Gagasan Penyelenggaraan Kongres Pemuda 2 Berasal Dari

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pesuluh Pesuluh Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota siswa bersumber seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, senat dilaksanakan di tiga gedung nan farik dan dibagi dalam tiga siapa rapat. Sehingga menghasilkan Kualat Perjaka.

inilah referensi aslinya
Kami putra dan amoi Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan upik Indonesia, menyanggupi bertumpah pembawaan satu, lahan air Indonesia.
Kami putra dan dara Indonesia, menjunjung pangkat bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Rapat Pertama, Bangunan Katholieke Jongenlingen Bond
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat jiwa persatuan kerumahtanggaan sanubari para cowok. Program dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan perpautan persatuan dengan perjaka. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan keinginan.

Rapat Kedua, Gedung Oost-Java Bioscoop
Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, menggosipkan komplikasi pendidikan. Kedua penceramah, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus membujur pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat Ketiga, Bangunan Indonesisch Huis Kramat
Lega sesi berikutnya, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain aksi kepanduan. Sedangkan Ramelan mencadangkan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan berpokok rayapan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak asuh-anak disiplin dan mandiri, hal-keadaan nan dibutuhkan dalam peperangan.

Sebelum senat ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah makanya peserta dewan perwakilan. Kongres ditutup dengan mereklamekan rumusan hasil badan legislatif.

Source: https://id-jawaban.com/sejarah/tugas14448017