pangkat nada mayor umumnya bernuansa nirmala. Sementara itu pangkat nada minor condong melankolis atau trenyuh.

Baca juga: Rumus-rumus Tahapan Nada

Tahukah dia perbedaan anatara tahapan musik mayor dan minor? Berikut penjelasannya:

Musik Akhir dan Tadinya

Dari kamil intervalnya didapatkan bahwa tataran nada mayor diawali maka itu nada do atau taktik C dan diakhiri maka dari itu nada do# (nan dinaikkan setengah irama) atau kunci C#.

Padahal tangga nada minor diawali oleh nada la atau trik A dan juga diakhiri dengan nada la atau kancing A.

Cumbu Nada

Dilansir berbunga
Music Practice & Theory, tangga nada mayor punya pola interval 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 -1 – 1/2 , dengan irama radiks do-re-mo-fa-so-la-si-do. Sedangkan jenjang nada minor memiliki pola interval 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1, dengan musik dasar la-si-do-re-mihun-fa-so-la.


daedelusmusic.com
Notasi nada mayor

Dari gambar terlihat bahwa nada ketiga dan ketujuh diberikan symbol # yang berarti nada dinaikkan setengah dari nada aslinya.

Kejadian ini sesuai dengan pola interval adalah nada ke-3 dan ke-7 menunjukkan teladan ½. Padahal pada jenjang irama minor, pola ½ ditunjukkan plong irama ke-2 dan ke-5.

Baca juga: Tangga Irama Pentatonis dan Diatonis

Kesan yang Disampaikan

Lagu yang menggunakkan pangkat musik mayor sebagai dasar, akan memberikan kesan yang lestari, menggebu-gebu, bersemangat, dan juga riang.

Sedangkan lagu yang menggunakkan tangga musik minor cenderung memberikan kesan yang mendayu-dayu, dayuh, dan kembali melankolis.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap hari berasal Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/05/200323769/perbedaan-tangga-nada-mayor-dan-minor

Posted by: gamadelic.com