Doa Untuk Orang Sudah Meninggal

Ketika mendengar kabar terserah orang yang meninggal manjapada, biasanya kita akan mengucapkaninna lillahi wa inna ilaihi raajiuunyang artinya sepantasnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali lega Allah SWT. Selain itu, kita lagi dianjurkan membaca doa untuk orang yang meninggal sebaiknya diringankan apa urusannya setelah wafat.

Doa bakal Orang yang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah

Doa untuk Orang Meninggal

Tahlil berikut dibaca saat shalat jenazah sehabis ratib ke-3. Namun bisa juga dibaca di luar shalat batang seperti mana ketika takziyah.

Ratib bagi Hamba allah Meninggal Jikalau Jenazahnya Maskulin

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ


Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafi-hi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zawjihi, wa adkhilkul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.

bacaan doa untuk orang meninggal

Tahmid untuk cucu adam meninggal.

Artinya:


“Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah dia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (kayangan), luaskan kuburannya, mandikan engkau dengan air salju dan air es.



Bersihkan sira dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari pungkur, berilah ganti rumah nan kian baik mulai sejak rumahnya (di dunia), berilah ganti batih (atau gula-gula di surgaloka) yang lebih baik daripada keluarganya (di marcapada), istri gelap (alias laki) yang lebih baik ketimbang istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.” (HR. Muslim).

Doa untuk basyar meninggal di atas sering pula dibaca detik Sholat Kunarpa setelah takbir ke-3.

Doa cak bagi Makhluk Meninggal jika Jenazahnya Kuntum

Doa untuk Orang Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ



Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, wa akrim nuzuulahaa wawassi’ mad kholahaa ,waghsilhaa bil maai wats salji wal barodi, wa naqqihaa, minadz dzunubi wal khothooyaa kamaa naqqoits tsaubal abyadhu minad danas.



Wabdilha daarool khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa, wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min adzabil qobrii au min ‘adzaa binnaar

Artikel tercalit:
4 Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Serta Waktu Terbaik Melafalkannya, Catat!

Doa untuk Orangtua nan Mutakadim Meninggal Manjapada

doa untuk orang meninggal

Intern Hadits riwayat Imam Mukminat berbunga Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengomong yan artinya:

“Jika seorang anak Adam meninggal marcapada, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, ialah shadaqah jariyah, ilmu yang berguna dan anak yang shaleh yang mendoakannya.”

Ratib dari anak kepada orangtua akan hingga sekalipun orangtuanya sudah meninggal dunia. Makanya sebab itu, sepatutnya kita selalu mendoakan orangtua momen spirit dan selepas meninggal mudahmudahan amalnya tidak terputus.

Berikut doa yang boleh dibaca anak untuk mendoakan kedua insan tuanya:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا


Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.


Artinya:


“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di masa aku kecil.”

Doa tersebut enggak semata-mata dikhususkan buat orangtua yang sudah meninggal belaka tetapi juga bakal orangtua kita yang masih usia.

Hadits tentang Keutamaan Doa kepada Jenazah

Rasulullah SAW bersabda privat sebuah Perkataan nabi Riwayat Ad-Dailami yang berbunyi:



Seorang mayat dalam kuburnya seperti sosok tenggelam yang semenjana menunangi pertolongan. Beliau menanti-tulat wirid ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya. Apabila puji-pujian itu sampai kepadanya, itu lebih anda sukai daripada dunia berikut segala isinya.



Dan sesungguhnya Allah menyampaikan puji-pujian penduduk bumi buat ahli kubur sebesar argo. Mengenai hadiah orang-cucu adam yang hidup kepada orang-orang mati merupakan memohon istighfar kepada Yang mahakuasa untuk mereka dan bersedekah atas cap mereka.

Artikel tersapu:
Yuk, baca doa anjuran mulai sejak Rasulullah hendaknya terhindar dari berbagai rupa masalah

Keutamaan dan Maslahat Mewiridkan Orang nan Meninggal Marcapada

Parents, memanjatkan doa cak bagi turunan nan sudah berpulang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Lain cuma keistimewaan bakal mendiang, semata-mata sekali lagi untuk kita yang memanjatkan. Melansir berbagai perigi, berikut kurnia dan keutamaan sepenuhnya:

  • Hadiah berupa absolusi alias dihapuskannya dosa-dosa khalayak meninggal alias orang yang memanjatkan doa.
  • Doa orang yang dipanjatkan oleh orang yang masih hidup yakni hadiah yang lebih baik dibanding mayapada dan seluruh isinya bagi mereka yang telah tiada
  • Allah akan menjanjikan tempat berupa keindraan bagi turunan yang memanjatkan doa dan mereka nan mendapatkan puji-pujian baik bermula orang sekitarnya.

Itulah ratib buat individu meninggal dunia sesuai sunnah yang bisa Anda baca saat melayat bangkai beserta manfaat dan keutamaannya. Solo ratib untuk orangtua, ajarkan kepada Si Kecil dan minta ia mengamalkannya setiap tahun terutama selepas shalat.

Sendang: NU Online

Baca juga:

Nasib Kehamilan Sudah Menginjak 7 Bulan? Jangan Tengung-tenging Bacakan Zikir Ini

Selain Mengonsumsi Ramuan hendaknya ASI Banyak, Coba Baca 5 Puji-pujian Ini!

Doa biar Laki Enggak Seleweng, Sudahkah Bunda Praktikkan?

Parenting cak bagi pusing? Yuk pertanyaan sekaligus dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/doa-untuk-orang-meninggal

Posted by: gamadelic.com