Dongeng Situ Patenggang Bahasa Sunda

Bahkan hingga sekarang masih cak semau yang percaya bahwa cerita rakyat Danau Bagendit adalah asal muasal terbentuknya Telaga Bagendit yang ada di Jawa Barat. Apabila wisatawan menyebutnya situ Patengan kejadian ini mengacu kepada nama desa dimana danau ini berada.



Pelancongan Eksotis Situ Patenggang Di Bandung Dikelilingi Dengan Perkebunan Teh

Mite Situ Bagendit merupakan salah satu takhayul Sunda yang memadai tenar.

Kisahan tasik patenggang dalam bahasa sunda. Rupa Sundapura Dongeng Buhun. Sementara itu segel Patenggang seorang yang kembali berpokok bahasa Sunda nan artinya terpisah dari jarah atau periode. Keunggulan Patengan berasal dari bahasa Sunda Pateangan nan artinya saling mengejar.

Berdasarkan informasi nan berkembang di masyarakat setempat di sebutkan bahwa situ merupakan istilah bahasa sunda yang memiliki arti telagadanau dan patengan sekali lagi bermula dari bahasa sunda pateang-teangan nan penting saling mencari. Sedangkan cenah anu aslina mah katelahna Paténgan tina asal cakap angin patéang-téangan. Situ nan dalam bahasa sunda dikenal dengan label Situ Patenggang merupakan gabungan dua pembukaan yaitu Danau yang artinya tasik dan patenggan yang artinya saling mencari.

Bak sebuah objek wisata alam Ciwidey yang begitu suntuk terkenal di Bandung Situ Patenggang memiliki narasi nan sangat unik. Menurut umum sekitar Haud Patenggang mulai sejak dari Bahasa Sunda pateang-teanganyang berharga ubah mencari. Tanda Situ Danau Patengan dilihat dari etimologi berasal dari pateang-teang saling mencari menjadi pateangan menunjukkan tempat pencarian sebatas risikonya menjadi Patengan.

Kawasan wisata Situ Patenggang ini menyajikan cerita nan cukup lekat dengan kisah berbunga Sangkuriang. Bab Santang jeung Haur Rengganis nu ngawiru gegares munggaran. Situ Patengan adalah sebuah haud di provinsi Ciwidey kabupaten Bandung propensi Jawa Barat Indonesia.

Banyak tempat tamasya di Daerah tingkat bandung ini. Situ Paténggang ayana di Kacamatan Ranca Bali Kabupatén Bandung Selatan 40 km ti Kota Bandung loba ogé fulanah nyebut di Ciwidéy. Konon kata Patengan berasal berpangkal pengenalan pateangan-teangan nan berarti saling mencari.

Sediakala MULA LEGENDA DAN Ki kenangan SITU PATENGGANG. Nama Patengan berasal bersumber bahasa Sunda Pateangan nan artinya saling mencari. Tasik ini terwalak di daerah Ciwidey tekor lebih sekitar 47 kilometer dari daerah tingkat Bandung ke jihat selatan dan dapat ditempuh dengan jarak hari kurang lebih 2 jam.

Padahal nama Patenggang artinya adalah terpisah oleh jarak atau kondisi. Sajarah Berkembangnya Dongéng Gelarnya sastra lisan di tatar sunda kira-sangkil dipengaruhi maka dari itu supremsi hindu sreg jaman ini semua sastra yang ada enggak diketemukan etiket pengarangnya kali inkognito. Sehingga air mata mereka menciptakan menjadikan sebuah situ atau haud.

Konon siapapun yang sangkut-paut menjenguk dengan pasangannya maka cinta mereka akan langgeng. Dari wisatan lokal hingga mancanegara. Apabila wisatawan menyebutnya situ Patengan hal ini mengacu kepada segel desa dimana haud ini berada.

Sedangkan stempel Patenggang sendiri yang juga bermula bahasa Sunda. Gelojoh mibanda kakuatan nu rohaka. Ya Situ Patengan atau sahih ada pelafalan.

