Dzikir Dan Doa Setelah Sholat

Tahmid Setelah Sholat Fardhu –
Sholat fardhu lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim dalam peristiwa apa pun, kapan hanya dan di mana namun. Sahaja, seorang muslim yang mengalami hal tertentu seperti sakit diberikan keringanan privat melakukan sholat fardhu.

Contohnya apabila ada seseorang nan guncangan dan tidak bisa berdiri, maka diperbolehkan untuk melaksanakan sholat fardhu privat peristiwa duduk. Apabila tidak bisa duduk, maka diperbolehkan buat terpicing, apabila tidak boleh sama sekali, maka diperbolehkan melaksanakan sholat dengan isyarat.

Ketika mendirikan sholat fardhu, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan dalam agama Islam. Di antara yakni membaca doa sebelum dan sehabis sholat fardhu. Doa-doa ini dapat mengabulkan hajat seseorang, menyempurnakan ibadah dan memiliki keutamaan lainnya.

Dalil nan Menganjurkan Membaca Dzikir Selepas Sholat

Doa Setelah Sholat Fardhu

pexels.com

Meskipun berdzikir dan berdoa sehabis sholat fardhu panca musim hukumnya tidak wajib, akan tetapi sebaiknya seorang orang islam tidak simultan meninggalkan medan dan pergi setelah sholat. Sunnah bagi berdzikir dan berdoa ini, telah diisyaratkan oleh Utusan tuhan Muhammad SAW dan sesuai dengan firman Allah SWT dalam manuskrip An Nisa ayat 103.

Artinya: Maka jika kamu mutakadim menyelesaikan sholat mu, berdzikirlah pada Allah SWT di hari ngeri, musim duduk serta di waktu tiduran. Lewat jika kamu telah merasakan lega dada, maka dirikanlah sholat tersebut sebagai halnya galibnya. Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan oleh waktunya atas anak adam-orang yang berkepastian.

Allah pula berfirman intern tembusan Al Jumuah ayat 10, berikut ayatnya.

Artinya: Sekiranya telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah dia di muka mayapada ini dan carilah karunia Allah serta berdzikirlah sreg Halikuljabbar setinggi-tingginya mudahmudahan kamu beruntung.

Sebab, dengan berdzikir setelah sholat, dzikir tersebut akan menjadi penambal terbit kekurangan yang ada n domestik sholat nan Grameds laksanakan sebelumnya. Demikian pun dengan berdzikir, dengan dzikir, maka seseorang telah menyambung ibadahnya dengan ibadah yang lain, sehingga seorang muslim tidak akan merasa memadai hanya dengan ibadah sholat sekadar.

Dalam berdzikir setelah radu sholat, semoga sendiri muslim mengikuti permintaan dari Nabi Muhammad SAW dan melafalkan dzikir nan diajarkan oleh Nabi.


Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Doa Setelah Sholat Fardhu

pexels.com

Sebagai halnya nan sudah dijelaskan di atas, bahwa dzikir sebaiknya dibaca sesuai dengan petisi dan wahi pecah Nabi Muhammad SAW. Tujuannya seyogiannya dzikir nan dibaca boleh menyempurnakan ibadah sholat yang sebelumnya dilaksanakan dan juga menggunung pahala. Berikut beberapa dzikir setelah sholat yang bisa Grameds baca.

1. Membaca istighfar sebanyak 3 mana tahu

Berpangkal Tsauban ra, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Artinya: Kebanyakan Rasulullah SAW takdirnya radu sholat, sira (mengaji) istighfar sebanyak 3 mungkin kemudian mengaji doa: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.

(Ya Tuhan Engkau lah as salam serta keselamatan hanyalah berasal Mu, Maha Tahir Anda wahai Dzat yang memiliki seluruh izzah serta keluhuran.(HR. Muslim no 591)).

2. Membaca tahlil

Pecah Al Mughirah bin Syu’bah ra, dia berkata,

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: aku mendengar Nabi SAW setelah selesai sholat anda berdoa: laa ilaha illallooh wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Alloohumma laa maani’a panca a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

(Tidak ada ilah yang berhak buat disembah selain Allah satu-satunya, tidak suka-suka sekutu cak bagi Nya. segala pujian serta kerajaan merupakan milik Allah. Yang mahakuasa Maha Kuasa atas segala apa sesuatunya. Ya Tuhan tidak suka-suka nan mencegah apa yang Kamu beri dan tidak cak semau yang memberikan apa yang Engkau cegah. Tidak bermakna harta kekayaan dan kemuliaan bagi pemiliknya. Dari Beliau lah seluruh kekayaan dan kemuliaan.) (HR. Bukhari no 6615, Muslim no 593).

