Enzim Yang Ada Di Kerongkongan


Dipublish tanggal: Sep 26, 2022
Update keladak: Feb 10, 2022

Tinjau pada Jun 13, 2022

Waktu baca: 9 menit

Setiap makanan nan dikonsumsi akan diolah plong kanal pencernaan. Organ-perangkat pencernaan memproduksi enzim untuk membantu proses pencernaan dan pengolahan makanan sehingga mudah diserap makanya bodi.

Fungsi enzim pencernaan yang paling terdepan merupakan memecah makromolekul polimerik (atom raksasa) menjadi babak yang makin boncel, karena belaka partikel kerdil yang dapat diserap oleh tubuh. Komponen makanan yang dipecah maka itu enzim pencernaan antara enggak gurih, karbohidrat, dan protein.


Iklan dari HonestDocs

Beli Pemohon Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ Percuma Temu ramah Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Macam-jenis enzim pencernaan

Sesuai dengan namanya, enzim pencernaan tentu sekadar ditemukan di saluran pencernaan, tiba dari mulut, lambung, kelenjar pankreas, dan usus halus. Setiap organ tersebut menghasilkan enzim nan berbeda-beda namun saling berkaitan lakukan melancarkan proses pencernaan serta kondusif kemujaraban kamp tubuh.

Beralaskan substrat targetnya, enzim pencernaan bisa diklasifikasikan seumpama berikut:

  • Enzim Protease meliputi pepsin, tripsin, dan kimotripsin memecah protein menjadi peptida dan asam amino. Enzim ini terletak sreg rahim, pankreas dan perut muda halus
  • Enzim Lipase bertugas membagi lemak menjadi asam sedap dan gliserol yang berada pada pankreas dan lambung
  • Enzim Amilase berjupang fruktosa atau zat pati menjadi glukosa alias sukrosa
  • Enzim Nuklease menjatah asam nukleat menjadi nukleotida

Bintang sartan bisa dilihat bahwa faedah enzim itu spesifik dan hanya zat tertentu yang boleh diproses oleh enzim tertentu kembali plong organ bodi tertentu.

Baca Pun: Pentingnya Enzim Pencernaan Bagi Tubuh

Berbagai enzim plong ucapan

Sebelum diserap maka itu tubuh, zat makanan kompleks yang dikonsumsi harus dipecah terlebih dahulu menjadi zat yang lebih sederhana, yakni zat yang mudah sagu betawi dan tidak larut. Dalam rongga mulut terdapat kelenjar iler yang mengkhususkan berbagai enzim dan zat yang mendukung proses pencernaan dan menggertak kuman berbahaya.

Beberapa jenis enzim nan diproduksi oleh kelenjar saliva (air liur) adalah:


Iklan dari HonestDocs

Beli Pelamar Rahim & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Dapat COD ✔️ Cuma-cuma Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

1. Lipase

Enzim lipase membantu memaklumi lipid maupun mak-nyus saat kas dapur berangkat diproses di mulut dan lagi kondusif mempermudah penyerapan gurih di peranakan dan usus halus.

Baca Juga: Fungsi Enzim Lipase dan Variasi-Jenisnya

2. Amilase

Enzim amilase adalah enzim nan berkarya pada pati rezeki dan berfungsi mengebankan fruktosa obsesi ke rantai yang lebih kecil atau apalagi sakarosa tertinggal n domestik bentuk maltosa. Enzim amilase disebut juga ibarat enzim ptialin nan diproduksi oleh kelenjar liur pada mulut.

3. Lisozim

Dalam makanan yang dikonsumsi lain doang mengandung berbagai nutrisi terdepan yang dibutuhkan awak namun mungkin terletak bakteri seperti patogen atau virus nan ikut menempel. Fungsi enzim lisozim nan berperangai antibakteri dapat melindungi dan melumpuhkan kuman ataupun bibit penyakit.

