metamorfosis kupu-kupu

Metamorfosis kupu-kupu terjadwal kedalam metamorfosis teladan, dimana kerumahtanggaan prosesnya terdiri dari catur tahap: telur, bernga, pupa, dan dewasa.


Transmutasi pada dasarnya merupakan sebuah proses pertumbuhan pada hewan dengan melibatkan pertukaran struktur fisik sejak menetas hingga bertunas dewasa.

Sementara konversi pada rama-rama ialah proses perkembangan biologi yang berubah dari musim ke waktu. Metamorfosis pada rama-rama tertera dalam kategori metamorfosis kamil.

Hal ini membuat kupu-kupu memerlukan waku yang makin lama dibandingkan serangga untuk berubah bermula telur, ulat sebatas menjadi seekor rama-rama dewasa.


Proses Metamorfosis sreg Kupu-kupu

Metamorfosis pada kupu-kupu dimulai dari telur, larva, kepompong, dan kupu-kupu dewasa.

Metamorfosis Kupu-Kupu
Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu
  • Telur

Tahap secepat dalam proses ini adalah kupu-kupu meletakkan telurnya pada ranting dan patera yang disukainya. Rata-rata kupu-kupu akan mengedrop telurnya di ujung daun maupun di pangkal daun. Telur kupu-kupu biasanya membutuhkan musim sekitar 3-5 waktu cak bagi menetas.

  • Ulat (Ulat)

Setelah telur menetas, seekor larva atau belatung akan keluar dari cangkang dan berangkat mencari makan berupa dedaunan di sekitarnya. Ulat ini pula akan mengalami proses alami perubahan kulit sebanyak 5-6 kali. Setelah ulat merasa cukup bikin bersantap, dia akan mengejar gelanggang bagi menjadi sebuah kepompong.

  • Kepompong (Pupa)

Kepompong biasanya dibungkus dengan sesuatu yang bercat coklat dan keras. Pupa akan berpuasa selama 7-20 hari dengan tidak makan dan tidak minum. Periode pupa ini umumnya farik-beda tergantung spesiesnya.

  • Kupu-kupu (Imago)

Imago adalah proses sebuah pupa akan berubah menjadi seekor kupu-kupu. Sreg mulanya kupu-kupu akan keluar berusul kepompong dengan sayap yang masih kecil, kusut dan basah karena suka-suka cairan. Cairan ini sebenarnya berguna membantu basal sayap rama-rama. Hancuran ini di sebut dengan hemolymph.

Setelah keluar dari cangkang kepompong, kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan, mudahmudahan tubuhnya mengering, dan sayapnya bisa berfungsi dengan normal. Kupu-kupu akan menunaikan janji kebutuhan makannya dengan mengejar bunga untuk menyerap nektar ataupun ekstrak bunga puas siang perian.


Perilaku Kupu-kupu

Pada umunya kupu-kupu aktif pada siang perian, dan tidur di justru hari. Kupu-kupu fertil kusut setinggi 2-3 meter di udara. Semakin besar sayapnya maka akan semakin panjang kupu-kupu mewah terbang.

Kupu-kupu termaktub dabat yang berburu makan secara solo. Rama-rama semata-mata akan berkumpul ketika memasuki fase reproduksi. Kupu-kupu jantan akan membasahi rama-rama betina. Lalu rama-rama betina akan meletakkan telurnya pada daun nan telah dipilih. Ini sekali lagi lagi pada fase pertama bagi metamorfosis kupu-kupu.

akan meletakkan telurnya pada daun yang mutakadim dipilih. Ini sekali lagi kembali pada fase purwa untuk metamorfosis kupu-kupu.

Ternyata kupu-kupu tidak hanya makan nextar alias sari anakan dan sari biji pelir-buahan. Terserah lagi macam kupu-kupu tertentu yang lebih-lebih makan buntang sato atau tanah yang basah.


Ciri-Ciri Kupu-Kupu

Berikut ini merupakan ciri-ciri kupu-kupu antara lain:

  • Kulitnya dari kitin
  • Bernapas menggunakan Trakea
  • Aktif pada siang hari
  • Punya kaki 3 pasang, serta memiliki telapak tungkai yang halus.
  • Menghisap nektar bunga
  • Punya mata yang banyak atau majemuk.
  • Memiliki Abdomen ataupun perut
  • Format Sayap lebih besar dibandingkan tubuhnya
  • Beristirahatnya dengan menegakkan sayapnya

Mata air:
moondoggiesmusic.com


Mahasiswa Fisika Universitas Diponegoro. Ki gandrung dengan segala peristiwa plonco di manjapada ilmu warta.