Gambar Tanaman Hias Buah Kelengkeng

JAKARTA, KOMPAS.com –
Sekarang merawat majemuk tanaman menjadi tenar di guri pencinta tumbuhan alias pemula. Beraneka rupa jenis tanaman solek, herbal, bahkan biji zakar bisa dirawat seorang di kondominium.

Lain semua tanaman biji kemaluan membutuhkan lahan yang besar bikin tumbuh, salah satunya pokok kayu buah kelengkeng yang dapat ditanam di n domestik jambangan.

Mengutip kanal Youtube
Ujana Inspirasi, Senin (18/1/2021), lici yang ditanam di kerumahtanggaan jambang dapat dikendalikan pertumbuhan tingginya, sehingga dapat ditentukan ketinggiannya dan tidak hingga menjulang tinggi hingga 10 meter.

Baca juga: Ingin Mengetanahkan Pokok kayu dengan Air? Ini nan Harus Diperhatikan

Internal proses budidaya menanam kelengkeng di dalam jambangan, penyaringan ekstrak yaitu bawah agar kelengkeng dapat tumbuh dengan baik.

Misalnya kelengkeng tenis meja n kepunyaan matra sebesar bola pingpong yang memiliki rasa manis namun asa basah karena lambung airnya nan patut banyak.

Sebenarnya masih banyak lagi keberagaman leci adalah kelengkeng dataran rendah antara lain lengkeng berma, leci epidemi, kelengkeng matalada, leci pingpong, kelengkeng diamond lici aroma durian, lengkeng satu jari.

Kemudian lengkeng dataran tinggi yang teridiri berpunca lengkeng itoh, lici kristal, kelengkeng new kristal, lici kinglong, lici giant.

Baca sekali lagi: 5 Anak kunci Menanam Tanaman Hias di Ruangan Tekor

Bibit yang bagus bikin ditanaman di privat pot adalah bibit akolasi karena tanaman akan cepat bertelur daripada ekstrak pecah biji. Akan lebh bagus juga bibit dari hasil cangkokan, karena sekadar membutuhkan waktu satu periode bikin bertelur. Selain itu, hasil bibit cangkokan memiliki pokok kayu yang makin kecil dan tak terlalu tinggi.

Pemilihan pot

Farik dengan seleksi pot pohon hias, pemilihan jambangan buat kelengkeng harus diperhatikan dari segi jangka panjang, karena kelengkeng akan tumbuh samudra. Beliau dapat menggunakan drum, planter bag, alias semen cor.

Semakin tinggi bibit yang dipilih dan menghasilkan kelengkeng yang tahapan, dianjurkan pemilahan pot yang n kepunyaan kedalaman nan layak dan garis tengah yang lebih segara.

Misalnya lengkeng nan akan bertaruk selevel 30 hingga 40 cm, bisa menggunakan jambang yang memiliki diameter 40 hingga 50 cm.

Ilustrasi buah kelengkeng.
SHUTTERSTOCK/NUNGNING20
Ilustrasi buah kelengkeng.

Media tanam

Lakukan menghasilkan kelengkeng yang bersemi bernas, Ia harus menanam dengan ki alat tanam yang terdiri bermula campuran tanah, pasir, sekam, dan pupuk kandang. Perbandingan nan tepat adalah 1:1:1:2.

Jamur kandang yang digunakan dinasihatkan yang mengandung fosfor kian banyak, ialah nan ada di dalam sempuras kambing dan kambing kibas. Jangan lupa untuk menggunakan styrofoam atau belahan genteng yang diletakkan di dasar vas proporsional 4 sampai 5 cm bikin meninggalkan media petak yang basah.

Baca juga: Seperti ini Cara Mengetanahkan Tanaman dengan Wahana Air

Penyiraman

Tanaman kelengkeng nan berada di dalam vas lain bisa mencari air sendiri, karena akarnya tidak bisa merambat ke luar dari pot.

Oleh karena itu, penyiraman dibutuhkan agar lici tumbuh berkecukupan. Hindari penyiraman yang berlebih pada periode hujan dan mengakibatkan kobak air di dalam jambangan.

Sebaliknya, jika periode panas atau kemarau jangan sampai pokok kayu kehilangan air.

Buat bisa mengamalkan fotosintesis secara maksimal, usahakan tanaman terpapar sorot matahari sejauh 5 jam dalam sehari. Selain itu, berikan cendawan sejauh 1 bulan sekali agar tanaman kelengkeng dapat tumbuh subur.

Baca lagi: Mengetanahkan Pothos atau Sirih Siung Tanpa Air? Serupa ini Caranya

Bagi bulan pertama gunakan kotoran kambing atau domba, dan di bulan selanjutnya bisa menunggangi cendawan NPK dur 16-16-16. Selain itu, pemupukan kembali bisa dilakukan dengan menggunakan zat perangsang bikin bertaruk.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tanaman dengan pola 1-3-9. Simpang utama yang dipertahankan satu saja dengan panjang 75-100 cm, sedangkan cabang primer dan cabang sekunder 3 dan 9 biji pelir.

Kendati pot kelengkeng memiliki bentuk kanopi yang kokoh, cabang primer dan sekunder kiranya memiliki jenjang 30-50 cm.

Pemangkasan pada cabang sekunder akan menghasilkan recup-tunas baru ibarat cabang tersier yang diiringi bunga-bunga majemuk yang akan menjadi buah.

Baca juga: 5 Biaya siluman agar Kamu Bisa Menanam Sayuran di Rumah

Lakukan juga pemangkasan plong cabang-cabang yang cengkar, atau layu agar mentari dapat turut merata sehingga bisa berbuat fotosintesis secara global.

Perundukan

Bakal perundukan dengan menarik salah suatu cabang sekunder yang sehat ke radiks dengan menggunakan kawat.

Agar tambahkan sabut kelapa di antara cabang dan benang tembaga nan digunakan lakukan menghindari luka akibat tulisan dari kawat. Bakal bunga akan muncul beberapa minggu setelah melakukan perundukan.

Penggantian ki alat tanam

Wahana tanam pada kelengkeng harus diganti, tujuannya cak agar media tanah tidak berkanjang. Lakukan penggantian ini biasanya dilakukan sekeliling enam bulan sekali.

Pencangkokan

Jika tumbuhan lici berhasil, artinya pokok kayu kelengkeng cukup tua bangka dan siap bagi dicangkok nan bertujuan bikin menghasilkan bibit bau kencur untuk pula ditanam agar makin banyak.

Panen

Setelah kelengkeng berakibat, dapat dipanen dengan prinsip memotong tangkainya, hindari pial buahnya seyogiannya dapat mempertahankan biji zakar tetap banyak.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Marilah berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang besi malar-malar dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/18/210600276/cara-menanam-kelengkeng-dalam-pot?page=all