4. Haptocorrin

Haptocorrin juga dikenal umpama R-factor yang berfungsi kondusif penyerapan vitamin B12. Haptocorrin mereservasi nutrisi B12 dari kebinasaan yang disebabkan maka itu asam perut. Setelah hingga di duodenum, ikatan B12-Haptocorrin terpisah maka dari itu protease pankreas.

Vitamin B12 kemudian bisa berikatan dengan faktor intrinsik (IF) yang telah diproduksi oleh bui parietal dan keduanya (zat makanan B12 & IF) akan dibawa ke ileum melalui reseptor cubam.


Iklan mulai sejak HonestDocs

Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Cuma-cuma Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Temu ramah Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Ada 2 spesies kelenjar ludah yang membantu proses pencernaan:

  • Glandula serosa: Kelenjar ini menghasilkan sekret nan kaya akan air, elektrolit, dan enzim. Contohnya yakni kelenjar parotid
  • Kelenjar campuran: Kelenjar ini n kepunyaan kurungan serosa dan bui mukosa yang mencakup glandula sublingual dan submandibular. Produksi sekresinya ialah campuran serous dan mukous dan turut ke bacot melalui duktus Wharton

Majemuk enzim pada ki gua garba

Enzim pencernaan nan dihasilkan makanya rezeki disebut enzim makanan di mana lambung sendiri memainkan peran terdahulu dalam pencernaan, baik secara mekanis dengan mencampur dan menghancurkan makanan. Selain itu, lambung juga memproduksi asam hidroklorik (HCL) nan dapat membunuh patogen dan menciptakan keasaman secara enzimatik dengan mencernanya melangkaui enzim protease.

Berikut ini adalah enzim, hormon maupun senyawa yang diproduksi oleh lambung beserta fungsinya masing-masing:

1. Pepsin

Pepsin yaitu enzim lambung yang paling terdepan dan diproduksi maka itu sel rezeki yang disebut “pengasingan utama” atau “chief cell” dalam bentuk pepsinogen yang belum aktif (zymogen). Pepsinogen kemudian diaktivasi oleh cemberut lambung ke privat bentuk aktif pepsin. Manfaat pepsin ialah bercagak protein dalam makanan menjadi partikel yang kian kecil, seperti fragmen peptida dan senderut amino.

Oleh karena itu, pencernaan protein dimulai mula-mula kali di peranakan, tidak seperti karbohidrat dan lipid (lemak) nan memulai proses pencernaannya dari mulut.

2. Asam klorida (HCl)

Pada dasarnya bersut klorida terdiri dari zarah hidrogen bermuatan positif (H+) maupun internal istilah awam disebut cemberut lambung. HCl diproduksi oleh tangsi-interniran tembolok nan disebut lembaga pemasyarakatan parietal nan n kepunyaan kelebihan utama, yakni:

  • Denaturasi protein
  • Mendamparkan bakteri maupun virus nan sederhana privat alat pencernaan
  • Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin

3. Faktor intrinsik (IF)

Faktor intrinsik dihasilkan makanya interniran parietal pada kandungan di mana IF berlaku utama dalam penyerapan vitamin B12 pada ileum perhentian.

Awalnya di air liur, haptocorrin disekresikan oleh glandula liur buat berikatan dengan vitamin B12 sehingga menciptakan kompleks vitamin B12-Haptocorrin. Tujuannya yaitu kerjakan melindungi zat makanan B12 agar tidak rusak maka itu asam klorida nan diproduksi oleh lambung.

Setelah isi peranakan disalurkan ke duodenum, haptocorrin dirusak maka itu enzim pankreas (protease) sehingga melepaskan zat makanan B12 yang utuh. Faktor intrinsik (IF) yang dihasilkan maka dari itu kerangkeng parietal kemudian mengeluh vitamin B12 dan menciptakan kompleks vitamin B12-IF yang kemudian diserap oleh babak usus halus ileum terminal.

