Hadits Tentang Ilmu Yang Bermanfaat

Tak belaka bagi hayat di dunia, menuntut ilmu dinasihatkan dalam Selam. Terdapat dalil-dalil dari Al-Qur`an ataupun hadis yang menjelaskan pentingnya menuntut ilmu. Pengetahuan agama ini perlu orangtua ajarkan pada momongan moga si Kecil kian spirit dalam belajar.

Hal ini karena mantra dan maklumat yang diajarkan puas anak akan bermanfaat bagi mereka saat menjalani umur. Justru, setiap ilmu dan pemberitahuan akan berkembang seiring berjalannya perian.

Kaprikornus, semoga momongan memang diarahkan untuk menuntut ilmu agar tidak tertinggal. Pasalnya, pendidikan menjadi peristiwa yang terdepan kerjakan setiap turunan.

Apa saja obstulen
titah menuntut ilmu? Simak penjelasan Popmama.comberikut, ya.

1. Memaksudkan hobatan adalah bagasi setiap umat

1. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap umat

Pexels/Gabby K

Jelaskanlah puas anak bahwa menuntut hobatan adalah pikulan setiap mukmin. Tidak terserah pengecualian karena sesungguhnya seluruh umat Islam wajib bikin membiasakan.

Keadaan ini sudah dijelaskan internal perkataan nabi memaksudkan ilmu:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut aji-aji itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Anak lelaki Majah no. 224)

2. Menuntut mantra membawa koteng mukmin pada kebaikan

2. Menuntut ilmu membawa seorang muslim kebaikan

Pexels/Cottonbro

Menuntut ilmu termasuk perkara yang dapat mengirimkan seorang muslim pada kekuatan. Mulai dari mendapatkan pahala hingga dipermudah langkahnya memfokus surga.

Situasi ini telah dijelaskan intern hadis menuntut ilmu berikut:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya: “Barang mungkin menempuh satu jalan (cara) lakukan mendapatkan ilmu, maka Yang mahakuasa pasti mudahkan baginya perkembangan menuju suwargaloka.” (HR. Mukmin)

3. Perkataan nabi menuntut ilmu tentang keberkahan

3. Hadis menuntut ilmu tentang keberkahan

Pexels/Gabby K

Menuntut guna-guna akan mendatangkan kebaikan. Dalam hadis lainnya juga disebutkan, menghendaki ilmu dapat menghadirkan keberkahan, baik saat perjalanan ketika hendak memaui ilmu atau saat pulang.

Perbuatan nabi nabi muhammad ini diriwayatkan makanya Tirmidzi. Berikut bunyinya:

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : “Barang kali yang keluar cak bagi berburu ilmu, maka ia kreatif di jalan Allah setakat ia pulang.”

4. Titah menuntut ilmu dan keutamaannya

4. Hadis menuntut ilmu keutamaannya

Pexels/Gabby K

Menurut sabda, Rasulullah SAW bersabda bahwa menuntut ilmu memiliki keutamaan. Berikut obstulen doanya:

إِنَّكُمْ قَدْ أَصْبَحْتُمْ فِي زَمَانٍ كَثِيرٍ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيلٍ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٍ مُعْطُوهُ، قَلِيلٍ سُؤَّالُهُ، الْعَمَلُ فِيهِ خَيْرٌ مِنَ الْعِلْمِ، وَسَيَأْتِي زَمَانٌ قَلِيلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيلٌ مُعْطُوهُ، الْعِلْمُ فِيهِ خَيْرٌ مِنَ الْعَمَلِ

Artinya: “Sungguh kalian sekarang bersusila-benar berlimpah di sebuah zaman yang banyak hamba allah-orang faqihnya, sedikit para penceramahnya, banyak para pemberi, dan sedikit para pelamar-minta. Kebajikan di hari ini lebih baik daripada ilmu. Akan menclok sebuah zaman kemudian hari di mana sedikit orang-anak adam faqihnya, banyak para penceramahnya, sedikit para pemberi, dan banyak para peminta-minta. Ilmu di masa itu makin baik daripada amal.” (HR. Ath-Thabrani)

5. Menuntut ilmu akan bermanfaat hingga intiha hayat

5. Menuntut ilmu akan bermanfaat hingga akhir hayat

Pexels/Marta Wave

Tidak sekadar mendatangkan banyak fungsi bagi kehidupan di dunia, menuntut guna-guna kembali akan membawa kebaikan hingga akhir hayat. Berikut perbuatan nabi nabi muhammad menuntut guna-guna yang menjelaskannya:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga peristiwa: sedekah jariyah, mantra nan signifikan atau anak salih yang beribadat untuknya.” (HR. Muslim).

