Firman Allah Tentang Orang Tua

Sebagai riuk satu turunan nan boleh membuat seseorang turut ke surgaloka, Allah SWT telah mengasihkan penjelasan dalam ayat Quran tentang berbakti kepada orang sepuh.

Bani adam gaek rela melakukan yang terbaik bikin momongan-anaknya.

Sehingga dalam Selam, berbakti pada keduanya yaitu perlagaan nan harus dilakukan anak demi membahagiakannya.

Allah SWT juga dengan tegas melarang untuk membentak ayah bunda, lamun dengan perkataan yang ringan.

Perlakukan dengan semolek-baiknya, dan detik meninggal anak harus mendoakan keduanya.

Baca Pula:
Tips Parenting untuk Orang Jompo Mentah, No Panic Panic Club!

Ayat Quran Tentang Berbakti kepada Orang tua

Ayat Alquran Tentang Berbakti kepada Orang Tua

Foto: Ayat Alquran Tentang Berbakti kepada Ibu bapak

Foto Ibu dan Anaknya (researchoutreach.org)

Hasil pengkajian Universitas Muhammadiyah Surakarta, menelanjangi bahwa makna berbakti kepada ibu bapak adalah berpose tunak, dan memuliakan orang tua.

Selain itu lagi, perwujudan tanggung anak kepada orang tua, menggombeng beban orang tua, bersikap baik, menghambakan diri dan membahagiakan ibu bapak.

Mulai sejak beberapa ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua di dasar ini, menunjukkan bahwa posisi orang tua silam indah.

Jika yang dilakukan keduanya satu bahasa dengan perintah Halikuljabbar SWT, maka diganjar surga.

Beberapa di antaranya ialah:

1. Ayat Alquran Adapun Berbakti kepada Orang Tua dengan Perlakuan yang Baik

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا وَٱخۡفِضۡ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحۡمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرۡحَمۡهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرٗا

23. “Dan Rabb-mu menyuruh manusia untuk beribadah kepada-Nya dan sayang berbuat baik kepada orang tua. Takdirnya pelecok satu atau keduanya berusia lanjut. Maka jangan mengatakan ‘ah’ dan membentaknya,”

24. “Dan katakanlah kepada keduanya perkataan nan baik dan rendahkan dirimu dengann penuh karunia sering. Dan katakanlah, “Wahai Rabb-ku sayangi keduanya sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil,” (QS Al-Isra’: 23-24).

Baca Juga:

45+ Hadits Pendek dan Artinya yang Mudah Dihafal, Yuk Ajarkan pada Si Kerdil!

2. Ayat Alquran Tentang Berbakti kepada Orang Berida dan Bersyukur

وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنٖ وَفِصَٰلُهُۥ فِي عَامَيۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيۡكَ إِلَيَّ ٱلۡمَصِيرُ وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشۡرِكَ بِي مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٞ فَلَا تُطِعۡهُمَاۖ وَصَاحِبۡهُمَا فِي ٱلدُّنۡيَا مَعۡرُوفٗاۖ وَٱتَّبِعۡ سَبِيلَ مَنۡ أَنَابَ إِلَيَّۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ

  1. “Dan Kami memerintah kepada bani adam cak bagi berbakti kepada prang tua, ibu yang telah mengandung dalam keadaa lemah dan menyapihnya intern dua perian. Bersyukurlah kalian kepada Ku dan kepada ibu bapak. Hanya kepada-Ke lah kamu kembali,”
  2. “Dan apabila keduanya mengerasi mempersekutukan sesuatu dengaan Aku yang enggak ada pengetahuaanya, maka jangan kamu mengikutinya. Pergaulilah keduanya dengan cara yang baik dan ikuti jalan orang-sosok yang kembali kepada-Ku, sekadar kepada-Ku lah kembalimu maka Aku kabarkan apa yang kamu bagi,” (QS Luqman: 14-15).

Baca Juga:
3 Doa untuk Kedua Orang tua Terkasih, Ayo Ajarkan pada Sang Kecil!

3. Ayat Quran Tentang Berbakti kepada Ibu bapak dan Dilarang Durhaka

۞قُلۡ تَعَالَوۡاْ أَتۡلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمۡ عَلَيۡكُمۡۖ أَلَّا تُشۡرِكُواْ بِهِۦ شَيۡ‍ٔٗاۖ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنٗاۖ وَلَا تَقۡتُلُوٓاْ أَوۡلَٰدَكُم مِّنۡ إِمۡلَٰقٖ نَّحۡنُ نَرۡزُقُكُمۡ وَإِيَّاهُمۡۖ وَلَا تَقۡرَبُواْ ٱلۡفَوَٰحِشَ مَا ظَهَرَ مِنۡهَا وَمَا بَطَنَۖ وَلَا تَقۡتُلُواْ ٱلنَّفۡسَ ٱلَّتِي حَرَّمَ ٱللَّهُ إِلَّا بِٱلۡحَقِّۚ ذَٰلِكُمۡ وَصَّىٰكُم بِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ

Artinya:

“Katakanlah: “Ayo kubacakan apa yang diharamkan atas engkau oleh Tuhanmu ialah:

Janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Ia, berbuat baiklah terhadap kedua basyar ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak asuh anda karena takut kemiskinan.