4. Mucin

Lambung memiliki peranan penting dalam menghancurkan bakteri dan virus dengan cara memanfaatkan HCl yang sangat bersut. Sekadar lambung juga harus melindungi lapisannya koteng mulai sejak kebiasaan asam yang merusak tersebut.

Caranya dengan mensekresi mucin dan bikarbonat melalui sengkeran mukosanya, dan lagi dengan mengerjakan diseminasi siklus (mati-bersemi) sel nan cepat.

5. Gastrin

Gastrin merupakan hormon utama yang diproduksi maka dari itu “rumah pasung G” dari lambung. Kamp G menghasilkan gastrin sebagai respons terhadap penegangan lambung yang terjadi setelah makanan masuk, dan kembali sesudah paparan perut terhadap protein.

Gastrin adalah hormon endokrin nan memasuki aliran darah dan akibatnya pun ke makanan dimana ia merangsang sel parietal untuk menghasilkan bersut hidroklorida (HCl) dan faktor intrinsik (IF).

6. Lipase Ki gua garba

Lipase lambung yaitu asam lipase nan disekresikan maka dari itu “chief cell” di mukosa fundus di tembolok, dan memiliki pH optimum 3-6. Lipase lambung, bersama dengan lipase lingual, terdiri dari dua lipase asam.

Lipase ini, lain seperti lipase basa (sebagai halnya lipase pankreas ), tidak memerlukan bersut empedu alias kolipase untuk aktivitas enzimatik yang optimal.

Lipase asam membuat 30% hidrolisis lipid nan terjadi sejauh pencernaan sreg manusia dewasa, dan lipase lambung lah nan berkontribusi paling banyak. Pada neonatus, lipase senderut jauh lebih utama, menyisihkan sebatas 50% berbunga total aktivitas lipolitik.

Terlazim diketahui bahwa ada empat variasi sel di rahim:

  • Sel parietal : Menghasilkan asam klorida dan faktor intrinsik.
  • Sel utama “Chief Cell” peranakan : Menghasilkan pepsinogen. Penjara penting ini terutama ditemukan di babak yang disebut “body” maupun badan lambung, yang yakni putaran anatomis tengah atau superior dari lambung.
  • Rumah tahanan mukosa gala dan pit : Menghasilkan mucin dan bikarbonat untuk menciptakan “zona netral” buat melindungi salutan rahim berpunca asam maupun iritasi pada kimus (chyme) lambung .
  • Sengkeran G : Menghasilkan hormon gastrin sebagai respons terhadap distensi mukosa nafkah atau protein, dan seksi produksi kurungan parietal. Rumah pasung G terdapat di bagian antrum (sumber akar) tembolok, yang merupakan daerah paling kelas dari rezeki.

Sekresi maka dari itu sel – kurungan diatas dikendalikan makanya sistem saraf enterik (ENS). Distensi di perut atau persarafan oleh saraf vagus (parasimpatis) akan mengaktifkan ENS, yang puas gilirannya akan menyebabkan pelampiasan asetilkolin. Sesudah sebatas, asetilkolin akan mengaktifkan bui G dan pengasingan parietal.

Enzim pada kelenjar ludah perut

Pankreas merupakan gabungan kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Fungsi pankreas umpama kelenjar endokrin ialah menghasilkan hormon (seperti mana insulin, dan glukagon) bagi dilepaskan ke sistem peredaran talenta.

Fungsinya buat mengendalikan metabolisme glukosa, dan pun untuk mengeluarkan sekret pankreas (jus kelenjar ludah perut) ibarat kelenjar eksokrin.

Hasil sekresi dari kelenjar eksokrin pankreas akan dilairkan menuju duodenum atau tali perut 12 jemari kurnia memafhumi tembolok yang berasal dari lambung. Kurnia pencernaan alias eksokrin pankreas proporsional pentingnya dengan fungsi endokrinnya.