6. Sabda menuntut ilmu dan ratib Rasulullah yang menyertainya

6. Hadis menuntut ilmu doa Rasulullah menyertainya

Pexels/Akela Photography

Rasulullah SAW juga akan mendoakan para umat Selam nan mengejar ilmu di jalan Allah SWT. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam hadis bahwa:

قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّهُ لَيَسْتَغْفِرُ لِلْعَالِمِ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْبَحْرِ

Artinya: “Pecah Abu Ad Darda` engkau bercakap, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Sepatutnya ada akan memintakan ampun buat seorang alim makhluk yang di langit dan di bumi setakat ikan hiu di asal laut.” (HR. Bani Majah)

7. Sabda memaui ilmu dan imbalan mendapat derajat nan panjang

7. Hadis menuntut ilmu imbalan mendapat derajat tinggi

Pexels/Andrea Piacquadio

Selain mendatangkan keberkahan, seorang mukminat nan menuntut guna-guna pun akan memiliki derajat lebih tinggi. Berikut bunyi hadisnya:

Rasulullah SAW bersabda:

ٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ قَالَ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا بِدَرَجَاتٍ

Artinya: “Dari Ibnu Abbas RA saat menafsirkan ayat: (Yang mahakuasa memekakkan anak adam-khalayak yang percaya berpunca kamu sekalian, dan orang-turunan yang diberi ilmu beberapa derajat. Al-Mujadalah: 11); dia berkata maksudnya ialah “Allah meninggikan orang-orang yang diberi hobatan atas orang-anak adam nan beriman beberapa derajat.” (HR. Darimi)

Editors’ Picks

8. Hadis menghendaki aji-aji dan anjuran mengagungkan master

8. Hadis menuntut ilmu anjuran menghormati guru

Pexels/Yan Krukov

Seorang muslim nan telah memiliki ilmu ini nantinya akan lebih paham bagaimana cara menderma. Jadi, arahkanlah anak cak bagi rajin belajar karena memaksudkan ilmu akan menjadikan mereka lebih cerdas. Sehingga, anak dapat beramal dengan tepat.

Jangan lupa mengajarkan anak bagi menghormati para guru yang memasrahkan aji-aji ya, Ma. Seperti mana anjuran n domestik hadis berikut:

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya: “Belajarlah sira semua, dan mengajarlah beliau semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang nan mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

9. Hadis memaksudkan ilmu agar menjadi cucu adam imani

9. Hadis menuntut ilmu agar menjadi orang alim

Freepik/Rawpixel.com

Dilansir NU Online, khalayak imani yaitu anak adam percaya nan berfaedah. Engkau memiliki mantra yang berarti bakal dirinya sendiri dan orang lain.

أَفْضَلُ النَّاسِ المُؤْمِنُ العَالِمُ الذِي إِذَا احْتِيْجَ إليه نَفَعَ، وإن اسْتُغْنِيَ عنه أغْنَى نَفْسَه

Artinya: “Orang paling terdahulu adalah seorang mukmin saleh yang berguna bila dibutuhkan dan mencukupi dirinya bila ‘tidak diperlukan.” (HR Ibnu Asakir).

10. Tinta karya catat ulama lebih berbobot berpangkal darah para syuhada

10. Tinta karya tulis ulama lebih berbobot dari darah para syuhada

Pexels/August de Richelieu

Perkataan nabi menuntut guna-guna ini menegaskan akan halnya kemuliaan para jamhur nan n kepunyaan karya tulis. N domestik hadis tersebut, karya catat jamhur bernilai tingkatan daripada darah orang yang mati syahid.

يُوْزَنُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِدَادُ العُلَمَاءِ بِدَمِ الشُّهَدَاءِ

Artinya: “Pada hari kiamat tarum (karya tulis) cerdik pandai ditimbang bersama tetesan darah syuhada. (Karenanya lebih musykil nilai tetsan tarum cerdik pandai sebagaimana riwayat bukan).” (HR Bani Abdil Barr, Ibnun Najjar, Ibnul Jauzi, As-Syairazi, Al-Marhabi, dan Ad-Dailami).

11. Hadis menuntut ilmu mencecah negeri Cina

11. Hadis menuntut ilmu sampai ke negeri Cina

Pexels/Agung Pandit Wiguna

Pustaka sabda menuntut mantra ini menegaskan tentang pentingnya belajar mencecah arena yang jauh. Simak bunyi hadisnya, yuk!

عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اطْلُبُوا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّينِ

Artinya: “Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu bahwa Rasullullah bersabda, `Tuntutlah mantra walaupun ke distrik China.” (HR. Imam al-‘Uqaili dalam adh-Dhu’afâ’ (2/230)

12. Hadis menuntut ilmu dan uang kancing suwargaloka

12. Hadis menuntut ilmu jaminan surga

Pexels/Ida Rizkha

Orang alim ialah ia yang lain pernah puas dahaganya plong ilmu sebatas ia menginjak di suralaya. Berikut obstulen hadisnya:

لاَ يَشْبَعُ عَالِمٌ مِنْ عِلْمٍ حَتَّى يَكُونَ مُنْتَهَاهُ الْجَنَّةُ

Artinya: “Sendiri alim tidak adakan pernah kenyang terhadap ilmu sampai ujungnya ialah surga.” (HR Al-Qudha’i intern Musnad As-Syihab).