3. Mengaji tasbih, tahmid, takbir dan tahlil sebanyak 100 kali

Setelah selesai membaca dua kerangka dzikir di atas, maka selanjutnya Grameds bisa membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahmid setelah selesai sholat. Bacaan rosario, ratib, tahlil dan tahlil cak semau empat bentuk yang shahih dari Nabi SAW. Berikut penjelasannya.

  • Tasbih dibaca sebanyak 33 kali, tahmid dibaca sebanyak 33 mana tahu, ratib dibaca sebanyak 33 bisa jadi, tahmid dibaca satu siapa. Sehingga total mengaji dzikir 100 kali. Sesuai dengan sabda Nabi SAW internal sebuah hadits riwayat Muslim.

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: Produk siapa yang berdzikir usai selesai sholat dengan dzikir berikut: Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar (33 x). Laa ilaha illallah wahda, laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir

(Maha suci Yang mahakuasa, segala puji kerjakan Allah, Allah Maha Besar (33 boleh jadi). Tiada illah yang berhak kerjakan disembah kecuali Allah semata. Tiada sekutu bagi Nya. Semua kerajaan serta fetis yaitu milik Tuhan. Dia lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatunya.)

Maka akan diampuni seluruh kesalahannya, sungguhpun sebanyak buih di lautan. (HR. Muslim no 597).

  • Tasbih dibaca sebanyak 33 kali, doa dibaca sebanyak 33 kali, tahmid dibaca sebanyak 34 kali, sehingga total membaca dzikir sebanyak 100 kali. Dzikir ini sesuai dengan sebuah hadits riwayat Muslim. Berikut bunyi haditsnya.

Berusul Ka’ab bin Ujrah ra, dari Nabi SAW:

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: Dzikir-dzikir yang tidak akan mudarat turunan nan mengucapkannya setelah radu sholat wajib merupakan adalah rosario sebanyak 33 kali, doa sebanyak 33 mungkin dan takbir sebanyak 33 barangkali. (HR. Mukminat no 596)

  • Tasbih dibaca sebanyak 25 boleh jadi, tahmid dibaca sebanyak 25 kali, takbir dibaca sebanyak 25 siapa, tahlil dibaca sebanyak 25 kali, sehingga jumlah mendaras dzikir sebanyak 100 kali.

Sesuai dengan riwayat pecah Zaid polong Tsabit ra, dia mengomong:

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: Mereka para sahabat diperintahkan untuk mengamalkan rosario setelah selesai sholat sebanyak 33 boleh jadi, bertahmid sebanyak 33 kali dan bertakbir sebanyak 33 kali. Kemudian seorang junjungan-laki bermula Anshar bermimpi dan kemudian dikatakan padanya: Apakah Rasulullah SAW telah memerintahkan kalian lakukan bertasbih sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, bertakbir sebanyak 34 kali? Kemudian beliau menjawab: benar, orang yang terserah di kerumahtanggaan mimpi kemudian mengatakan: Jadikanlah semua itu 25 siapa semata-mata lalu tambahkan tahlil. Detik ia bangun plong pagi hari, junjungan-junjungan Anshar ini menemui Rasul SAW dan membualkan mimpinya. Nabi SAW kemudian bersabda, seharusnya kalian jadikan sebagaimana demikian. (HR. An Nasai no 1350, dishahihkan maka dari itu Al Albani dalam Shahih An Nasai.)

  • Tasbih dibaca sebanyak 10 kali, tahmid sebanyak 10 kali, ratib sebanyak 10 kali. Maka kuantitas dzikir sebanyak 30 kelihatannya. Berikut hadits yang menjelaskan bacaan dzikir tersebut.

Dari Abdullah bin Amr ra, Nabi SAW bersabda:

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: Ada dua polah yang apabila dijaga makanya seseorang hamba muslim, maka pasti sira akan masuk surga. Kedua perbuatan tersebut mudah, akan tetapi tekor yang mengamalkannya. Merupakan pertama, bertasbih di setiap selesai menunaikan sholat sebanyak 10 kali, bertahmid sebanyak 10 kali, bertakbir sebanyak 10 kali. Maka itulah 150 barangkali dzikir di verbal dalam sholat lima tahun. Akan saja, timbangan di mizan seperti mana 1500 kali. Dan kedua bertakbir sebanyak 34 kali ketika akan tidur, bertahmid sebanyak 33 kali dan bertasbih sebanyak 33 kali. Maka itulah 100 kali dzikir di lisan, akan hanya 1000 kali pada timbangan tula. (HR. Tepung Daud no 5065, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).


Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa Setelah Sholat Fardhu

pexels.com

Selepas membaca dzikir sesuai dengan sunnah berpunca Rasulullah SAW, sebaiknya Grameds tidak sekalian beranjak dari duduk dan melanjutkan dengan mendaras zikir. Dengan beribadat setelah radu sholat, maka keinginan atau tahi seseorang kembali akan mudah dikabulkan. Berikut bilang puji-pujian sesudah sholat fardhu yang dapat Grameds baca.

1. Membaca zikir Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu”

Seperti mana riwayat Abdullah bin Zubair ra, andai berikut:

Doa Setelah Sholat FardhuArtinya: umumnya Abdullah polong Zubair di ujung sholatnya, ketika sira selesai salam beliau akan membaca: laa ilaha illalloohu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Laa haula wa laa quwwata illa billaah. Laa ilaha illallooh wa laa na’budu illa iyyaah. Lahun ni’matu wa lahul fadhlu wa lahuts tsanaa-ul hasanu. Laa ilaha illallooh mukhlishiina lahud diin wa lau karihal kaafiruun

(tak ada Illah nan berhak bakal disembah selain Allah semata, tidak suka-suka serikat dagang bagi Nya. segala apa pujian dan kekaisaran adalah miliki Allah semata. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatunya. Tidak suka-suka daya serta updaya kecuali dengan adanya pertolongan Halikuljabbar. Enggak ada Illah nan berhak disembah kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada Nya. seluruh lezat, kasih dan sanjungan yang baik yaitu milik Allah. Tidak ada Illah nan berhak disembah kecuali Allah dengan memurnikan ibadah hanya sreg Nya, sekalipun bani adam-orang kafir tak menyukainya. (HR. Mukmin no 594)

2. Membaca ayat kursi

Begitu juga yang ketahui bahwa ayat kursi memiliki banyak keutamaan. Oleh sebab itu, ayat kursi juga dianjurkan lakukan dibaca setelah selesai melaksanakan sholat fardhu. Seperti hadits bermula Duli Umamah Al Bahili ra, Rasul SAW interelasi bersabda:

Artinya: Barang siapa yang mendaras ayat takhta setiap selesai melaksanakan sholat wajib, maka bukan ada nan dapat menghalanginya untuk masuk ke surga kecuali kematian. (HR. An Nasai no 9928, Ath Thabrani no 7532, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no 6464)

3. Membaca surat Al Kudus, Al Falaq dan An Naas

Dalam hadits bermula Uqbah kacang Amir ra, dia berkata: Rasulullah SAW memerintahkan ku bakal membaca piagam al mu’awwidzar (an naas, al falaq, al salih) lega penghujung setiap sholat. (HR. Abu Daud no 1523, dishahihkan oleh Al Albani dalam shahih Serdak Daud)

4. Membaca doa Allahumma inni as aluka ilman naafian

Dari Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah ra, engkau bercakap: Biasanya Rasulullah SAW kalau sholat subuh ketika salam anda akan membaca: alloohumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan (Ya Yang mahakuasa sememangnya aku mohon sreg Mu mantra yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.) (HR. Ibnu Majah no 762, dishahihkan Al Albani dalam Shahi Ibni Majah).

Itulah beberapa kumpulan dzikir dan doa selepas sholat fardhu yang bisa Grameds ikuti dan baca setelah melaksanakan sholat wajib lima perian. Apabila Grameds tertarik bikin mengarifi serta membaca doa-puji-pujian sesudah sholat yang lainnya, maka Grameds bisa mengaji muslihat pusparagam tahlil yang tersedia di gramedia.com.

Laksana #SahabatTanpaBatas, tentu saja menyediakan beragam sosi, teragendakan buku-buku pusparagam puji-pujian kerjakan Grameds. Bikin mendukung Grameds kerumahtanggaan menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-gerendel berkualitas dan original seharusnya Grameds n kepunyaan informasi #LebihDenganMembaca.

Jadi tunggu lebih-lebih lagi? Buru-buru beli dan baca bukunya sekarang juga!

Notulis: Khansa

BACA JUGA:

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital periode kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk melampiaskan privat mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami menutupi sekolah, universitas, korporat, hingga tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akal masuk ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Fasilitas dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Terhidang fitur admin dashboard cak bagi melihat laporan analisis
  • Kenyataan statistik lengkap
  • Tuntutan aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/doa-setelah-sholat-fardhu/

Posted by: gamadelic.com