Doa Untuk Keluarga Yang Meninggal

Bola.com, Jakarta –
Sebagai Orang islam yang baik dan beriman, menaikkan
ratib
kepada orang yang telah meninggal menjadi satu di antara kewajiban, seperti apa yang telah tercantum dalam hadist yang terjadwal puas kitab al-Adzkar an-Nawawi, nan berbunyi:

Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW berucap: Ketika kalian menyaksikan orang nyeri atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sepatutnya ada malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.” (HR. Muslim)

  • Luis Milla Legawa Melepas 3 Anak tonsil Persib ke Timnas Indonesia kerjakan Anju Piala AFF 2022
  • Hasil Piala Dunia 2022: Thibaut Courtois Tangkis Penalti Kanada, Michy Batshuayi Bopong Belgia Rampas 3 Poin
  • Hasil Pertandingan Beker Mayapada 2022, Rabu 23 November: Jerman Ditekuk Jepang, Spanyol Menang 7-0

Dengan itu, bacaan doa dan kalimat yang baik harus dilontarkan oleh umat Muslim, begitu ada kerabat alias orang lain meninggal.

Tujuan dari setiap
doa
yang dipanjatkan untuk basyar yang telah meninggal ialah agar Allah SWT mengampuni dosa mendiang, memohonkan agar ibadah almarhum/almarhumah diterima, dan ditempatkan di sisi-Nya.

Mengingat, sudah terputus berbagai amalan orang yang telah meninggal kecuali tiga hal, yakni amal jariyah, ilmu berjasa, dan tahlil anak imani.

Berikut pustaka
doa
untuk orang meninggal beserta artinya, yang perlu diingat umat Mukmin, sama dengan disadur dariLiputan6,Paru-paru (29/9/2021).

Wacana Tahmid buat Turunan Meninggal

Bacaan Zikir bagi Hamba allah Meninggal Mayapada saat Mendengar Kabar Duka

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya:

“Sesungguhnya kami peruntungan Yang mahakuasa dan kepada-Nya lah kami juga. Dan sesungguhnya kepada Allah kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah anda di sisi-Mu termasuk golongan cucu adam-makhluk yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah anda di keluarganya berbunga orang-makhluk yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

Referensi Doa bakal Khalayak Meninggal

Bacaan Tahlil bikin Hamba allah Lanang yang Meninggal Dunia

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah ajang tinggalnya, luaskanlah anda. Dan muliakanlah bekas tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah sira dengan air nan jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagai pakaian putih yang nirmala berasal hajat, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan anak bini yang lebih baik, berusul nan ditinggalkan, serta ulam-ulam yang makin baik terbit yang ditinggalkannya kembali. Masukkanlah engkau ke dalam keindraan, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Bacaan Puji-pujian kerjakan Turunan Perempuan yang Meninggal Dunia

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min juru ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil keadaan jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah engkau. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah panggung tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah sira semenjak segala kesalahan bagaikan gaun safi nan bersih berpangkal kotoran, dan gantilah rumahnya dengan kondominium yang makin baik daripada yang ditinggalkannya, dan batih yang lebih baik, berusul yang ditinggalkan, serta laki nan lebih baik berpunca yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta cerca nya, dan dari siksa api neraka.”

Bacaan Puji-pujian buat Manusia Meninggal

Bacaan Doa bagi Bani adam Meninggal Manjapada Unik Hamba allah Tua

Mendaras doa untuk kedua orang berida loyal harus dipanjatkan, meski mereka sudah meninggal mayapada. Sesungguhnya bila basyar meninggal, terputuslah amalnya kecuali tiga hal, adalah amal jariyah, guna-guna bermanfaat, dan tahlil anak asuh alim.

Penjelasan tersebut sesuai hadis riwayat Imam Muslim. Tentang wirid lakukan kedua orang jompo (walau sudah meninggal), seumpama berikut:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

“Rabi, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di periode aku kecil.”

Disadur bermula:Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 21/5/2020)

Dapatkan artikel Islami bermula beraneka rupa tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4670682/bacaan-doa-untuk-orang-meninggal-beserta-artinya

Posted by: gamadelic.com