Doa Shalat Witir Dan Artinya


Bacaan Setelah Sholat Witir Beserta Susunan Doa dan Wirid Konseptual

Kapanlagi Plus
– Setelah salam pecah sholat witir, kita dianjurkan kerjakan tak segera bangun meninggalkan lokasi. Kita dinasihatkan bikin mengaji doa dan tahlil umpama bacaan setelah sholat witir sama dengan informasi berikut ini:

“Seseorang dianjurkan setelah sholat witir mengaji tiga kali, ‘Subhanal malikil quddus,’ kemudian membaca, ‘Allahumma ini a’adzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu’afatika min ‘uqubatika. Wa a’udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika,'” (Tatap Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 101).



•

Oleh karena itu, ibarat umat Islam yang ingin menggunakan hari dengan sebaik-baiknya lakukan ibadah, kalian perlu menyimak anjuran, pergaulan zikir, serta bacaan setelah sholat witir berikut ini.

1. Anjuran Mengamalkan Sholat Witir

Terdapat beberapa hadis yang menganjurkan umat Islam agar menjaga dan mengerjakan sholat witir. Agar bertambah afdol, kalian juga dipetuakan memanjatkan doa lewat bacaan selepas sholat witir.

Salah satu di antaranya mulai sejak Kharijah polong Hudzafah yang meriwayatkan bahwa plong suatu pagi, menjelang Subuh, Rasulullah SAW keluar menemui sahabat dan bersabda:

“Halikuljabbar SWT telah menyediakan pada malam suatu sholat nan makin bagus daripada unta merah.”

“Sholat segala apa itu, Rasulullah?” cak bertanya mereka. “Sholat Witir yang dikerjakan antara sholat Isya’ setakat mulai sejak fajar,” jawab beliau. (HR. Abu Dawud).

Unta bangkang adalah kendaraan yang paling kecil berguna untuk masyarakat Arab waktu itu. Binatang itu ialah simbol yang dapat mengangkat derajat sosial seseorang di tengah-tengah mahajana. Dan, begitulah cara Rasulullah SAW melihat kemewahan dunia, merupakan dengan membandingkannya dengan ibadah yang pahalanya jauh bertambah mulia.

2. Susunan Wacana Setelah Sholat Witir

Berikut ini merupakan urutan bacaan setelah sholat witir nan teradat kalian simak:

1. Syahadat

Asyhadu an la ilaha illallah.

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Halikuljabbar.”

2. Istighfar

Astaghfirullah.

Artinya, “Aku memohon lepas Halikuljabbar.”

3. Permohonan Ridha dan Taman firdaus Allah

Allahumma inni as’aluka ridhaka wal jannah, wa a’udzu bika min sakhathika wan nar.

Artinya, “Illah, aku memohon ridha dan kedewaan-Mu. Aku juga beristirahat kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu.”

4. Ponten 1-3 diulang sebanyak 3 mana tahu.

5. Tasbih (3 boleh jadi).

Subhanal malikil quddus.

Artinya, “Mahasuci Yang mahakuasa yang polos,” (HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

6. Pujian kehormatan.

Subbuhun, quddusun, rabbuna wa rabbul mala’ikati war ruh.

Artinya, “Ikhlas dan qudus Almalik kami, Tuhan para malaikat dan Jibril,” (HR Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni).

7. Pujian atas keluasan abolisi (3 kali).

Allahumma innaka ‘afuwwun karimun tuhibbul ‘afwa, fa’fu ‘anni.

Artinya, “Tuhanku, betapa Kau maha pengampun lagi pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku.”

8. Pujian atas kemurahan dan kasih-sayang Allah.

Ya karimu, bi rahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya, “Aduhai Zat yang maha pemurah, (aku memohon) atas mendapat anugerah-Mu, wahai Zat yang paling kecil pemurah pecah segenap pengasih.”

9. Petisi abolisi dan keselamatan.

Allahumma ini a’udzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu’afatika min ‘uqubatika. Wa a’udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika.

Artinya, “Rabi, aku berlindung kepada ridha-Mu semenjak berang-Mu dan kepada fit-Mu dari siksa-Mu. Aku mempersunting perlindungan-Mu terbit murka-Mu. Aku enggak (sanggup) memerhatikan sanjungan-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Itulah urutan referensi setelah sholat witir saat wirid. Kemudian, dapat kalian lanjutkan dengan doa sesuai bacaan setelah sholat witir berikut ini.