Berikut tipe-macam enzim penyusun jus kelenjar ludah perut berserta fungsinya:

  • Tripsinogen, yakni protease aktif (zymogenic) yang diaktifkan privat duodenum menjadi tripsin, memecah zat putih telur menjadi pepton. Tripsinogen diaktifkan melalui enzim duodenum enterokinase ke enzim tripsin yang aktif.
  • Chymotrypsinogen, merupakan protease aktif (zymogenic) yang diaktifkan oleh enterodinase duodenum, yang kemudian diubah menjadi chymotrypsin bikin menafsirkan protein dan peptosa menjadi pepton,asam amino dan peptida. Chymotrypsinogen lagi bisa diaktifkan oleh tripsin.
  • Carboxypeptidase, nan yaitu protease yang mengasingkan cemberut amino ujung setopan c rantai polipeptida.
  • Elastase berfungsi meletakkan zat putih telur elastin dan beberapa zat putih telur lainnya.
  • Pankreas lipase yang mendegradasi trigliserida menjadi bersut lemak dan gliserol.
  • Sterol esterase
  • Fosfolipase
  • Nuklease berfungsi mendegradasi asam nukleat, seperti DNAase dan RNAase
  • Amilase pankreas berfungsi memecah pati dan glikogen yang merupakan polimer glukosa alfa-linked.

Berikut mekanisme pankreas nan terdepan bikin pemeliharaan keseimbangan dan produksi sari buah pankreas:

Secretin

Sekretin merupakan hormon yang diproduksi maka itu “kerangkeng S” duodenum sebagai respons terhadap kimus (chyme) rahim nan mengandung konsentrasi atom hidrogen pangkat (keasaman tinggi) yang dilepaskan ke dalam sirkulasi darah.

Setelah kembali ke saluran pencernaan, sekresi mengurangi pengosongan lambung, meningkatkan sekresi sel duktus kelenjar ludah perut, serta erotis terungku asinar pankreas bakal mengeluarkan sari buah zimogeniknya.

Cholecystokinin (CCK)

Cholecystokinin (CCK) yaitu peptida distingtif yang dikeluarkan oleh “sel I” duodenum untuk menguasai kimus (chyme) yang mengandung lemak atau protein yang tinggi.

Bukan begitu juga secretin, yang merupakan hormon endokrin, CCK benar-benar bekerja melalui eksitasi nikah neuron, hasil karenanya yakni stimulasi terungku asinar cak bagi melepaskan isinya. CCK pula meningkatkan kontraksi kandung empedu.

Cairan empedu kontributif penyerapan nikmat dengan mengemulsinya, dan meningkatkan permukaan serapnya. Cairan empedu dihasilkan oleh hati, kemudian ditampung di internal kantong empedu.

Gastric inhibitory peptide (GIP)

Perumpamaan penghambat aktivitas lambung (GIP) nan diproduksi oleh lembaga pemasyarakatan duodenum mukosa sebagai respon untuk mengatasi kimus (chyme) yang mengandung karbohidrat, protein, dan senderut mak-nyus yang tinggi . Fungsi utama GIP ialah mengurangi pengosongan lambung.

Somatostatin

Somatostatin merupakan hormon nan diproduksi oleh lokap mukosa duodenum dan juga “interniran delta” pankreas. Somatostatin punya surat berharga penghambatan, termaktub menghambat produksi kelenjar ludah perut.

Daftar enzim plong usus subtil

Enzim atau hormon berikut diproduksi di duodenum:

1. Secretin

Secretin yakni hormon endokrin yang diproduksi maka itu “penjara S” duodenum sebagai respons terhadap keasaman rezeki.

2. Cholecystokinin (CCK)

Cholecystokinin (CCK) adalah peptida istimewa yang dikeluarkan maka itu “sel I” duodenum internal menanggapi kimus (chyme) yang mengandung kandungan legit maupun protein yang jenjang.

Tidak seperti secretin, yang yaitu hormon endokrin, CCK serius bekerja melalui stimulasi kontak neuron, hasil hasilnya adalah perangsangan sel asinar untuk melepaskan isinya.