Sahabat Mawa Holiday selain Album Situ Patenggang di atas perlu beliau tahu bahwa selama ini cak semau juga cerita seputar Mite Tasik Patenggang nan berkembang di masyrakat sekitar Mitosnya adalah Barang siapa yang hubungannya asmaranya ingin kuat dengan pasangannya maka berkunjunglah ke Batu Cangap kelilingi Pulau Asmara di Situ Patenggang Ciwidey. Saga yang beredar di dok masyarakat bahwa etiket Patenggang maupun Patengan ini bermula dari bahasa sunda yaitu Pateangan teangan. Plong akhirnya mereka dapat berkumpul pula plong sebuah bat di situ tersebut yang diberi nama bencana cak acap.

Batu Pelalah Situ Patenggang. Kisah Legenda Situ Patengan. Faite le 10 mai 2022.

Dalam bahasa sunda situ berarti danau dan pantengan konon di ambil berpangkal prolog pateangan-teangan nan berguna saling mengejar. Selanjutnya tasik itu dinamai dengan danau patenggang yang diambil berpangkal kata pateangan-teangan yang berasal dari bahasa sunda yang artinya saling mencari-cari. Dongeng sunda sasakala tasik bagendit Di artikel sebelumnya kita sudah menuliskan beberapa contoh dongeng legenda nan ada di jawa baratNah di kesempatan kelihatannya ini mari kita lanjutkan dengan kisahan adapun situ bagendit dalam bahasa sunda atau cerita pangkal usul situ bagendit beserta ringkasan dan kesimpulan kisah tersebut.

Abnormal mengarang dasar muasal telaga ini Tasik Patenggang ini berpokok berusul bahasa sunda Situ artinya danau dan Pateangan-pateangan berarti ubah mencariDari haud terserah sebuah kisah rakyat atau mitos yang berkembang secara jebluk temurun layaknya di Telaga Dramatis Bukit Tangkuban Perahu maupun Curug Dewi yang mengisahkan cinta. Telaga privat basa Sunda artinya telaga. Keunggulan-nama tersebut merujuk pada kisah cinta Ki Santang yang merupakan keponakan Aji Siliwangi Raja Pajajaran dan Bidadari Rengganis yang adalah putri berpokok Kerajaan Majapahit.

Najan dipisahkeun ku anggangna kancah tapi ku cinta mah mo burung jauh dijugjug anggang diteang. Cinta merlukeun perjoangan jeung pangorbanan kalayan disorang ku hate nu ihlas. Tasik ieu aya di 1600 meter di luhur permukaan laut.

Para wisatawan rela carter bus bandung bagi mengunjungi tempat tersebut. Mengisahkan cinta Putra Kanjeng sultan dan Putri jelmaan Dewi nan besar bersama alam yakni ki Santang dan Peri. Jenis dongeng dalam bahasa sunda itu banyak sekali rupanya diantaranya terserah cerita binatang parabel legenda mite sage pamuk dan khayalan pieunteungeun.

Selain meruntun kisah Danau Bagendit pun memiliki pesan moral yang dahulu baik. Patenggang yang menempati areal seluas 150 Ha tersebut menjadi target pelancongan tunggul yang caruk ramai dikunjungi. Aya nu ngalandi Situ Paténggang da meureun duga genah kitu kadéngéna.

Ku ayana éta legenda seueur anu wisata ka Situ Paténggang téh disarengan ku bébénéna séwang-séwangan Dimuat di Majalah Seni Budaya edisi 169 November 2005 di. Ini berawal dari sebuah legenda yang beredar di. Berlandaskan proklamasi yang tertera di lokasi wisata situ Patenggang bermula pecah bahasa Sunda pateangan-teangan ubah mencari.

Salah satunya adalah Situ patenggang.



Asal Mula Tasik Patenggang Ciwidey Bandung Dan Cerita Mardyawina



Asal Mula Situ Patenggang Ciwidey Bandung Dan Cerita Mardyawina



Asal Usul Situ Patenggang Situpatenggang Ciwidey



Legenda Dan Mitos Situ Patengan Blog Kamus Sunda Com

Source: https://www.pemandanganindah.my.id/cerita-situ-patenggang-dalam-bahasa-sunda/