Kami akan memberi kandungan kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah beliau mengarah kelakuan-ragam yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi.

Janganlah kamu membunuh hayat yang diharamkan Tuhan (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang bersusila”.

Demikian itu nan diperintahkan kepadamu supaya sira mengerti(nya),” (QS Al-Anam: 151)

4. Ayat Alquran Adapun Berbakti kepada Ayah bunda dan Perintah Allah SWT

وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيۡهِ إِحۡسَٰنًاۖ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ كُرۡهٗا وَوَضَعَتۡهُ كُرۡهٗاۖ وَحَمۡلُهُۥ وَفِصَٰلُهُۥ ثَلَٰثُونَ شَهۡرًاۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرۡبَعِينَ سَنَةٗ قَالَ رَبِّ أَوۡزِعۡنِيٓ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِيٓ أَنۡعَمۡتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَيَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَٰلِحٗا تَرۡضَىٰهُ وَأَصۡلِحۡ لِي فِي ذُرِّيَّتِيٓۖ إِنِّي تُبۡتُ إِلَيۡكَ وَإِنِّي مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ

Artinya:

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua basyar ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan rumpil penat, dan melahirkannya dengan susah payah (sekali lagi).

Mengandungnya sampai menyapihnya yaitu tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya hingga empat puluh tahun ia sembahyang:

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku bikin mensyukuri nikmat Engkau yang sudah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat melakukan amal yang saleh nan Engkau ridhai.

Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kemustajaban) kepada anak cucuku.

Senyatanya aku bertaubat kepada Sira dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri,” (QS Al-Ahqaf: 15)

Baca Juga:
9 Peran Individu Tua kerumahtanggaan Mematangkan Anak, Wajib Tahu!

Hadits Tentang Berbakti kepada Orang tua

Merawat Orang Tua -1.jpg

Foto: Merawat Orang Tua -1.jpg

Foto Memegang Tangan Ayah bunda (Orami Photo Stock)

Berbakti kepada insan tua adalah suatu keharusan bagi setiap anak.

Setelah mengetahui ayat Alquran tentang berbakti kepada basyar tua bangka, hal ini juga mendapat penjelasan dari hadits nabi.

Di kerumahtanggaan kitab Lubbabul Perbuatan nabi nabi muhammad ki ketiga puluh, Pater As-Suyuthi menuliskan hadits adapun fadhilah atau keutamaan berbakti kepada ayah bunda nan terbiasa diperhatikan.

Baca Juga:

5 Doa cak bagi Kedua Makhluk Gaek Tercinta, Yuk Ajarkan pada Sang Boncel!

5. Hadits Adapun Berbakti kepada Ayah bunda dan Keridhoan Allah SWT

Nabi SAW berucap:

“Ridha Tuhan itu di internal ridhanya ibu bapak, dan ketidak ridhaan Allah itu di dalam ketidak ridhaan ayah bunda,” (HR Al-Juri dan At-Tirmidzi).

6. Hadits Akan halnya Berbakti kepada Ibu bapak dan Polah Baik

Rasulullah SAW bersabda:

“Melakukan baiklah kepada insan lanjut umur-orang tua kalian maka anak-momongan kalian akan mengamalkan baik kepada kalian, dan jagalah diri kalian (dari zina), maka istri-istri kalian akan terjaga (berbunga zina),” (HR Ath-Thabarani).

7. Hadits Tentang Berbakti kepada Makhluk Tua bangka yang Telah Meninggal

“Wahai Rasulullah, segala masih ada mandu berbakti kepada ibu bapak pasca- meninggal?”

Anda menjawab:

“Ya, dengan mewiridkan, meminta ampun untuknya, melaksanakan wasiatnya, menyambung silaturahmi yang tidak bisa disambung kecuali jalan mereka dan memuliakan teman-temannya,” (HR Bubuk Daud).

Itulah beberapa penjelasan ayat Quran adapun berbakti kepada ibu bapak beserta haditsnya.

Semoga kita semua termasuk golongan yang memuliakan keduanya sebatas dapat bersama sebatas ke kayangan.

Source: https://www.orami.co.id/magazine/ayat-alquran-tentang-berbakti-kepada-orang-tua

Posted by: gamadelic.com