Hasil Resensi Buku Budidaya Bertanam Buah Anggur

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak pandemi virus Covid-19, kegiatan mengebumikan pohon bunga, sayur, dan buah menjadi salah suatu hobi baru yang dilakukan banyak orang.

Lain menjadi ki aib detik lain mempunyai persil samudra karena menanam bisa dilakukan dengan di jambang ataupun
polybag.

Baca juga:

Cara Memakamkan Anggur berpangkal Bijinya, Mudah Dilakukan di Apartemen

Salah satunya pohon buah yang bisa ditanaman di botol berpangku tangan. Akan tetapi, sebelum menanam tanaman anggur privat botol, hal mula-mula yang harus diperhatikan yaitu media tanam yang digunakan.

Mengutip dari susukan YouTube
Info
Polah Perkebunan, Kamis (9/9/2021), sarana tanam pokok kayu anggur bukan jauh berlainan dengan tanaman sayur dan buah plong kebanyakan.

Wahana tanaman tersebut harus diisi sebanyak 3/4 berusul samudra wadahnya dan hindari mengisinya terlalu penuh. Wadah bertakaran 40 sentimeter menjadi saringan yang baik karena pohon anggur boleh tumbuh dengan baik.

Baca sekali lagi: Biaya siluman Menyelamatkan Anggur di Rumah dan Flat

Untuk takhlik media tanam anggur, siapkan tanah nan produktif mengontrol kepentingan air (drainase), memiliki tingkap, dan ketersediaan udara (aerasi) yang baik.

Jenis tanahnya dapat dipilih tanah lempung, liat, bangkang, persil berat, dan tanah ringan seperti tanah hitam, lempung berpasir, juga tanah humus. Kemudian sediakan sekam padi serta serat kandang.

Buat takhlik media tanam anggur dalam pot, campurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1 ataupun 1:1:1.


Baca juga: Tips Memberi Kawul buat Stroberi agar Cepat Berbuah

Pasca- semua onderdil teraduk rata, media tanam harus didiamkan sekitar suatu hingga dua pekan sebelum ditanam tumbuhan berpangku tangan.

Saat melihat ada suket terlarang atau gulma di wadah yang berisikan media tanam, tandanya tanaman anggur telah boleh ditanam.

Momen proses memakamkan, letakkan anggur nan berada dalampolybag
(dari toko pohon) di bagian tengah wadah yang berisikan media tanam.


Baca pun: 9 Biaya siluman Mudah Menanam Stroberi Sendiri di Rumah

Kemudian bentang
polybag
dengan mengguntingnya di bagian dasar dan sampingnya. Usahakan agar tanah yang mewah dalampolybag
pohon anggur aslinya tidak berasal. Hal ini kiranya tanaman anggur lain mengalami stres karena tiba-tiba berganti tanah.

Selepas itu, tambahkan tanah lega tanaman anggur, tapi jangan sampai terkena bagian stekan batang anggur agar tidak menghambat pertumbuhannya. Proses selanjutnya adalah pendirusan dan berikan serat tanah daun setelah tiga bulan.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Kaidah Menanam Buah Alpukat semenjak Bijinya

Gunakan terpal plastik buat menyingkir air hujan abu berlebih

Momen musim hujan datang atau intensitas hujan lebat, tanaman anggur akan lebih mudah dijangkiti penyakit yang disebabkan serat peronospora.

Saat tanaman berpangku tangan terkena penyakit, ada beberapa tanda-tanda nan dapat dilihar, berasal daun nan mengering, terbakar, maupun terlipat, hingga ranting yang mengering, kemudian senyap.

Baca pun: Cara Menanam Alpukat dari Bijinya moga Cepat Berbuah

Kerjakan itu, cak bagi pemula yang menanam berpangku tangan saat intensitas hujan tinggi harus menggunakan terpal alias tarup plastik di atas pokok kayu bagi memencilkan tetesan air hujan yang berlebih pada tumbuhan.

Tetesan air hujan nan bersisa ini akan menjemput berbagai keburukan dan dapat memampatkan sarana tanam sehingga tanaman kekurangan oksigen serta berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari terbit Kompas.com. Marilah bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram bahkan dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/09/143500676/simak-cara-menanam-anggur-dalam-pot-untuk-pemula-?page=all