3. Bacaan Setelah Sholat Witir Sendiri

Simak bacaan setelah sholat witir saat sendiri berikut ini.

allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a’aninnaasi.

allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihiajma’iina, walhamdulillaahirabbil’aalamiina.

Artinya: “Wahai Allah. Sepatutnya ada kami memohon kepada-Mu iman yang patuh, kami memohon kepada-Mu hati nan khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang bersusila, kami memohon kepada-Mu amal nan shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kemustajaban nan banyak, kami memohon kepada-Mu pembebasan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang teoretis, kami memohon kepada-Mu terima kasih atas kesegaran, dan kami memohon kepada-Mu terkaya berpokok semua manusia.”

“Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah berpangkal kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kecuaian alias kekurangan kami, Wahai Halikuljabbar Wahai Allah Aduhai Almalik Aduhai Dzat yang Minimal Pemurah diantara para penyayang. Hendaknya rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, batih dan sahabatnya semua, dan segala puji properti Halikuljabbar, Yang mahakuasa semesta bendera.”

4. Bacaan Sesudah Sholat Witir Berjamaah

Simak bacaan setelah sholat witir momen berjamaah berikut ini.

subhanal malikil qudduus (3x), subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, allahumma inni a’udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik

Artinya: “Maha Zakiah Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Tahir dari berbagai kehilangan, Maha suci lagi Quddus Halikuljabbar kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Halikuljabbar, aku berlindung dengan keridhaan-Mu pecah kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu berusul azab-Mu dan aku beristirahat kepada-Mu semenjak azab-Mu. Aku tidak mampu menghitung penghargaan dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Sira sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.”

Biasanya, ratib sholat witir di masjid akan diucapkan bersama-seimbang oleh seluruh jamaah yang dipandu makanya imam, terutama pada bulan zakiah Ramadhan.

5. Tentang Witir Artinya Sholat di Malam Waktu

Sholat witir artinya teragendakan sholat sunnah dalam Selam. Arti sholat sunnah bermakna bahwa takdirnya mengerjakan maka mendapat pahala namun kalaupun tidak melakukan enggak mujur dosa. Padahal berkata akan halnya witir artinya adalah sholat sunnah di malam musim. Karena sholat witir terjamah di lilin lebah waktu mulai dari setelah Isya sebatas sebelum waktu Pagi buta.

Selain itu, sholat witir artinya juga termasuk bagian dari sholat qiyamul lail. Artinya sholat witir ialah ibadah sunnah yang masuk ke dalam serangkaian sholat qiyamul lail. Sholat witir artinya juga boleh berjasa bagaikan sholat sunnah lilin batik hari yang tergarap secara ganjil.

Buat melaksanakan sholat witir, bisa dikerjakan pada penghujung sholat. Dengan kata lain witir artinya adalah pamungkas waktu malam untuk mengganjili sholat yang memiliki rakaat genap. Sebab itulah sholat witir tergarap pada akhir setelah sholat sunnah sama dengan Tarawih ataupun Tahajud kalian kerjakan. Itulah penjelasan mengenai sholat witir artinya sholat di lilin batik periode.

6. Tata Kaidah Sholat Witir 3 Rakaat

Setelah mengetahui makna sholat witir, tata cara untuk mengamalkan sholat sunnah ini pula penting kalian ketahui. Di mana buat mengerjakan sholat witir dapat dilaksanakan dengan rakaat ganjil seperti 3 rakaat. Sedangkan manajemen cara sholat witir 3 rakaat juga penting kalian ketahui. Karena cak bagi melaksanakan sholat witir di lilin lebah periode cukup mudah. Berikut ini panduannya yang mesti kalian ketahui KLovers.

Untuk mengerjakan sholat witir 3 rakaat, maka kalian bisa melaksanakannya dengan 2 kali salam. Artinya bagi rakaat pertama bisa dikerjakan 2 rakaat makin silam dahulu salam. Kemudian dilanjutkan dengan 1 rakaat sangat salam. Biar begitu ada kembali pendapat yang mengatakan bisa melakukan 3 rakaat sekaligus dalam sholat witir. Namun kerumahtanggaan ulasan di bawah ini akan dijelaskan tentang manajemen cara sholat witir 3 rakaat dengan 2 rakaat salam dan 1 rakaat salam.

– Membaca karsa sholat witir 2 rakaat lebih dulu yakni,

Ushallii sunnatam minal witri rak’ataini lillaahhi ta’aalaa.

Artinya: Saya kehendak sholat sunah witir 2 rakaat karena Allah ta’ala.

