Ikan Hias Unik Air Tawar

Selain memiliki beragam jenis, bentuk, corak, dan warna, jenis ikan hias air tawar kecil cukup mudah perawatannya dan tak begitu menguras kantong.
Selain memiliki berbagai ragam jenis, bentuk, warna, dan corak, diversifikasi ikan solek air mansukh kecil cukup mudah perawatannya dan tak semacam itu menguras dompet. (Foto: iStockphoto/Bilgehan Tuzcu)

Jakarta, CNN Indonesia

Memelihara lauk hias boleh jadi alternatif pengisi waktu luang yang tepat. Bagi pemula, bisa mencoba mulai jenis iwak hias air mansukh kecil.

Media airnya pun mudah didapat sehingga memberi kemudahan saat menguras dan mengisi ulang akuarium.

Selain mempunyai bermacam rupa jenis, bentuk, corak, dan warna, ikan hias air sia-sia kerdil pas mudah perawatannya dan tak begitu menguras kantong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keunggulan enggak, lauk hias mungil tak memerlukan ruang yang luas sehingga fleksibel diletakkan di mana saja, sampai-sampai di apartemen maupun kamar kos sekalipun.

Berikut 10 jenis ikan hias air tawar katai nan cukup naik daun beserta panduan singkat memeliharanya.

1. Neon Tetra

[Gambas:Instagram]

Ikan hias nan memiliki nama latin Paracheirodon innesi ini banyak diminati oleh penggemar ikan solek air mansukh. Ikan yang memiliki tingkatan maksimal 5 sentimeter ini memiliki warna yang idiosinkratis, yang boleh terlihat meski dalam situasi palsu, mengutip
Fish Keeping World.

Macam ikan ini relatif mudah dirawat lantaran doang memerlukan air yang bersih dan tidak membutuhkan tembolok khusus.

Biasanya penggemar ikan memelihara lauk ini dalam besaran banyak agar menggunung nuansa keanggunan dalam palung ikan.

2. Guppy

ikan guppyFoto: istockphoto/isoft
Guppy yakni jenis ikan hias air tawar kecil yang lain rewel perawatannya

Iwak guppy maupun baku dikenal dengan segel ikan cere merupakan varietas ikan air tawar yang banyak digemari di seluruh mayapada. Pasalnya merawat iwak hias ini enggak susah karena mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air.

Ikan ini punya khuluk dandan cerah, namun pada bagian nekat memiliki warna yang cerah daripada betina. Janjang ikan ini sahaja mencapai 35 milimeter saja.

Alat pencernaan untuk iwak yang benama latin Poecilia reticulata ini relatif mudah didapat. Pas menjatah pakan tabur yang dapat dibeli di penjual iwak solek sekitar Anda.

3. Ikan Molly

[Ketola:Instagram]

Molly merupakan ikan dengan macam mungil dengan tangga maksimal 12 sentimeter. Lauk molly termasuk iwak yang gampang dipelihara lantaran punya kemampuan adaptasi yang baik di bermacam rupa kondisi air.

Keunikan dari Black Molly ini lain berkembang biak dengan mandu bertelur, melainkan dengan cara melahirkan.

Ikan ini terbit berpangkal perairan air tawar Meksiko dan memungkinkan untuk dipelihara sesuai dengan kondisi air di Indonesia.

4. Zebra

ilustrasi ikan hias zebraFoto: iStockphoto/MATTHIASRABBIONE
Danios kuda belang adalah jenis ikan hias air tawar kecil nan mudah stres jika kawanannya kurang dari 5 ekor

Danios Zebra maupun yang biasa dikenal dengan nama lauk zebra ini ialah variasi ikan yang tunggal. Memiliki warna yang menyerupai kulit kuda loreng dan memiliki tahapan maksimal 7 sentimeter.

Ikan ini arwah dengan habitat kawanan yang banyak. Apabila berhasrat membudidayakan ikan ini disarankan membelinya paling tekor 5 ekor. Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan iwak ini mati.

Ikan ini juga pas mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup bagi menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.

5. Platy

[Gambas:Instagram]

Platy merupakan lauk yang punya berbagai ragam jenis warna. Selain cantik, ikan ini sangat mudah untuk dirawat.

Karakter iwak ini sebanding seperti boncel lain yang suka berkelompok. Platy juga sangat ramah dengan ikan darat lain seperti ikan guppy dan iwak molly.

