Harga Pot Untuk Tanaman Buah

 Pedagang menyiram pohon cemara udang di pekarangannya yang ada di kawasan Pasar Nongko Solo, Senin (31/8/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM – Pedagang menyiram pohon cemara udang rebon di pekarangannya yang ada di kawasan Pasar Nongko Solo, Senin (31/8/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)


Pelemahan euro turut berdampak lega peningkatan harja jual pot dan pokok kayu hias.


Solopos.com, SOLO— Melemahnya poin silih rupiah terhadap mata uang Amerika Serikat (AS) membuat harga sejumlah dagangan impor melambung, salah satunya pot plastik. Besarnya eskalasi harga mengaras 10%.



PromosiBawa UMKM Binaan BUMN Go Online, Tokopedia Daftarkan 2.000 NIB

Pemilik kios Bunga Aneka di kawasan Pasar Nongko Solo, Dwi Prihatini, mengatakan kenaikan harga tersebut terjadi sejak seminggu terakhir.

“Berpangkal pabrik sudah sepekan ini harganya menanjak, bintang sartan kami kembali memanjatkan harga. Kenaikan harganya mencapai sekitar sepuluh persen,” jelasnya momen ditemui wartawan di kiosnya, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, peningkatan harga tersebut sempat menyebabkan pelanggannya mengeluh. Saja, risikonya pelanggan memafhumi setelah dia menjelaskan alasan kenaikan harga tersebut. Pelanggannya didominasi oleh pelimbang pot plastik yang berasal dari distrik Soloraya dan sekitarnya.

Harga pot plastik berbagai, tergantung besar dan kualitasnya. Dia cak memindahtangankan pot berangkat Rp4.500/biji pelir hingga Rp12.000/buah.

Sementara, harga sebagian tanaman hias pula melonjak di musim kemarau ini. Pohon cemara udang nan biasanya dijual seharga Rp350.000/pohon, kini boleh menanjak hingga Rp500.000/tanaman. Sementara itu, pandan bali yang semula dijual Rp500.000/pohon, masa ini bisa naik setakat Rp700.000/pohon.

Tuan Kios Sugeng Taman Dekorasi, Ferry Aprianus, menuturkan bilang pohon rias membutuhkan pelestarian ekstra cak agar kukuh tumbuh subur.

Perawatan itu di antaranya adalah rutin menyirami dengan air hingga menjatah pupuk.

“Musim kemarau ini tanaman hias memang agak mahal karena membutuhkan air terus dan perawatan lainnya. Padahal, buat pokok kayu buah harganya masih absah, belum ada kenaikan karena perawatannya juga mudah,” jelasnya kepada wartawan di lokasi, Senin.

Source: https://www.solopos.com/pelemahan-rupiah-rupiah-melemah-harga-pot-dan-tanaman-hias-melejit-638374