Induk Organisasi Bola Voli Tingkat Dunia Adalah

Jum’at, 05 November 2022, 22:07 WIB

Pertandingan bola voli seperti mana PON dikelola oleh Emak Organisasi Bola Voli di Indonesia dan Bumi. (Foto: PB PON XX PAPUA/Muhamad Solihin)

Induk
Organisasi Bola Voli di Indonesia dan Manjapada adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dan Internationale de Volleyball (FIVB). FIVB pertama mana tahu dibentuk pada April 1947 sedangkan PBSI berdiri pada 22 Januari 1955.

Bola voli permulaan kali diciptakan William G. Morgan di Amerika Serikat pada tahun 1895, waktu ini voli menjadi salah satu cabang olahraga tenar yang dimainkan di bermacam rupa negara.  Morgan menciptakan permainan bola voli sebagai olah tubuh indoor dengan mengadopsi permainan bola basket yang dianggapnya bakal momongan muda.

Awalnya olahraga ini dinamai Mintonette hingga seorang professor berbunga Springfield College di Massachusetts mengusulkan nama ialah “bola voli”. Hingga waktu ini, bola voli menjadi nama biasa permainan latihan jasmani ini. Perkembangan bola voli semakin luas sebatas merambah ke Benua Eropa.

Di Eropa sendiri, bola voli menjadi sangat populer hingga muncul federasi nasional di beberapa negara Eropa. Sampai jadinya diputuskan untuk membuat induk organisasi bola voli bikin dunia yang disebut FIVB. Selain induk organisasi mayapada cak semau juga induk organisasi bola voli di Indonesia merupakan PBVSI.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Induk organisasi bola voli Nasional Indonesia adalan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Permulaan mungkin dibentuk tepat lega tanggal 22 Januari 1955 dam pertama siapa dipertandingkan tahun 1951 saat Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Tiga masa berselang, tepatnya pada perian 1954, Koalisi Institut Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) mengadakan pertemuan membahas lembaga pembentukan induk organisasi bola voli kewarganegaraan.

Setahun kemudian puas rontok 22 Januari 1955, terbentuklah emak organisasi bola voli kebangsaan yang setakat kini dinamai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Puas kesempatan itu pula sekaligus ditunjuk ketua umum PBVSI yang pertama yaitu WIM J. Latumeten.

Pada tanggal 28-30 Mei diadakan senat PBVSI yang mula-mula di Jakarta. Masih ditahun yang sama, PBVSI berhasil menjadi anggota Federation Internationale de Volleyball (FIVB), kemudian menjadi anggota tetap yang ke-62 sreg tahun 1959.

PBVSI seorang bertugas menata regulasi sayembara dan kanun awam bola voli di Indonesia. Juga berperan sebagai wadah pengembangan bakat-bakat para pemain sandiwara bola voli. Hal itu ditunjukkan dengan adanya berbagai turnamen rutin voli berskala nasional yang diselenggarakan oleh PBVSI seperti Proliga yang permulaan kali dibuat pada waktu 2002, kejuaraan nasional junior dan pertandingan nasional LIVOLI.

Internationale de Volleyball (FIVB)

FIVB purwa kali dibentuk pada April 1947 bersama badal beberapa negara diantaranya adalah Belgia, Brazil, Ceko, Mesir, Prancis, Belanda, Hungaria, Italia, Polandia, Portugal, Romania, Uruguay, USA, dan Yugoslavia.

Pembentukan FIVB dilakukan saat pertemuan yang diselenggarakan di Paris sekaligus menunjuk Paul Libaud andai ketua FIVB nan pertama. Libaud sendiri yakni presiden federasi bola voli prancis yang kemudian tersortir menjadi komandan umum FIVB.

Libaud sendiri menjabat selama 37 tahun hingga 1984, setelah itu digantikan oleh Ruben Acosta. FIVB sebagai emak organisasi bola voli dunia, pastinya tugas FIVB adalah mengembangkan cabang olahraga ini n domestik skala internasional.

Dimulai dari ditampilkannya voli plong kejuaraan marcapada purwa puas tahun 1949 dan 1952, kemudian sejak 1964 FIVB sudah menjadi penyusun turnamen voli berskala dunia.  Kompetisi berskala dunia ini berhasil menyalakan antusias negara-negara lain dan mengakibatkan semakin bertambahnya anggota FIVB.

Source: https://www.sportstars.id/read/sportpedia-induk-organisasi-bola-voli-di-indonesia-dan-dunia-nH902B