13. Hadis tentang cara memaksudkan ilmu

13. Hadis tentang cara menuntut ilmu

Pexels/Thirdman

Perbuatan nabi nabi muhammad ini menjelaskan 4 sortiran terbaik dalam menuntut ilmu. Kerumahtanggaan perbuatan nabi nabi muhammad menghendaki ilmu ini, hindari sortiran kelima, yakni orang yang membenci hobatan dan maklumat.

كُنْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا أَوْ مُسْتَمِعًا أَوْ مُحِبًّا وَلَا تَكُنِ الخَامِسَةَ أي مُبْغِضًا فَتَهْلِكَ

Artinya: “Jadilah kamu seorang alim, pelajar, pendengar, atau pecinta (ilmu). Jangan kamu menjadi yang kelima, adalah pembenci (ilmu), maka binasalah sira.” (HR Al-Bazzar, At-Thabarani, Al-Baihaki).

14. Keistimewaan orang nan menghendaki mantra

14. Keistimewaan orang menuntut ilmu

Freepik/Odua

Hadis memaksudkan hobatan ini menerangkan tentang orang nan dungu kian berbahaya ketimbang individu yang miskin harta. Berikut bunyinya:

لَا فَقْرَ أَشَدُّ مِنَ الجَهْلِ

Artinya: “Tidak ada kefakiran yang kian (parah) bermula kebodohan.” (HR Abu Bakar bin Sempurna pada Mu’jamnya, Ibnun Najjar, Ibnu Hibban, dan Al-Qudha’i).

15. Pahala insan mandraguna yang memasrahkan wahyu

15. Pahala orang berilmu memberikan petunjuk

Pexels/Katerina Holmes

Ketika mengajarkan pada anak asuh, coba beritahu titah memaui guna-guna berikut. Hadis ini menegaskan tentang pahala berlapis yang akan didapatkan oleh manusia berilmu yang memberikan petunjuk.

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى، كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

Artinya: “Mana tahu yang mengajak kepada wahyu, maka kamu mendapatkan pahala seperti mana pahala hamba allah yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Mukminat no. 2674).

16. Guna-guna sebagai warisan nabi

16. Ilmu sebagai warisan nabi

Pexels/Thirdman

Titah ini menjelaskan tentang manfaat guna-guna. Para ahli ulama ialah pewaris nabi. Aji-aji perumpamaan warisan tak lekang waktu meski tidak berbentuk raga.

Berikut bunyi hadis menghendaki guna-guna dan artinya:

اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya: “Para jamhur yakni pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi enggak mewariskan dinar maupun dirham, belaka mewariskan aji-aji. Maka berpokok itu, komoditas boleh jadi mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang patut.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Anak laki-laki Majah; dinyatakan shahih maka dari itu asy-Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6297).

17. Wajah turunan yang memaui ilmu bersinar

17. Wajah orang menuntut ilmu bersinar

Pexels/PIxabay

Berikut bunyi hadis menuntut ilmu. Hadis ini bisa dijadikan penyemangat bila momongan runyam membiasakan. Beritahu si Kerdil bahwa menuntut ilmu dapat menciptakan menjadikan wajahnya tampak gemerlap-seri.

نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا حَدِيثًا فَحَفِظَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ، فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ، وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيهٍ

Artinya: “Semoga Allah menjadikan bercahaya seseorang yang mendengar hadits kami terlampau menghafalnya hingga menyampaikannya kepada individu bukan. Betapa banyak orang yang membawa (riwayat) fiqih kepada manusia yang bertambah faqih darinya. Alangkah banyak individu yang membawa (riwayat) fiqih sahaja enggak faqih.” (Shahih: HR. At-Tirmidzi no. 2656).

Itulah 17 hadis menuntut ilmu yang menguraikan tentang keutamaan dan manfaat belajar dalam Islam. Mari, ajarkan plong anak Mama sepatutnya mereka bertambah bersemangat.

Baca pula:

  • Mengajarkan Anak Pustaka Ratib agar Dimudahkan dalam Belajar
  • Kenali 5 Macam Gaya Belajar Anak Demi Kondusif Kecerdasannya
  • Silakan, Ciptakan Pangsa Membiasakan Momongan yang Nyaman dan Rani

Source: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/amelia-putri/hadis-menuntut-ilmu

Posted by: gamadelic.com