CCK juga meningkatkan kontraksi kandung empedu, menyebabkan pemenuhan cairan empedu yang telah disimpan ke privat serokan sistik, dan akhirnya masuk ke parit empedu mahajana dan melalui ampula Vater ke posisi anatomis kedua duodenum.

CCK juga merelaksasi sfingter Oddi , yaitu sfingter nan mengatur aliran melalui ampula Vater. CCK juga menurunkan aktivitas lambung dan mengurangi pengosongan makanan.

3. Gastric inhibitory peptide (GIP)

Peptida penghambat aktivitas peranakan (GIP). Berfungsi bakal menurunkan motilitas rahim dan diproduksi makanya sel mukosa duodenum.

4. Motilin

Zat ini meningkatkan motilitas gastrointestinal melalui reseptor khusus yang disebut “reseptor motilin”.

5. Somatostatin

Hormon ini diproduksi oleh mukosa duodenum dan juga oleh rumah pasung muara sungai pankreas. Kemustajaban utamanya adalah untuk menghambat bineka mekanisme sekresi.

Selama lapisan tali perut halus ada banyak enzim brush border yang fungsinya untuk bersimpang chyme yang terlepas dari lambung ke internal anasir yang dapat diserap. Beberapa enzim ini meliputi:

  • Erepsin : mengubah pepton dan polipeptida menjadi asam amino.
  • Maltase : mengubah maltosa menjadi glukosa.
  • Laktase : enzim yang meniadakan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Mayoritas populasi penduduk di Timur Perdua dan Asia kekurangan enzim ini. Enzim ini juga menurun seiring bertambahnya usia.
  • Sukrase : meniadakan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.
  • Disakarida lainnya

Tabulasi Fungsi Enzim Pencernaan

Organ Nama Enzim Guna Enzim
Lambung Pepsin Mengubah zat putih telur menjadi pepton
Renin Mengubah kaseinogen menjadi kasein (protein tetek) & mengendapkan kasein susu
Lipase Gastrik Mengubah trigliserida menjadi asam lemak
Senderut Klorida (HCL) Membunuh bakteri atau kuman dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin
Pankreas Tripsin Bersangkak zat putih telur pada bersut amino pangkal
Chymotrypsinogen Mengingkari protein dan peptosa menjadi pepton,bersut amino dan peptida
Carboxypeptidase Melepas asam amino ujung setopan c kalung polypeptida
Lipase Mengemulsi lemak menjadi bersut lemak & gliserol
Amilase Mengingkari amilum menjadi maltosa & glukosa
Elastase Menurunkan protein elastin dan beberapa protein lainnya
Nuklease Mendegradasi asam nukleat, begitu juga DNAase dan RNAase
Usus Renik Enterokinase Mengubah tripsinogen menjadi tripsin yang digunakan dalam sungai buatan pankreas
Maltase Menidakkan maltosa menjadi glukosa
Laktase Mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa
Sukrase Mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
Paptidase Mengubah polipeptida menjadi senderut amino
Lipase Usus Mengubah lemak menjadi senderut lemak dan gliserol
Erepsin/Dipeptidase Meniadakan dipeptida atau pepton menjadi bersut amino
Disakarase Memungkiri disakarida menjadi monosakarida

3 Bacaan

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen buat memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya terbit institusi tercalit. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai
proses editorial
kami di sini.


Artikel ini hanya sebagai proklamasi kesegaran, enggak diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Ia bikin tetap melakukan konsultasi serta merta dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah mengaji. Seberapa bermanfaat proklamasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Terima kasih atas saran dan masukannya! Kami akan meningkatkan kualitas layanan kami agar lebih bermanfaat.

Source: https://www.honestdocs.id/enzim-enzim-pencernaan-pada-lambung-pankreas-usus-halus

Posted by: gamadelic.com