Hewan Laut Yang Bernapas Dengan Paru Paru

KOMPAS.com
– Salah satu gawai pernapasan hewan yang paling dikenal adalah insang nan digunakan bagi ikan. Justru nama alat fotosintesis pada hewan selain insang plong ikan Jenama alat asimilasi lega hewan adalah:

  • Insang
  • Paru-paru
  • Kulit
  • Trakea

Insang

Dilansir dari
Encyclopedia Britannica, insang adalah jenis peparu yang terbentuk dari jaringan bercabang ataupun berbulu yang kaya akan pembuluh darah.

Baca pun: Sistem Ekskresi Ikan Air Batal dan Air Laut

Insang ditemukan lega hewan air dan amfibi. Insang biasanya kaya di dalam rongga dan memiliki kemampuan mengambil oksigen dari dalam air dan melepaskan karbon dioksida.

Hipotetis hewan yang bernapas menggunakan insang yaitu hampir semua jenis ikan, antah, hiu, kerang lautan, kecebong katak Amerika, beberapa variasi kodok, gurita, keong laut dan kucing tupai laut.

Paru-paru

Alat fotosintesis yang digunakan hewan selanjutnya merupakan paru-paru. Paru-paru biasanya digunakan perumpamaan instrumen pernapasan oleh hewan vertebrata yang terlampau di darat.

Paru-paru setiap jenis fauna farik satu sama lain. Semua binatang menyusui (seperti jerapah, singa, kucing, dan primata) bernapas dengan paru-paru, termasuk mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus.

Contoh lain hewan yang bernapas dengan alat pernapasan adalah amfibi dewasa dan semua spesies kalam.

Baca juga: Aneh-aneh Sistem Fotosintesis Satwa

Trakea

Peparu puas hewan lebih jauh adalah trakea. Dilansir berpokok
Biology LibreTexts, trakea adalah jaringan silinder kecil yang terbuat dari polimer bernama kitin.

Trakea hadir lega sato nan tidak bergantung pada sistem peredaran bakat. Sehingga, trakea membantu sistem pernapasan mandiri tanpa adanya talenta.

Trakea biasanya dilengkapi dengan spirakel, ialah gorong-gorong wadah ikut dan keluarnya gegana. Trakea memungkinkan difusi oksigen, zat arang dioksida dan juga embun pada fauna.

Contoh hewan yang bernapas dengan menunggangi trakea adalah serangga (seperti kumbang, nyamuk, semut, kupu-kupu, belalang, pula kumbang), lipan, dan arachnida (seperti gonggo, ketungging, tungau, juga tuma).

Baca juga: Spirakel: Organ Penapasan pada Insek

Selerang

Alat perapasan yang digunakan satwa lebih jauh adalah kulit. Dilansir dari
Sciencing, hewan nan bernapas dengan kulit memiliki jangat lembap, bersifat permeabel, dan n kepunyaan kerongkongan darah kapiler di dekat permukaan kulitnya.

Awan dapat masuk melewati kulit, kemudian oksigen akan turut ke privat kapiler dan disebarkan ke seluruhjaringan bodi.

Teladan hewan yang menggunakan indra peraba sebagai alat fotosintesis merupakan berudu, kodok, salamander, dan cacing kapling.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari menyatu di Grup Benang kuningan “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://horizon.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install tuntutan Telegram apalagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/16/120000369/daftar-nama-alat-pernapasan-pada-hewan?page=all