Lamun platy pemakan segala, iwak ini membutuhkan perut hewani nan dominan. Engkau dapat memberi asupan hewani bagi platy dengan memberinya cacing sutra alias pakan hewani lainnya.

6. Ikan Solek Air Batil Boncel: Swordtail

[Ketola:Instagram]

Swordtail memiliki ekor yang menyerupai pedang. Lain ayal iwak ini dinamakan ikan pedang.

Ikan ini memiliki tulang beragangan yang mirip dengan ikan platy dan guppy, namun dengan format yang sedikit bertambah samudra adalah maksimal 13 sentimeter.

Swordtail berkembang biak dengan bertelur intern perut dan melahirkan sedarun intern bentuk momongan ikan (burayak). Apabila induk sudah bersalin jangan lalai untuk memisahkannya karena induk ikan lamang seringkali memakan burayaknya koteng.

7. Diskus

[Oyong:Instagram]

Ikan diskus n kepunyaan bentuk seperti lingkaran namun pipih, ikan ini berasal berpunca perairan Sungai Amazon namun banyak dibudidayakan di bermacam ragam rekahan bumi. Diskus memiliki khuluk rona yang cerah dan menyala.

Diskus merupakan hewan omnivora, namun lebih dominan memiliki adat karnivora. Anda bisa memberi bersantap cacing darah ataupun cacing sutera.

Cak bagi Anda masih pemula, tidak disarankan bagi memiara iwak ini karena diperlukan teknik-teknik khusus.

Lantaran nalurinya yang pas agresif membuatnya enggak setuju jika dicampur dengan lauk lain pada satu aquarium.

8. Corydoras

[Ketola:Instagram]

Ikan ini sudah cukup populer di halangan pencinta lauk hias. Lauk yang mempunyai ciri distingtif kumis pada mulutnya ini merupakan ikan yang palamarta kepada ikan enggak dan berkiblat tak agresif.

Ini membuat corydoras sebagai ikan hias air tawar nan boleh dicampur dengan ikan jenis lainnya.

Bahkan Anda tidak harus memilikinya dalam jumlah banyak karena corydoras cukup soliter dan mampu nasib sendirian.

Memeliharanya pun enggak repot. Engkau biasa mencari makanan di dasar aquarium. Tidak elusif radiks akuarium yang sudah ditata dengan rapi, dapat diacak posisinya oleh corydoras.

9. Goldfish

[Gambas:Instagram]

Goldfish biasa kita kenal dengan nama ikan mas hias merupakan jenis ikan nan camar dijumpai di aquarium pemula. Ikan mas banyak diminati lantaran kemudahan kerumahtanggaan merawat dan dikenal ramah terhadap iwak lain.

Makanan nan dibutuhkan hanya pakan tabur nan cinta dijumpai lega petualang ikan solek.

Suka-suka banyak jenis ikan mas, apabila berminat bikin membudidayakan ikan ini pas mencampurkan semata-mata dengan ras lain. Alhasil beragam dengan beberapa keunikan di ekor dan pada mata.

Kebanyakan orang memelihara ikan ini sreg akuarium mangkuk seperti yang biasa digunakan untuk mengocok lotre. Hal tersebut tidak dibenarkan dan membuat lauk mas enggak mendapatkan urat kayu nan cukup.

10. Anglefish

ilustrasi ikan hias anglefishFoto: iStockphoto/Marianne Purdie
Anglefish adalah jenis ikan hias air tawar kecil nan masih satu keluarga dengan ikan diskus

Anglefish atau ikan bidadari masih merupakan famili dari ikan discus dan mempunyai dimensi maksimal 15 sentimeter

Walaupun punya warna dan bentuk yang spesifik, ikan ini boleh menjadi agresif apabila aquarium terlalu penuh dan ukurannya tidak besar. Namun secara mahajana, ikan ini merupakan ikan mengelompok nan baik.

Sudah menentukan diversifikasi ikan solek air mansukh kecil mana yang akan Kamu rawat? Namun sebelum memilih, sesuaikan dengan akuarium yang Anda miliki dan kriteria yang semupakat bagi Anda.

(cha/fef)



[Ketola:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201009170107-277-556629/10-jenis-ikan-hias-air-tawar-berukuran-kecil

Posted by: gamadelic.com