Hadits Keutamaan Membaca Al Quran

Fimela.com, Jakarta
Al Alquran yaitu pedoman semangat cak bagi seluruh umat Muslim. Al Alquran yaitu firman Allah yang di dalamnya terdapat sejumlah rasam, zikir dan wahi yang bisa diaplikasikan umat Mukmin internal beribadah atau kehidupan sehari-hari. Jadi, dulu dinasihatkan sekali untuk membaca dan mengamalkannya, karena mendaras Al Alquran termasuk riuk satu ibadah yang sangat diutamakan.

Ada banyak sekali keutamaan bikin basyar yang gemar dan sakti mengaji Al Alquran, jangankam bakal orang yang laju atau ampuh membaca Al Quran, bagi orang yang masih belajar sekalipun diberikan pahala nan besar baginya. Keutamaan mengaji Al Quran ini dijelaskan di dalam beberapa hadist berikut ini.

1. Mendapatkan syafaat

Pelecok satu keutamaan orang yang gemar mendaras Al Quran ialah kelak ia akan mendapatkan syafaat atau pertolongan di periode kiamat. Ini sesuai dengan sebuah hadist yang diriwayatkan Iman Muslim, yang artinya:

“Abu Umamah Al Bahily ra. berkata: “Aku sudah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena selayaknya dia akan datang pada hari kiamat bagaikan pemberi syafaat kepada individu yang membacanya.” (HR. Orang islam).

2. Mendapatkan fungsi

Ada sekali lagi keutamaan cak bagi basyar nan membaca Al Quran, bahwasannya ia akan mendaoatkan kebaikan yang dilipatgandakan. Ini sesuai dengan hadist terbit Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bersuara:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Mungkin yang membaca satu aksara pecah Al Quran maka baginya satu manfaat dengan wacana tersebut, suatu fungsi dilipatkan menjadi 10 kekuatan.” (HR. Tirmidzi).

3. Diangkat derajatnya di sisi Allah

Keutamaan bukan bikin orang nan senang mengaji Al Qur’an bahwa Yang mahakuasa akan mengangkat derajatnya. Kejadian ini sesuai dengan hadist berusul Umar RA berfirman bahwa Rasulullah:

“Allah Ta’ala mengangakat derajat berapa suku bangsa menerobos kitab ini (Al-Qur’an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini juga.” (HR Mukminat)

4. Dimuliakan Allah

Baik orang yang laju mendaras Al Alquran atau patah lidah, maka mereka akan mendapatkan jalal dan pahala bersumber Allah SWT. Ini sesuai dengan sebuah hadist pecah Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengomong, yang artinya:

“Sendiri yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat nan luhur dan senantiasa cak acap loyal kepada Allah. Mengenai yang membaca Al Quran dengan terbata-bata atau kesulitan intern bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

5. Diberikan pahala seperti salat semalaman

Keutamaan luar sahih lainnya dari cucu adam yang memanjakan Al Alquran dan senantiasa membacanya, maka Halikuljabbar akan memberinya pahala sebagai halnya pahala makhluk yang salat selama malam. Ini tertuang dalam hadist berpangkal Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata, nan artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bisa jadi nan mendaras 100 ayat pada suatu lilin lebah dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.” (HR. Ahmad nan disahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’ no. 6468).

Itulah sekian keutamaan semenjak mengaji Al Quran nan perlu diketahui. Semoga ini bisa memotivasi kita moga terus belajar dan memperbanyak mendaras Al Quran.

#WomenforWomen

What’s On Fimela

Source: https://www.fimela.com/lifestyle/read/4861916/5-hadist-bagi-orang-yang-gemar-dan-pintar-membaca-al-quran

Posted by: gamadelic.com