– Membaca tindasan Al Fatihah.

– Membaca arsip ringkas privat Alquran, dianjurkan piagam Al-‘Ala.

– Kemudian melakukan rukuk.

– I’tidal.

– Sujud pertama.

– Duduk di antara dua sujud.

– Sujud kedua.

– Lalu redup cak bagi melaksanakan rakaat kedua.

– Membaca surat Al-Fatihah dan surat singkat dalam Alquran dianjurkan inskripsi Al Kafirun.

– Dulu rukuk.

– I’tidal.

– Sungkem mula-mula.

– Duduk di antara dua sungkem.

– Sujud kedua.

– Duduk tasyahud akhir.

– Salam

Sesudah mengamalkan sholat witir 2 rakaat, kalian bisa menyinambungkan dengan mengamalkan sholat witir 1 rakaat. Berikut ini panduannya.

– Mendaras niat sholat witir 1 rakaat lebih dahulu yakni,

Ushallii sunnatam minal witri rak’atal lillaahhi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat sholat sunah witir satu rakaat karena Allah ta’ala.

– Mendaras surat Al Fatihah.

– Mengaji kopi pendek dalam Alquran, dianjurkan akta Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas.

– Kemudian mengerjakan rukuk.

– I’tidal.

– Sujud purwa.

– Duduk di antara dua sungkem.

– Sungkem kedua.

– Duduk tasyahud penghabisan.

– Lalu salam.

– Selesai.

7. Keutamaan Sholat Witir

Ada sejumlah kemustajaban sholat witir yang dikerjakan di malam hari. Lebih-lebih pada detik bulan ramadhan di mana menjadi bulan suci penuh berkah, tentu mengerjakan bervariasi amalan sunnah termasuk sholat witir kali kebun pahala. Terimalah, berikut ini ada beberapa keutamaan sholat witir yang perlu kalian ketahui.

1. Diijabah Apa Doa

Keutamaan sholat witir yang bisa diperoleh merupakan diijabah segala doa. Apalagi sholat witir yaitu sholat sunnah di lilin batik hari. Sehingga menjadi dapat menjadi waktu yang tepat bakal mendapatkan ketentraman jiwa dan menjadikan diri semakin dekat dengan Allah SWT.

2. Semakin Dicintai Halikuljabbar SWT

Keutamaan sholat witir lebih lanjut adalah semakin menciptakan menjadikan diri kita dicintai Sang pencipta SWT. Keadaan ini sesuai dengan sebuah riwayat dari Ali bin Abi Thalib. Rasulullah SAW mengomong,

“Sesungguhnya Sang pencipta itu ganjil dan mengesir orang-makhluk yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Quran.” (HR. Bukhari dan Orang islam)

3. Memenuhi Sholat Malam

Keutamaan sholat witir berikutnya merupakan menepati sholat di malam hari. Dengan prolog lain sholat witir juga bintang sartan sholat akhir lilin batik musim. Sehingga dengan berbuat sholat witir maka boleh menjadikan sholat sunnah malam periode semakin paradigma.

“Jadikanlah penghabisan shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir.” (HR. Bukhari Muslim)

4. Ibadah nan Disaksikan Para Malaikat

Salah satu fungsi sholat witir berikutnya adalah disaksikan maka itu para malaikat. Bahkan jika kalian mengerjakan sholat witir dipenghujung malam maka para malaikat Allah akan menyaksikannya. Kejadian ini sesuai dengan sebuah riwayat yang memiliki arti,

“Barangsiapa yang khawatir tak boleh siuman di akhir lilin lebah, hendaklah ia berbuat witir di awal malam. Dan mungkin yang berharap mampu bangun di pengunci malam, hendaklah beliau witir di pengunci malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah bertambah afdlal (utama).” Bubuk Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Mukminat)

5. Amalan yang Dikerjakan Rasulullah SAW

Internal sebuah riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah SAW kerap mengerjakan sholat witir di malam masa. Sehingga jika kita mengerjakannya pun, maka sudah mempraktikkan dan mengerjakan segala yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

“Kekasihku Rasulullah membagi wasiat kepadaku semoga aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat Dhuha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur.” (HR. Bukhari)

Nah, itulah bacaan setelah sholat witir yang boleh kalian ikuti.

Source: https://plus.kapanlagi.com/bacaan-setelah-sholat-witir-beserta-susunan-wirid-dan-doa-lengkap-f1e3c8.html

Posted by: gamadelic.com