Gambar Buku Tanaman Buah Dalam Pot Sawo

Budidaya Tabulampot Mamey Sapote, Sawo Segara radiks Amerika

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Bagi penggemar buah sawo, belum contoh rasanya seandainya belum mencoba ‘raja’ sawo, mamey sapote. Ya, julukan tersebut mengacu lega format biji zakar yang besar, dengan rumit bisa mengaras 3 kilogram per buah.

Tanaman ini sekali lagi banyak dicari oleh penggemarnya, bikin dibudidayakan. Selain tertarik dengan kerangka buah yang besar, budidaya mamey sapote juga relatif mudah. Termasuk dengan metode tanam pokok kayu buah dalam jambangan (tabulampot).

“Mamey sapote, relatif mudah ditanam. Perawatannya juga gampang, tambahan pula maka itu cucu adam nan yunior mencoba berkebun sekalipun. Tersurat melintasi tabulampot, tunak bisa berbuah dengan baik asalkan terwujud kebutuhan nutrisinya,” papar petambak mamey sapote asal Mijen Semarang, Ismanto, momen ditemui, Senin (26/4/2021).

Dijelaskan, cak semau tiga prinsip budidaya vegetatif dalam proses pembibitan mamey sapote, yakni cara sambung pucuk, sambung susu dan ki memasukkan.

“Melangkaui cara ini, sedikitnya, umur 1,5 periode sudah muncul biji pelir. Berbeda dengan semaian biji, lalu tumbuh tunas baru. Cara tersebut, setidaknya membutuhkan waktu sebatas 10 tahun, baru bisa berbuah,” terangnya.

Itu sebabnya, bibit mamey sapote buat budidaya tabulampot, biasanya berupa cangkok dan sambung susu. Bersumber segi pertumbuhan, sambung payudara lebih bagus dari cangkok, dan kian cepat berbuah. Saja saja untuk sambung tetek, harga bibit bertambah mahal karena, teknik tersebut melakukan penyambungan dengan bangkai bawah dari tunas.

“Jadi mamey sapote ini, rata-rata semata-mata memiliki suatu angka buah. Biji ini kemudian disemaikan, hingga tumbuh tunas. Pada umur sekitar satu hari, tunas ini kemudian disambungkan dengan dahan mamey sapote, sehingga pertumbuhannya bisa lebih cepat. Ini yang dinamakan teknik hubung susu,” tandasnya.

Selanjutnya:

1
2

Source: https://www.cendananews.com/2021/04/budidaya-tabulampot-mamey-sapote-sawo-raksasa-asal-amerika.html